amnesia

Istilah amnesia atau hilang ingatan mungkin sering kamu lihat di beberapa film Hollywood atau drama Korea. Biasanya orang yang menderita amnesia, melupakan ingatan mereka karena kecelakaan. Nah, ada juga amnesia disosiatif atau keadaan hilang ingatan karena trauma dan stres berat.

Apa itu amnesia disosiatif?

Amnesia disosiatif adalah salah satu gangguan disosiatif saat seseorang melupakan elemen kunci dari kehidupan mereka (kehilangan memori abnormal). Amnesia ini secara signifikan mengganggu kehidupan mereka. Mereka mungkin melupakan peristiwa tertentu, atau mungkin lupa siapa mereka dan segala sesuatu tentang diri mereka sendiri.

Kehilangan ingatan ini sering terjadi karena trauma atau stres berat. Orang tersebut mungkin atau tidak menyadari kehilangan ingatan mereka. Tidak seperti mereka yang mengalami amnesia medis setelah cedera atau stroke, bagaimanapun, seseorang dengan amnesia disosiatif jarang menunjukkan kekhawatiran tentang kondisi mereka.

Penyebab amnesia disosiatif

Peristiwa traumatis atau stres berat biasanya menyebabkan amnesia disosiatif. Trauma biasanya sesuatu yang dialami individu selama masa kanak-kanak, seperti pelecehan seksual atau pengabaian emosional.

Orang juga dapat mengembangkan amnesia disosiatif setelah bencana alam, serangan seksual, atau pertempuran militer. Semua orang dapat mengalaminya, dalam artian kamu atau bahkan anak-anak dan orang tua bisa mengalaminya.

Gejala amnesia disosiatif

Gejala utama amnesia disosiatif adalah kehilangan memori yang lebih luas daripada kelupaan normal. Orang dengan amnesia disosiatif melupakan informasi pribadi yang penting. Amnesia ini dapat berlangsung beberapa menit bahkan berbulan-bulan. Mereka yang baru saja mengalami amnesia mungkin merasa bingung atau depresi.

Gejala amnesia disosiatif yang paling umum adalah kehilangan memori. Kehilangan memori dapat berupa salah satu dari beberapa hal berikut ini:

  • Peristiwa tertentu atau periode waktu tertentu, seperti bulan atau tahun (amnesia lokal).
  • Hanya aspek tertentu dari suatu peristiwa atau hanya peristiwa tertentu selama periode waktu tertentu (amnesia selektif).
  • Informasi dalam kategori tertentu, seperti semua informasi tentang orang tertentu atau tentang keluarganya (amnesia sistematis).
  • Setiap peristiwa baru seperti yang terjadi (amnesia terus-menerus).
  • Identitas pribadi dan seluruh kisah hidup, terkadang termasuk keterampilan yang dipelajari dengan baik dan informasi tentang dunia (amnesia umum).

Jenis amnesia ini umum dialami oleh veteran perang, orang-orang yang telah diserang secara seksual, dan orang-orang yang mengalami stres atau konflik yang ekstrem. Biasanya dimulai secara tiba-tiba.

Fakta amnesia disosiatif

Amnesia mungkin tidak muncul segera setelah peristiwa traumatis atau stres. Mungkin perlu berjam-jam, berhari-hari, atau lebih lama untuk muncul. Tak lama setelah kehilangan ingatan, beberapa orang tampak bingung. Beberapa sangat tertekan. Yang lain anehnya acuh tak acuh.

Kebanyakan orang dengan amnesia disosiatif memiliki satu atau lebih celah dalam ingatan mereka. Kesenjangan biasanya berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam atau hari tetapi dapat berlangsung bertahun-tahun, puluhan tahun, atau bahkan seumur hidup.

Mereka juga tidak menyadari atau hanya sebagian sadar bahwa mereka memiliki celah dalam ingatan mereka. Mereka menjadi sadar hanya setelahnya, ketika ingatan muncul kembali atau mereka berhadapan dengan bukti dari hal-hal yang telah mereka lakukan tetapi tidak ingat.

Beberapa orang mengalami kilas balik, seperti yang terjadi pada gangguan stres pascatrauma (PTSD). Artinya, mereka menghidupkan kembali peristiwa seolah-olah itu benar-benar terjadi, dan mereka tidak menyadari sejarah pribadi mereka selanjutnya—misalnya, bahwa mereka selamat dari trauma.

Kilas balik dapat bergantian dengan amnesia. Beberapa orang dengan amnesia disosiatif mengembangkan PTSD di kemudian hari, terutama ketika mereka menyadari peristiwa traumatis atau stres yang memicu amnesia mereka.

Mereka mungkin juga memiliki gejala yang tidak jelas, seperti kelelahan, kelemahan, atau masalah tidur, depresi dan bunuh diri dan perilaku merusak diri sendiri lainnya (seperti penyalahgunaan zat dan perilaku seksual sembrono). Risiko perilaku bunuh diri dapat meningkat ketika amnesia tiba-tiba hilang dan orang-orang diliputi oleh ingatan traumatis.

Jarang, orang dengan bentuk ekstrim dari amnesia disosiatif tiba-tiba bepergian dari rumah mereka untuk jangka waktu tertentu. Selama waktu ini, mereka tidak mengingat sebagian atau seluruh kehidupan masa lalu mereka, termasuk siapa mereka (identitas mereka). Masa ini disebut fugues disosiatif.

Perawatan amnesia disosiatif

Meskipun tidak ada perawatan berbasis bukti khusus untuk amnesia disosiatif, psikoterapi dan bentuk terapi lainnya, seperti terapi perilaku kognitif dan terapi perilaku dialektik, sering digunakan untuk mengobati gangguan tersebut.

Teknik seperti hipnosis dan sesi tanya jawab dengan bantuan obat dapat membantu memicu kemampuan untuk mengingat Kembali. Cara ini dapat membantu pasien memahami bagaimana trauma dapat menyebabkan amnesia, mengganggu kehidupan, dan bagaimana menyelesaikan masalah mereka untuk membantu mencegah trauma lebih lanjut di masa depan.

Tidak ada obat khusus untuk amnesia ini. Namun, kondisi yang terjadi bersamaan mungkin perlu ditangani. Seorang profesional kesehatan mungkin perlu meresepkan antidepresan untuk suasana hati atau obat anti-kecemasan untuk kecemasan.

Amnesia ini sering berlalu dan ingatan dapat dipulihkan. Namun, dalam beberapa kasus yang sulit, informasi yang hilang tidak dapat kembali.

photo by pexels

Share artikel ini
Reference