Keluarnya bercak darah bukan hanya tanda haid, kehamilan pun demikian. Inilah mengapa banyak wanita yang merasa bingung untuk membedakan keduanya.

Memang, tanda utama kehamilan adalah ketika kamu tidak mengalami menstruasi seperti biasanya atau melewatkan periode menstruasi. Namun, tidak hanya itu, berdasarkan National Institute of Child & Human Development, ada juga gejala atau tanda awal kehamilan lainnya.

Salah satunya adalah adanya flek atau flek darah seperti haid. Mungkin kamu akan kesulitan mengenali perbedaan flek atau bercak darah saat haid dan hamil. Lantas, apakah darah haid warna coklat tanda hamil? Cek fakta selengkapnya di bawah ini!

Darah haid coklat apa artinya?

haid keluar gumpalan darah hitam

Biasanya darah yang berwarna coklat dan berlendir keluar pada awal dan akhir masa haid. Pertanyaannya, apakah normal jika darah haid berwarna coklat dan berlendir?

Dalam kebanyakan kasus, warna coklat darah menstruasi adalah normal. Darah haid berwarna coklat umumnya terjadi pada akhir haid, darah coklat merupakan darah yang berubah warna akibat berada di dalam rahim dalam waktu yang lama.

Darah menstruasi yang berwarna coklat dan disertai lendir biasanya terjadi pada usia berapa pun seorang wanita selama masih mengalami menstruasi. Namun, hal ini lebih sering dialami oleh remaja yang baru pertama kali menstruasi.

Fakta Masker Darah Haid yang Viral di TikTok, Bermanfaat atau Berbahaya?

Bedanya darah haid dan darah hamil

Apakah benar darah haid warna coklat tanda hamil? sebagian dari kamu mungkin masih bingung bagaimana membedakannya. Berikut perbedaan darah haid dan darah hamil yang bisa kamu perhatikan, antara lain:

1. Jumlah aliran darah

Biasanya pendarahan implantasi hanya bercak ringan. Sementara itu, darah haid mulainya ringan namun alirannya semakin deras.

2. Warna darah

Warna darah yang keluar saat terjadinya pendarahan implantasi terlihat lebih cerah jika dibandingkan dari darah haid. Pasalnya, darah haid umumnya berwarna merah terang atau merah tua, sedangkan darah implantasi akan mulai berwarna merah muda, kemudian berubah menjadi agak coklat pada saat pendarahan mulai menghilang.

Warna Darah Haid Penderita Kista Sama dengan Haid Biasa? Cari Tahu Faktanya!

3. Lamanya perdarahan

Pendarahan implantasi umumnya berlangsung 1-3 hari. Sementara itu, perdarahan haid berlangsung selama 4-7 hari. Namun, durasinya bisa lebih lama atau lebih pendek.

4. Konsistensi perdarahan

Pendarahan implantasi terjadi terus-menerus yang mungkin ada atau tidak ada. Sementara itu, perdarahan haid terus berlangsung hingga masa haid berakhir.

Adanya perbedaan pada darah haid dan darah hamil bisa jadi gambaran tersendiri bagi kamu, apakah darah haid warna coklat tanda hamil? jika kamu ternyata masih ragu, sebaiknya lakukan tes kehamilan untuk memastikan kondisinya.

kram perut sebelah kiri

5. Kram

Kram yang menandakan implantasi umumnya ringan dan hanya berlangsung singkat. Sedangkan kram akibat menstruasi tampak lebih intens dan berlangsung lebih lama. Namun, bisa jadi setiap wanita merasakan nyeri secara berbeda.

6. Darah beku

Jika pada saat siklus haid keluar darah yang menggumpal maka dapat dipastikan itu adalah haid. Pendarahan implantasi sendiri terjadi saat sel telur yang berhasil dibuahi menempel pada bagian lapisan rahim.

Sementara pendarahan haid terjadi saat lapisan rahim terlepas akibat tidak adanya pembuahan.

Fakta darah implantasi

Pada dasarnya, pendarahan implantasi sendiri adalah munculnya cairan dari vagina. Biasanya, terjadi selama 10 hingga 14 hari setelah terjadi pembuahan. Berbeda halnya dengan darah haid, darah implantasi lebih ringan dan bahkan ada yang hanya muncul flek.

Perdarahan yang terjadi di awal kehamilan merupakan kondisi yang normal. Jika kamu mengalaminya, kamu tidak perlu merasa khawatir. Hal ini karena darah akan berhenti secara perlahan dengan sendirinya. Biasanya, wanita yang mengalami pendarahan implantasi akan merasakan berbagai gejala seperti berikut ini:

  • Pendarahan ringan atau bercak
  • Kram perut ringan
  • Perasaan pusing
  • Sakit kepala
  • Payudara bengkak

Flek atau bercak darah saat hamil biasanya berwarna coklat atau merah muda. Sebanyak 25% ibu hamil mengalami pendarahan ringan dengan warna darah merah muda.

Ciri-ciri darah haid berwarna coklat yang harus diwaspadai

Darah haid warna coklat tanda hamil? sebenarnya belum tentu. Sebab darah haid mayoritas berwarna coklat dan berlendir, tidak berbahaya dan normal terjadi pada saat haid.

Namun, darah haid yang berwarna coklat bisa dikatakan tidak normal jika kemunculannya disertai dengan gejala lain, antara lain:

  • Menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari
  • Tidak haid selama 3-6 bulan
  • Pendarahan di antara periode menstruasi
  • Pendarahan setelah berhubungan seks
  • Nyeri pada vagina dan perut bagian bawah
  • Keluar darah berwarna coklat setelah pemasangan IUD
  • Kelelahan

Kamu perlu waspada jika darah yang keluar tidak hanya berupa flek saja, melainkan dengan volume yang cukup banyak. Pasalnya, perdarahan ini bisa menjadi pertanda adanya masalah serius pada kehamilan.

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference