ciri ciri angin duduk
Penyakit

Ciri-Ciri Angin Duduk Yang Berbahaya Untuk Kesehatan

Imelda Rahmawati | Maret 17, 2022
Share

Ciri-ciri angin duduk yaitu rasa nyeri pada dada yang terasa ketika jantung kurang asupan oksigen dan darah. Dalam dunia medis, penyakit ini disebut dengan angina pectoris. Kondisi ini biasanya terjadi secara tiba-tiba, meskipun kamu tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

Penyakit angina pectoris ini umum dialami banyak orang, terutama pada orang-orang dengan aktivitas berat. Membedakan nyeri dada yang disebabkan oleh angin duduk dan penyakit lain memang agak sulit. Karena gejalanya hampir mirip dengan penyakit seperti gangguan pencernaan atau yang lainnya.

Apa itu angin duduk

Angin duduk adalah gejala nyeri dada karena gangguan pada aliran darah ke jaringan otot jantung. Gejalanya cenderung lebih parah dibanding dengan nyeri dada lainnya. Penyakit ini dapat menyerang seketika tanpa tanda apapun.

Berdasarkan keterangan beberapa ahli medis, penderita akan merasakan dadanya seperti sedang ditekan. Bahkan ketika diam atau beraktivitas jantung akan bekerja lebih keras dan aliran darah menjadi lebih cepat.

Angin duduk bisa ditangani dengan beberapa tindakan medis dan pengobatan dokter. Selain itu, penderita harus lebih memperbaiki pola makan dan olahraga. Jika diobati dengan baik maka akan terhindar dari gejala yang lebih serius.

Penyebab angin duduk

Angina pectoris atau angin duduk ini terjadi ketika pembuluh pada jantung mengalami penyempitan. Seperti yang diketahui, pembuluh pada jantung memiliki fungsi untuk mengalirkan darah yang membawa oksigen ke otot-otot dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Nah, ketika pembuluh tersebut mengalami penyempitan, maka asupan oksigen untuk otot jantung akan berkurang dan terganggu.

Jantung pun akan kesulitan dan tidak maksimal ketika memompa darah, sehingga menyebabkan tekanan tersebut atau angin duduk. Angin duduk juga bisa menyebabkan pembuluh jantung menyempit sesaat, ketika otot pembuluh darah tegang. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Penyakit ini tidak bisa diprediksi dan dapat terjadi kapan saja.

Beberapa faktor lain juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung ketika mengalami angina pectoris. Seperti penyakit bawaan kolesterol darah tinggi, diabetes, dan hipertensi. Serta beberapa penyakit karena gaya hidup seperti obesitas, merokok, dan konsumsi alkohol.

Ciri-ciri angin duduk

Gejala umum dan gejala utama dari angin duduk adalah rasa nyeri dada. Nyerinya seolah ditindih atau ditekan dengan benda yang berat. Selain itu, rasa nyerinya bisa menyebar hingga ke seluruh tubuh. Penderita merasa tidak mampu bergerak seketika, karena merasa sakit sekali.

Bagian tubuh yang biasanya ikut terasa nyeri adalah lengan, bahu hingga ke leher dan gigi. Pada wanita gejalanya akan lebih parah, nyeri seperti benda yang tajam menusuk ke seluruh tubuh terutama dada.

Gejala lainnya yang juga ikut terasa adalah keringat dingin, mual dan ingin muntah, kepala terasa berat dan pusing, badan tidak bertenaga, hingga merasakan sesak dada dan napas menjadi lebih berat.

Apakah angin duduk berbahaya?

Kamu harus mewaspadai gejala angin duduk ini, karena pada kasus yang lebih serius bisa menyebabkan penyakit jantung koroner hingga serangan jantung. Pada beberapa orang gejala angin duduk terasa seperti dadanya hancur dan terus ditekan. Jika kamu mengalami gejala serupa sebaiknya seperti periksakan diri ke dokter, untuk mencegahnya menjadi lebih parah.

Beberapa studi menyebutkan bahwa, gejala angin duduk menempati peringatan pertama penyakit jantung koroner. Selain karena penyakit bawaan, beberapa penderita juga mengalaminya karena stres yang berat.

Obat angin duduk

Profesional medis biasanya meresepkan obat aspirin yang berguna sebagai pengencer darah dan mencegah adanya gumpalan pada aliran darah. Mungkin juga dokter akan memberikan beberapa obat lainnya yang berfungsi serupa dan meredakan rasa nyeri.

Jika gejalanya tidak segera hilang biasanya dokter akan menyarankan kamu mengonsumsi beta atau kalsium. Obat ini berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan membuat jantung mengurangi kebutuhan oksigen.

Cara mengatasi angin duduk secara alami

Untuk mengatasi penyakit ini tidak hanya dengan obat saja. Kamu juga bisa mengobatinya secara alami, yaitu dengan memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat dan seimbang, juga melakukan beberapa hal berikut:

  • Berhenti dari kebiasaan merokok.
  • Melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Mulai dari tekanan darah, kadar kolesterol dan glukosa darah.
  • Menjaga asupan makanan dan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang
  • Olahraga rutin dengan melakukan aktivitas yang ringan untuk tubuh seperti melakukan stretching dan workout.
  • Jangan terlalu memikirkan hal berat dan redakan stres.
  • Membatasi atau berhenti mengkonsumsi alkohol.
  • Mendapatkan vaksin flu dan lainnya untuk menghindari virus yang mungkin dapat menyerang jantung.

Penyakit angina pectoris memiliki gejala yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ciri-ciri angin duduk akan lebih berat dan lebih menyakitkan pada wanita. Dengan begitu, sebaiknya kamu melakukan pencegahan sedini mungkin untuk menghindari penyakit ini. Perbaikan pola hidup sehat juga akan menjauhkan kamu dari berbagai penyakit.

Reference
Share