cara menyembuhkan gerd secara total

cara menyembuhkan gerd secara total

Pernahkah kamu mengalami nyeri perut di malam hari, timbulnya rasa panas di bagian dada, dan mulut? 

Bila demikian, hal tersebut bisa menandakan jika kamu terkena GERD. Tak perlu khawatir, kita bisa melakukan berbagai cara untuk menyembuhkan GERD supaya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Sebab, apabila tidak diobati, GERD dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius, termasuk esofagitis hingga perdarahan saluran cerna, lho.

Nah, agar kamu jadi tahu lebih banyak soal GERD, kita bahas semuanya di artikel ini, yuk!

Apa itu GERD?

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh asam lambung yang mengalir dari perut kembali ke kerongkongan. 

Kondisi ini cukup berbahaya, tetapi ada cara untuk menyembuhkan GERD. Cara utamanya yaitu dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. 

Sebab, beberapa masalah utama yang menyebabkan GERD kambuh adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti 

  • Kelebihan berat badan 
  • Makan berlebihan 
  • Mengonsumsi kafein dan alkohol 
  • Mengonsumsi cokelat, dan 
  • Makanan pedas

Cara mengatasi GERD secara total

Untuk mengatasi kondisi GERD yang mengganggu, kamu bisa menerapkan gaya hidup yang berbeda dan lebih sehat. 

Melansir dari beberapa laman kesehatan, berikut ini gaya hidup sehat yang bisa kamu jadikan acuan untuk mengatasi GERD.

1. Hindari makan secara berlebihan

Salah satu penyebab utama seseorang terkena GERD adalah makan dalam jumlah berlebihan yang juga meningkatkan risiko obesitas atau berat badan melebihi batas normal. 

Akibatnya, tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah (LES) pun akan ikut naik. Nah, peningkatan tekanan terhadap LES ini dapat menyebabkan perut menjadi mulas.

Jadi, daripada makan tiga kali sehari dalam jumlah besar, cobalah makan enam kali yang diselingi dengan tiga kali makan kecil dan tiga kali ngemil. 

ini akan membantu menjaga perut agar tidak terlalu kenyang dan mencegah produksi asam lambung yang berlebihan.

hindari makan dalam jumlah berlebihan
hindari makan dalam jumlah berlebihan

2. Hindari makan terlalu cepat

Jika kamu makan terlalu cepat, bagian sistem pencernaan akan lebih sulit untuk berfungsi dengan baik. Terlebih lagi, sistem pencernaan yang buruk bisa meningkatkan kemungkinan kamu terkena GERD dan mulas.

Jadi, kamu bisa mulai mengunyah makanan dengan tempo agak lambat, seperti menghitung hingga 20 kali gigitan sebelum menelannya.

3. Kurangi makanan yang bisa merangsang produksi asam

GERD adalah kondisi yang berkaitan erat dengan diet. Oleh sebab itu, makanan dan minuman jenis tertentu dapat memicu atau memperburuk gejala refluks asam. 

Beberapa jenis makanan yang bisa memicu kambuhnya GERD dan perlu dihindari adalah 

  • Makanan yang digoreng atau berminyak 
  • Daging tinggi lemak
  • Makanan pedas
  • Produk susu murni
  • Cokelat
  • Permen
  • Minuman yang mengandung kafein
  • Minuman soda, kopi, dan teh

4. Hindari berbaring tepat setelah makan

Memang, saat selesai makan, kita sering kali merasa ngantuk dan ingin berbaring. Namun, kamu perlu menghentikan kebiasaan tersebut karena memiliki dampak buruk untuk tubuh. 

Sebab, saat berbaring setelah makan, isi perut akan menekan LES lebih keras dan memicu terjadinya refluks. 

Jadi, kamu bisa mengatasinya dengan cara:

  • Menunggu hingga 2-3 jam setelah makan jika ingin tidur
  • Hindari ngemil di malam hari, dan
  • Membatasi porsi makan pada malam hari

5. Kurangi berpakaian yang terlalu ketat

Selain dari sisi makanan, jenis pakaian yang salah juga bisa memicu timbulnya GERD pada seseorang, seperti pakaian ketat. 

Tekanan pada perut yang dikenal sebagai tekanan intragastrik atau tekanan intra-abdomen, dapat memicu refluks asam. 

Jadinya, tekanan tersebut akan mendorong asam lambung kembali melalui persimpangan esofagus bagian bawah, di mana kerongkongan dan perut bertemu.

Bila hal tersebut terjadi, maka kamu bisa mengalami GERD hingga mulas.

6. Berhenti merokok

berhenti merokok
berhenti merokok

Cara menyembuhkan GERD secara total yang bisa kamu lakukan adalah berhenti merokok. Merokok dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk risiko kambuhnya GERD, dengan cara:

  • Mengurangi produksi air liur. Padahal, air liur sangat penting untuk menetralkan asam lambung. 
  • Meningkatkan produksi asam lambung hingga membuat garam empedu berpindah dari usus ke lambung. Garam empedu adalah komponen empedu atau zat yang membantu tubuh untuk mencerna lemak di usus. Keberadaan garam empedu di lambung bisa membuat asam lambung jadi lebih berbahaya.
  • Menyebabkan LES menjadi lemah dan kendur sehingga membuat isi lambung naik kembali ke kerongkongan.
  • Merusak kerongkongan (esofagus). Merokok dapat langsung merusak kerongkongan dan hal ini akan semakin diperparah oleh refluks dari asam lambung

7. Kurangi alkohol

Selain rokok, kandungan di alkohol juga bisa membuat GERD jadi mudah kambuh. Sebab, alkohol bisa meningkatkan jumlah asam yang dihasilkan lambung. 

Jika kamu memang peminum aktif dan sulit untuk berhenti mengonsumsi alkohol, maka bisa melakukan berbagai alternatif.

Misalnya, campurkan alkohol dengan air atau soda, batasi minum hanya sampai 3 bir, dan ganti anggur merah dengan anggur putih.

8. Hindari stres

Ketika kita stres, tubuh akan memberikan reaksi yang berbeda daripada masa normal. 

Sebab, orang yang memiliki GERD, otot sfingter esofagus bagian bawahnya tidak berfungsi dengan baik sehingga gejalanya bisa timbul.

Jadi, jika kamu sedang merasa stres karena masalah pekerjaan, lingkungan, atau keluarga, kamu perlu mengelolanya dengan baik. 

Sebab, menghindari stres termasuk ke cara mudah untuk menyembuhkan GERD secara total. Cara mengelola stres yang baik juga beragam, dengan melakukan hobi, seperti

  • Membaca buku,
  • Menonton film, atau
  • Mendengarkan musik.

9. Tinggikan kepala saat tidur

Saat tidur, kamu perlu menggunakan bantal penyangga untuk mengurangi tekanan pada LES sehingga asam lambung mengalami refluks ke kerongkongan. 

Kamu dapat meninggikan kepala dengan menggunakan ganjalan di bawah bantal atau bantal khusus yang di desain untuk penderita GERD.

tinggikan kepala saat tidur
tinggikan kepala saat tidur

Obat GERD alami

Selain dari gaya hidup, kamu juga bisa mulai mengonsumsi obat GERD alami. Ada berbagai pilihan bahan alami yang bisa kamu jadikan sebagai obat penyembuh GERD, yakni:

1. Minyak peppermint

Minyak peppermint sering ditemukan dalam permen dan daun teh.

Namun, secara tradisional, minyak ini ternyata bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri saat masuk angin, sakit kepala, gangguan pencernaan, mual, dan masalah perut, termasuk GERD.

Namun, jika ingin mengonsumsinya, hindari penggunaan minyak peppermint dan antasida secara bersamaan karena bisa meningkatkan risiko sakit maag.

2. Akar jahe

Secara turun-temurun, akar jahe digunakan untuk mengobati rasa mual. 

Faktanya, permen dan bir jahe direkomendasikan sebagai tindakan jangka pendek untuk mual di pagi hari terkait kehamilan. 

Selain itu, jahe juga telah digunakan untuk mengobati penyakit gastrointestinal lainnya, termasuk mulas karena mengandung sifat anti-inflamasi. 

Dengan mengonsumsinya, kamu bisa mengurangi pembengkakan dan iritasi di kerongkongan.

3. Antioksidan

Vitamin yang mengandung antioksidan termasuk ke obat GERD alami yang bisa dikonsumsi. Jika tidak didapat dari makanan, kamu bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung antioksidan supaya memenuhi kandungan nutrisi di tubuh.

4. Melatonin

Selain obat atau tanaman herbal, suplemen yang mengandung melatonin juga bisa mengurangi gejala dan menjadi obat GERD alami.

Melatonin adalah hormon yang diproduksi di kelenjar pineal, di area otak. Fungsi utama dari melatonin adalah untuk memicu perubahan di otak untuk mendorongnya supaya tidur.

Namun, manfaat ini biasanya hanya terlihat saat kamu menggabungkan melatonin dengan bentuk pengobatan lainnya.

Nah, itu dia pengertian, cara menyembuhkan, dan pilihan obat GERD alami yang bisa kamu konsumsi. Dengan menerapkannya, diharapkan GERD bisa sembuh secara total.

Share artikel ini
Reference