Apakah Gigi Geraham Bisa Tumbuh Lagi

Beberapa orang mungkin mengalami gigi geraham yang tak bisa tumbuh jika tak ada ruang di mulut. Oleh karena itu, perlu dilakukan pencabutan gigi karena alasan berbagai hal. Lantas, apakah gigi geraham bisa tumbuh lagi apabila sudah dicabut? Yuk, simak faktanya!

Tak bisa dipungkiri bahwa gigi memiliki peran penting dalam hidup. Pasalnya, gigi tidak hanya dapat membantu kita untuk mengunyah dan mencerna makanan, tetapi gigi juga membantu kita agar bisa berbicara dengan jelas. Faktanya, setiap manusia memiliki gigi seri, gigi taring, gigi premolar, dan gigi geraham dengan fungsi yang berbeda.

Berbicara soal gigi, di antara semua gigi yang kita miliki, gigi geraham adalah gigi terkuat dan berukuran paling besar. Bisa dibilang gigi geraham memiliki peran yang sangat penting karena mereka kerap kita gunakan untuk mengunyah. Jumlah gigi geraham bungsu orang dewasa adalah 4 buah, yaitu 2 di rahang atas dan 2 di rahang bawah. 

Di antara gigi geraham lainnya, gigi geraham bungsu biasanya muncul paling terakhir. Gigi ini tumbuh saat usia sekitar 17  hingga 20 tahun. Sayangnya, gigi geraham bungsu kerap kali muncul dengan menyebabkan masalah.

Alasan gigi bungsu atau geraham perlu dicabut

Akibat rahang yang kecil dan tidak adanya tempat untuk gigi geraham bungsu, menyebabkan gigi bungsu perlu dicabut karena jika tidak, maka akan terjadi:

  1. Gigi geraham tumbuh tidak normal sehingga mengganggu gigi lainnya dan menyebabkan rasa sakit
  2. Menyebabkan gigi lain keluar dari posisinya
  3. Pembengkakan, peradangan, dan infeksi pada jaringan gusi

Ini Cara Mengatasi Gigi Kuning Secara Alami di Rumah

Apakah gigi geraham bisa tumbuh lagi?

apakah gigi geraham bisa tumbuh lagi ini jawabannya

Pencabutan gigi geraham merupakan prosedur umum yang dilakukan banyak orang. Gigi geraham biasanya dicabut karena dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat tidak dicabut. Namun, pencabutan gigi juga tidak perlu dilakukan jika tidak ada masalah pada gigi gerahamnya.

Lantas, apakah gigi geraham bisa tumbuh lagi setelah dicabut? Nah, mungkin kamu pernah mendengar rumor bahwa gigi bungsu atau geraham bisa tumbuh kembali setelah dicabut. Anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. 

Pasalnya, gigi geraham yang sudah dicabut tidak bisa tumbuh kembali. Saat gigi dicabut, tulang atau akar di bawahnya juga ikut diangkat. Inilah alasannya gigi geraham tidak bisa tumbuh kembali.

Namun, ketika gigi geraham baru saja dicabut, kamu merasakan adanya gigi baru tumbuh, bisa jadi itu adalah gigi supernumerary. Gigi supernumerary adalah gigi ekstra atau tambahan yang tumbuh di mulut. Mereka tidak memiliki lokasi atau posisi yang tetap dan bisa tumbuh di mana saja.

Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Yuk, Simak Faktanya!

Penyebab gigi keropos dan berlubang

Selain karena alasan penumpukan gigi, pencabutan gigi geraham juga biasa dilakukan apabila gigi kamu mengalami keropos, gigi berlubang, dan kerusakan gigi lainnya. Kerusakan gigi sering kali disebabkan oleh terlalu banyak makan dan minum manis serta tidak membersihkan gigi dan gusi dengan baik.

Pada awalnya, kerusakan gigi mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, jika semakin parah dapat menimbulkan masalah, seperti terbentuknya lubang pada gigi (rongga gigi). Jika kamu memiliki lubang di gigi, kamu mungkin akan mengalami:

  1. Sakit gigi
  2. Gigi terasa nyeri saat makan atau minum yang panas, dingin atau manis dan gigi menjadi lebih sensitif
  3. Munculnya bintik-bintik coklat atau hitam pada gigi 
  4. Bahkan terkadang gigi atau gusi bisa terinfeksi, menyebabkan penumpukan nanah (abses gigi) yang menyakitkan

Mengingat gigi keropos dan berlubang sangat menyakitkan dan menimbulkan rasa tidak nyaman, penting bagi kamu untuk menghindari penyebab kerusakan gigi, seperti:

  1. Terlalu banyak makan dan minum minuman manis atau asam
  2. Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik
  3. Mengalami penyakit refluks asam yang dapat menyebabkan asam lambung mengikis enamel gigi
  4. Memiliki gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia

Jadi, apakah gigi geraham bisa tumbuh lagi atau tidak setelah dicabut? Jawabannya, tidak. Meskipun dokter gigi seringkali merekomendasikan pencabutan gigi geraham, namun pencabutan gigi tidak selalu diperlukan. Faktanya,  jika gigi geraham tumbuh dan tidak berdampak negatif pada kesehatan mulut, kamu tetap bisa menjaga gigi geraham tetap utuh.

Pasalnya, gigi geraham yang tumbuh dengan benar dapat memberikan dukungan di bagian belakang mulut dan membantu mempertahankan tulang di rahang. Namun, jangan lupakan untuk selalu menjaga kebersihannya, ya!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference