hiv pada anak

the word HIV is written on wooden cubes near a stethoscope on a paper background. medical conceptual word collected of wooden elements with the letters. HIV – short for Human Immunodeficiency Virus.

HIV pada anak sering kali tak terlihat atau terdeteksi terutama di masa awal kehidupannya. Namun umumnya, keluarga yang memiliki riwayat HIV, maka anaknya akan mendapat pemeriksaan dini pula guna mencegah penularan dan mengobati sedini mungkin.

Meski jarang menunjukkan tanda-tanda yang jelas, kita tetap bisa mengenalinya dengan memperhatikan perbedaan berikut.

Mengenal HIV pada anak

Pada orang dewasa, HIV melemahkan sistem kekebalan yang sepenuhnya matang. Sementara HIV pada anak menyerang sistem kekebalan yang sedang berkembang. Akibatnya, anak-anak yang hidup dengan HIV – bahkan mereka yang menggunakan obat HIV – lebih mungkin terkena infeksi bakteri, termasuk infeksi telinga dan pneumonia dibandingkan anak-anak HIV-negatif dan orang dewasa yang hidup dengan HIV.

Selain itu, HIV pada anak yang tidak memakai obat HIV lebih mungkin menderita sakit herpes zoster, mycobacterium avium complex (MAC), dan masalah paru-paru yang disebut lymphoid interstitial pneumonitis (LIP). Gejala LIP termasuk demam, batuk, dan sesak napas. Seorang anak yang hidup dengan HIV yang tidak dapat bernapas adalah keadaan darurat medis.

Sariawan sering terjadi pada anak yang hidup dengan HIV yang tidak menggunakan obat HIV dan dapat membuat sulit makan. Jika infeksi terjadi di mulut, penting bagi anak-anak yang hidup dengan HIV untuk mengunjungi dokter gigi secara teratur.

Seorang anak yang hidup dengan HIV mungkin menjadi kurus karena kehilangan nafsu makan (tidak mau makan) terkait dengan HIV atau karena beberapa perawatan obat. Mereka juga mungkin mengalami diare, yang juga dapat mempersulit penambahan berat badan. Adalah penting bahwa anak-anak yang hidup dengan HIV memiliki nutrisi yang tepat .

Terakhir, anak-anak yang hidup dengan HIV mungkin memiliki masalah belajar dan berpikir. Beberapa dari kesulitan berpikir dan perilaku ini, serta banyak penyakit yang disebutkan di atas, dapat dicegah dengan mengonsumsi obat HIV.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan, penting untuk menanyakan penyedia layanan kesehatan anak Anda atau organisasi layanan AIDS untuk rujukan ke ahli gizi yang mengetahui tentang kebutuhan nutrisi anak yang hidup dengan HIV.

Ingat, anak-anak yang hidup dengan HIV yang memakai obat HIV sekarang bisa tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat, mendapatkan pekerjaan, dan mencapai impian mereka.

Penyebab HIV pada anak

Sebagian besar anak yang terinfeksi HIV mendapatkannya dari ibu mereka saat mereka hamil, selama proses kelahiran, atau dari menyusui. Wanita hamil yang positif HIV, apabila mendapat perawatan yang tepat, dapat mencegah penularan virus ke bayi mereka. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah HIV pada anak.

Di sisi lain, anak-anak dapat terinfeksi melalui pelecehan seksual atau pemerkosaan. Di beberapa negara, pernikahan anak diterima secara budaya, dan seorang gadis muda dapat tertular HIV dari suami mereka yang lebih tua, dan kemudian menularkannya kepada bayi mereka juga. Semakin muda seorang anak ketika mereka pertama kali berhubungan seks, semakin tinggi kemungkinan mereka terkena HIV.

Di Eropa tengah dan Timur, penggunaan narkoba suntikan menyebarkan HIV di kalangan anak muda yang hidup di jalanan. Dalam sebuah penelitian di Ukraina, perilaku ini berisiko tinggi, termasuk berbagi jarum suntik yang umum terjadi pada anak-anak berusia 10 tahun. Transfusi darah HIV-positif atau suntikan dengan jarum yang tidak steril dapat menginfeksi anak-anak di negara-negara miskin.

Apa gejala awal HIV pada anak?

Tidak semua anak dengan HIV akan memiliki gejala, dan mereka yang memilikinya tidak akan memiliki gejala yang persis sama. Gejala dapat bervariasi berdasarkan usia.

Beberapa yang lebih umum di antaranya:

  1. Gagal tumbuh, yang berarti tidak bertambah berat badan atau tumbuh seperti yang diharapkan.
  2. Tidak memiliki keterampilan atau melakukan hal-hal yang diharapkan pada anak seusia itu (tidak mencapai tonggak perkembangan).
  3. Masalah otak atau sistem saraf seperti kejang, kesulitan berjalan, atau prestasi buruk di sekolah.
  4. Sering sakit dengan penyakit masa kanak-kanak seperti infeksi telinga, pilek , sakit perut , atau diare.
  5. Seperti halnya orang dewasa, ketika infeksi HIV berkembang, anak-anak mulai mengembangkan infeksi yang jarang menyerang orang sehat tetapi dapat mematikan bagi seseorang, yang sistem kekebalannya tidak bekerja dengan baik.
  6. Pneumocystis pneumonia, infeksi jamur pada paru-paru
  7. Sitomegalovirus (CMV)
  8. Jaringan parut paru-paru yang disebut pneumonitis interstitial limfositik (LIP)
  9. Sariawan mulut atau ruam popok parah akibat infeksi jamur

Cara mencegah penularan HIV pada janin

Jika langkah pencegahan dilakukan dengan benar dan sesuai petunjuk dokter, risiko penularan HIV dari ibu ke bayinya bisa ditekan hingga 1%. Sebaliknya, jika tanpa pengobatan, ibu hamil yang berstatus HIV positif memiliki kemungkinan sebesar 5–25% untuk menularkan HIV ke bayinya.

Berbagai langkah untuk mencegah penularan HIV dari ibu ke bayi bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Menjalani terapi kombinasi antiretroviral atau highly active antiretroviral therapy (HAART) selama hamil.
  • Tidak memberikan ASI ke bayi.
  • Menggunakan obat antiretroviral ke bayi yang lahir dari ibu dengan status HIV positif guna mencegah penularan HIV.
  • Berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk menentukan metode persalinan, yaitu operasi caesar atau persalinan normal.

Bila ibu dengan HIV telah mendapat pengobatan secara teratur hingga virus HIV tidak terdeteksi lagi di dalam darah melalui pemeriksaan viral load, proses melahirkan secara normal dapat kembali dipertimbangkan. Namun, biasanya dokter tetap akan merekomendasikan operasi caesar untuk meminimalkan risiko penularan HIV, terutama bila sebelumnya sang ibu tidak menjalani terapi kombinasi dan masih ada virus yang terdeteksi di dalam darah.

Pengobatan HIV pada anak

Anak-anak mendapatkan perawatan yang hampir sama dengan orang dewasa. Tetapi tidak sesederhana itu, karena beberapa obat HIV tidak berbentuk cair yang dapat ditelan oleh bayi dan anak kecil. Ditambah lagi, beberapa obat menyebabkan efek samping yang serius bagi anak-anak.

Tanpa obat, sepertiga bayi HIV-positif di seluruh dunia tidak akan mencapai ulang tahun pertama mereka, dan setengahnya akan meninggal sebelum mereka berusia dua tahun. Anak-anak yang lebih besar yang tidak memiliki gejala dapat menggunakan obat untuk membantu mereka tetap sehat.

Share artikel ini
Reference