imunos obat untuk apa

Ada banyak pilihan suplemen yang beredar di pasaran yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Salah satu suplemen yang sering direkomendasikan adalah imunos. Saat pertama kali mendengarnya, kamu mungkin bertanya-tanya imunos obat untuk apa, ya? Yuk, cek selengkapnya di artikel ini!

Seiring dengan bertambahnya umur, kegiatan sehari-hari yang padat, dan cuaca yang tidak menentu, tubuh kamu memerlukan vitamin dan suplemen tambahan. Imunos pun bisa menjadi salah satu pilihan.

Imunos obat untuk apa?

Imunos merupakah suplemen yang bisa kamu gunakan untuk memlihara sistem kekebalan tubuh. Obat ini mengandung beberapa zat bermanfaat yang mampu membantu imun tubuh untuk tidak mudah terkena penyakit.

Selain itu suplemen ini ternyata juga dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh dan tersedia dalam dua bentuk, sirup dan tablet.

Imunos mengandung echinacea purpurea, zinc picolinate, selenium, dan natrium askorbat. Kandungannya ini membuat imunos memiliki sifat antiradang dan juga antioksidan yang berguna untuk menyehatkan kulit dan juga mencegah radang.

Prove D3 1000 Obat Apa? Simak Manfaat dan Aturan Pakainya

Apa saja manfaat imunos?

Manfaat imunos yang paling utama adalah sebagai suplemen nutrisi tambahan untuk tubuh. Obat yang satu ini membantu menguatkan sistem kekebalan atau imun tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang bakteri atau virus penyakit.

Kandungan Echinacea dalam imunos ternyata juga digunakan untuk mendukung pengobatan berbagai penyakit termasuk:

  1. Batuk dan pilek
  2. Bronkitis
  3. Infeksi saluran pernapasan atas
  4. Radang gusi
  5. Influensa
  6. Sariawan
  7. Infeksi jamur
  8. Infeksi telinga
  9. Vaginitis
  10. Beberapa kondisi peradangan
  11. HIV
  12. AIDS

Dosis atau aturan pakai

dosis atau aturan pakai imunos

Imunos tergolong salah satu suplemen yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh dan memang bukan tergolong obat yang dapat mengatasi penyakit, tetapi tetap ada dosis tertentu yang perlu diikuti. Berikut dosis atau aturan pakai imunos:

  1. Dewasa: 1 tablet per hari setelah makan pada pagi atau malam hari
  2. Anak-anak (imunos bentuk sirup): Usia 1-2 tahun, ½ sendok per hari, sedangkan usia di atas 2 tahun, 1 sendok takar per hari

Efek samping yang perlu diwaspadai

Imunos bukanlah jenis suplemen yang bisa kamu konsumsi jangka panjang. Suplemen ini hanya boleh dalam jangka pendek. Jika kamu mengonsumsinya dalam jangka panjang, ada beberapa efek samping yang akan muncul, yaitu:

  1. Ruam kulit (alergi)
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Demam

Efek samping obat imunos bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi tubuh kamu. Ada beberapa orang yang tidak mengalami efek samping yang telah disebutkan di atas, tetapi mengalami efek samping lainnya. Agar terhindar dari efek sampingnya, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Interaksi imunos dengan obat lain

Imunos kemungkinan tidak dapat bekerja dengan maksimal dalam tubuh jika dikonsumsi dengan obat lain. Interaksi imunos dengan obat lain bisa memicu efek samping yang lebih serius.

Namun, ada beberapa obat yang dapat berinteraksi dengan imunos. Obat yang mungkin dapat berinteraksi dengan imunos, yaitu:

  1. Antasida
  2. Kortikosteroid
  3. Imunosupresan
  4. Niasin
  5. Obat-obatan penurun kolesterol

Jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan lain yang dokter resepkan selain obat-obatan di atas dan ingin mengonsumsi imunos secara bersamaan, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter jika kamu mempunyai beberapa kondisi medis berikut:

  1. Kanker
  2. Diabetes
  3. Alergi atau hipersensitif terhadap kandungan imunos

Risiko penggunaan imunos pada ibu hamil atau ibu menyusui juga belum ada penelitiannya. Jika kamu sedang hamil atau menyusui, maka kamu juga perlu berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Kamu juga tidak boleh mengonsumsi imunos bersama dengan alkohol. Risiko terkena beberapa efek samping imunos bisa menjadi lebih tinggi jika kamu mengonsumsinya dengan alkohol. Pastikan kamu mengonsumsi obat ini setelah makan dan meminum air putih setelah menelannya.

Hevit Plus Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis, dan Efek Samping!

Nah, sekarang kamu pasti sudah paham imunos obat untuk apa, mulai dari manfaat, dosis, efek samping, dan interaksinya terhadap obat lain, bukan? Imunos bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek terdekat dan jangan lupa mengikuti semua petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference