kapan hari anak perempuan sedunia 11 okt keuntungan punya anak cewe

Hari Anak Perempuan Sedunia adalah peringatan internasional yang Perserikatan Bangsa-Bangsa cetuskan dan perayaannya pertama kali pada 11 Oktober 2012. Lalu, apa yang spesial dari hari peringatan ini? Apa keuntungan memiliki anak perempuan? Simak selengkapnya di artikel ini.

Tema hari perempuan sedunia 2024 adalah visi perempuan untuk masa depan. Masih banyak anak perempuan yang hak-haknya masih tertolak sehingga mereka harus membatasi pilihan dan masa depan mereka.

Namun, saat ini perempuan harus berani menunjukkan bahwa mereka tidak hanya berani dalam menghadapi krisis, tetapi juga siap untuk menghadapi dan menyambut masa depan. Hal ini akan membuat hak-hak mereka terpenuhi, terlindungi, terhormat, dan terberdaya.

Tentunya hal ini tidak bisa diwujudkan sendirian karena membutuhkan dukungan satu sama lain untuk memenuhinya. Sudah waktunya untuk mendengarkan para perempuan untuk mempercepat kemajuan menuju masa depan di mana setiap anak perempuan dapat memenuhi potensi mereka.

Kapan hari anak perempuan sedunia?

Hari anak perempuan sedunia pertama kali pada saat konferensi dunia di Beijing. Konferensi pada 1995 itu secara khusus menyerukan hak-hak anak perempuan.

Pada hakikatnya, anak perempuan remaja memiliki hak untuk hidup aman, berpendidikan, dan sehat hingga mereka tumbuh menjadi perempuan dewasa. Menyadari hal tersebut, maka pada tanggal 19 Desember 2011, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 11 Oktober sebagai Hari Anak Perempuan Internasional.

Penetapan tersebut untuk menghilangkan tantangan berbasis gender yang anak perempuan di seluruh dunia hadapi, seperti pernikahan anak, kesempatan belajar yang buruk, kekerasan, dan diskriminasi.

Selain itu, peringatan hari anak perempuan internasional juga bertujuan untuk mengadvokasi pemberdayaan anak perempuan dan menyoroti pentingnya mendukung hak-hak dan kesejahteraan mereka.

Hari anak perempuan internasional pertama kali secara resmi pada tahun 2012. Semenjak saat itu berbagai organisasi, pemerintah, dan individu turut berpartisipasi dalam berbagai acara dan kegiatan pada peringatan ini.

Mengenal Feminisme Dan Artinya Bagi Perempuan

Beragam keuntungan memiliki anak perempuan

Perlu Moms dan Dads ingat, hal ini bukan untuk membandingkan kedua gender karena setiap anak memiliki hal-hal yang unik dan menarik. Namun, beberapa orang tua merasa beragam keuntungan memiliki anak perempuan berikut ini:

1. Memiliki naluri untuk melakukan pekerjaan rumah

Anak perempuan suka meniru orang di sekitarnya. Saat mereka melihat Moms memasak, mencuci pakaian dan melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya, mereka ingin sekali mencoba melakukan hal yang sama.

Meskipun pekerjaan rumah tangga harus dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan, anak perempuan memiliki naluri untuk melakukannya.

2. Lebih senang bersosialisasi

Anak perempuan lebih senang bergaul dengan teman-teman dan lingkungan sekitarnya daripada anak laki-laki. Anak perempuan yang berdaya dapat memaksimalkan potensi dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. 

3. Lebih peduli pada orang tua yang sudah lanjut usia

Anak perempuan memiliki empati yang lebih tinggi pada orang-orang yang sudah lanjut usia daripada anak laki-laki. Terlepas dari tantangan yang mungkin mereka hadapi dalam membesarkan keluarga sendiri dan bekerja di luar rumah, anak perempuan lebih bertanggung jawab daripada anak laki-laki.

4. Memiliki perasaan yang lebih peka

Anak perempuan umumnya lebih sensitif daripada anak laki-laki. Jika Moms memiliki anak perempuan, pasti mereka akan menjadi anak yang lebih perduli lagi pada Moms.

5. Lebih disiplin

Masa anak-anak adalah masa anak-anak lebih kritis dan penasaran sehingga Moms atau Dads mungkin kesulitan mendisiplinkan anak. Anak perempuan secara alami lebih mudah untuk didisiplinkan daripada anak laki-laki.


Penulis: Anggraini Nurul

Share artikel ini
Reference