aciclovir tablets 400mg obat apa

aciclovir tablets 400mg obat apa

Beberapa dari kamu mungkin penasaran, aciclovir tablets 400mg obat apa, ya? Aciclovir adalah obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit herpes karena virus herpes simplex. 

Virus ini dapat menyebabkan luka atau benjolan kecil pada kulit atau mukosa (sel lapisan dalam organ tubuh seperti mulut atau anus), yang biasanya disertai dengan rasa sakit atau gatal. 

Obat satu ini dapat membantu mengurangi gejala infeksi herpes, mencegah terjadinya infeksi baru, dan mencegah infeksi untuk menyebar ke area lain di tubuh. 

Nah, untuk pengobatan yang maksimal, kita akan membahas tentang aciclovir tablets 400 mg di artikel berikut ini. Yuk, simak selengkapnya, Yoonies!

Aciclovir tablets 400 mg obat apa?

Singkatnya, aciclovir tablets 400 mg adalah obat antivirus yang digunakan untuk mengobati gejala herpes zoster, cacar air, luka dingin, dan herpes genital yang semuanya disebabkan oleh virus herpes. 

Obat ini juga sering digunakan untuk mencegah penularan herpes genital. Memang, aciclovir tidak akan menghilangkan infeksi virus, tetapi bisa membantu menyembuhkan luka lebih cepat dan membantu menghilangkan rasa sakit.

Kegunaan aciclovir tablets 400 mg sebagai obat

Kegunaan utama aciclovir tablets 400 mg adalah onat untuk mengatasi gejala herpes. Namun, virus penyebab infeksi ini akan terus hidup di dalam tubuh, bahkan di antara wabah. 

Dengan mengonsumsi aciclovir tablets 400 mg, obatnya akan mengurangi tingkat keparahan dan lamanya wabah ini. 

Jadi, luka akan lebih cepat sembuh, mencegah terbentuknya luka baru, dan mengurangi rasa sakit atau gatal. 

Selain itu, pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah, aciclovir tablets 400 mg dapat menurunkan risiko penyebaran virus ke bagian tubuh lainnya.

Dosis obat aciclovir tablets 400 mg

Dosis untuk obat aciclovir tablets 400 mg tergantung dari umur dan penyakit yang kamu derita.Berikut ini dosis obat aciclovir tablets 400 mg oral yang direkomendasikan untuk pengobatan .

1. Untuk infeksi virus Varicella-zoster

  • Dewasa: 800 mg 5 kali sehari dengan interval 4 jam, hilangkan dosis untuk malam hari. Durasi pengobatan: 7 hari.
  • Anak-anak: Usia ≥2 tahun sekitar 20 mg/KgBB/dosis 4 kali sehari. Pada anak > 40 kg sama dengan dosis dewasa. Dosis alternatif: <2 tahun 200 mg 4 kali sehari selama 5 hari; Usia 2-5 tahun 400 mg diberikan 4 kali sehari selama 5 hari. Usia 6-11 tahun sekitar 800 mg diberikan 4 kali sehari selama 5 hari; 12-17 tahun sama dengan dosis dewasa. 

2. Mengobati infeksi primer herpes simpleks 

  • Dewasa: 200 mg dalam 5 kali selama sehari dengan interval 4 jam, hilangkan dosis untuk konsumsi malam. Durasi pengobatan: 5-10 hari. Untuk pasien dengan gangguan sistem imun berat, dosis dapat dinaikkan menjadi 400 mg.
  • Anak-anak: Usia <2 tahun setengah dari dosis dewasa dan ≥2 tahun sama dengan dosis dewasa.

3. Mengatasi herpes simpleks berulang

  • Dewasa: 400 mg dengan interval 12 jam. Pengobatan dihentikan setiap 6-12 bulan untuk menilai kembali frekuensi kekambuhan.
  • Anak-anak: Usia 12-17 tahun sama dengan dosis dewasa.

4. Herpes zoster

  • Dewasa: 800 mg sebanyak 5 kali sehari dengan interval 4 jam, kecuali dosis malam. Durasi pengobatan: 7-10 hari.
  • Anak-anak: 20 mkg/dosis dalam 4 kali sehari.

Cara menggunakan obat aciclovir tablets 400 mg

Aciclovir tablets 400 mg hadir dalam bentuk tablet kapsul untuk diminum. Untuk jenis tablet, kapsul, dan suspensi biasanya diminum dengan atau tanpa makanan selama dua sampai lima kali sehari selama 5-10 hari.

Obat ini dapat dimulai konsumsi setelah gejala infeksi datang. Saat mengonsumsinya, kamu harus minum obat ini pada waktu yang sama setiap hari. Kamu dapat mengikuti petunjuk pada label resep atau meminta dokter untuk menjelaskan dosisnya.

Untuk arahan dosis, konsumsi sesuai dengan yang dianjurkan dokter. Kamu juga tidak boleh mengunyah, menghancurkan, menghisap, atau menelan tablet ini. 

Efek samping aciclovir tablets 400 mg

Aciclovir tablet 400 mg biasanya tidak menimbulkan efek samping yang serius. Akan tetapi, beberapa efek samping yang dapat timbul saat menggunakan obat ini berupa:

  • Sakit perut
  • Muntah
  • Diare
  • Pusing
  • Kelelahan
  • Agitasi
  • Nyeri terutama pada persendian
  • Gangguan penglihatan

Jika gejala efek samping yang kamu alami tidak membaik atau semakin parah, segera konsultasikan langsung pada dokter.

Amankah aciclovir tablets 400 mg untuk ibu hamil?

Lantas, apakah aciclovir tablet 400 mg aman untuk ibu hamil? Obat ini termasuk dalam kategori B di mana studi reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita yang sedang hamil. 

Studi obat ini pada reproduksi hewan juga telah menunjukkan efek penurunan kesuburan, tetapi tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita di 1 trimester akhir dan trimester selanjutnya.

Secara umum, aciclovir 400 mg merupakan obat yang efektif dalam mengobati infeksi virus herpes simplex dan mengurangi gejala yang muncul. 

Namun, sebelum menggunakan obat ini, sebaiknya kamu meminta saran dari dokter atau ahli kesehatan untuk memastikan bahwa obatnya aman dan sesuai untuk digunakan. 

Jangan lupa untuk tetap perlu menjaga agar luka tetap bersih dan kering dan menghindari kontak langsung dengan orang lain selama masa infeksi, ya!

Share artikel ini
Reference