ciri ciri asam lambung
Penyakit Sistem Pencernaan

Ketahui Ciri-Ciri Asam Lambung Naik Ke Paru-Paru

Imelda Rahmawati | Maret 27, 2022
Share

Penyakit asam lambung kini menjadi salah satu penyakit yang cukup umum diderita di masyarakat. Jika tidak dirawat, penyakit ini bisa mematikan, loh. Terkadang, asam lambung bisa terasa ke paru dan membuat kesulitan bernapas. Ada beberapa ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru yang harus dikenali untuk mencegah kerusakan parah pada bagian pencernaan dan pernafasan.

Sebenarnya apa itu asam lambung?

Asam lambung adalah cairan encer dan tidak berwarna yang diproduksi oleh lapisan perut. Asam lambung bersifat sangat asam dan membantu memecah makanan untuk pencernaan yang lebih mudah. Sifatnya itu membantu tubuhmu menyerap nutrisi lebih mudah saat makanan bergerak melalui saluran pencernaan.

Penyebab asam lambung naik ke paru-paru

Pada dasarnya, penyebab asam lambung naik ke paru-paru yaitu produksi hormon gastrin yang berlebihan. Hormon gastrin itu sendiri berfungsi dalam menstimulasi lambung untuk memproduksi asam lambung. Oleh karena itu, hormon gastrin dapat menyebabkan produksi asam lambung berlebih dan naik ke tenggorokan. Tenggorokan yang terganggu membuat tubuh merasa seolah asam lambung menekan paru-paru. Namun, ada beberapa kasus di mana asam lambung masuk ke paru-paru.

Nah, berikut ini ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi.

1. Efek samping obat-obatan

Obat yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung di antaranya yaitu antiinflamasi nonsteroid. Terkadang obat asam lambung yang seharusnya digunakan untuk mengatasi asam lambung justru dapat memicu asam lambung naik ke tenggorokan.

2. Ginjal kronis

Kondisi ini berpotensi tidak dapat membersihkan hormon gastrik dengan baik. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan peningkatan kadar gastrin dan menghasilkan lebih banyak asam lambung.

3. Gaya hidup tidak sehat

Beberapa gaya hidup yang tidak sehat yaitu kebiasan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi minuman berkafein dan lainnya.

4. Kerusakan sfingter esofagus

Sfingter esofagus adalah otot bagian bawah kerongkongan yang berfungsi sebagai gerbang lambung. Ketika otot ini tidak dapat bekerja maksimal karena sudah terlalu lemah atau kendur, asam lambung yang seharusnya di lambung dapat naik hingga ke kerongkongan.

5. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan lemak yang ada di perut akan menekan area perut sehingga meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Tidak hanya itu, bahkan jika kamu memiliki penyakit asam lambung lainnya, maka gejala yang ditimbulkan akan semakin buruk.

6. Jadwal makan tidak teratur

Jadwal makan yang paling berpengaruh ialah jam makan malam. Hal ini karena usai makan, maka tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makan. Ketika kamu makan lalu langsung tidur, maka tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan. Makannya, sangat disarankan untuk makan malam 2 jam sebelum tidur.

7. Mengonsumsi makanan pedas dan asam

Hal ini karena beberapa makanan pedas memiliki kandungan lemak, minyak dan juga cabai yang dapat menstimulasi produksi asam lambung. Selain makanan pedas, ada beberapa makanan asam juga yang dapat menyebabkan asam lambung naik, yakni makanan seperti jeruk, lemon, dan tomat.

Ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru

Berikut beberapa ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru:

  • Aroma tak sedap
  • Batuk kronis
  • Disfagia (sulit menelan)
  • Sensasi Terbakar
  • Regurgitasi (rasa pahit dan asam yang disebabkan naiknya asam lambung)
  • Sakit tenggorokan

Bahaya asam lambung naik ke paru paru

Asam lambung yang naik cukup berbahaya untuk tubuh. Itulah kenapa kita disarankan untuk segera mengatasinya. Kalau tidak, gangguan di bawah ini bisa saja terjadi.

Asma

Saat asam lambung mengalami kenaikan, kemungkinan cairan masuk ke paru-paru semakin besar. Karena hal ini akan berbahaya, tubuh akan memiliki mekanisme perlindungan berupa katup sehingga cairan tidak bisa melukai organ paru. Sayangnya, mekanisme penutupan yang terjadi secara otomatis ini menyebabkan gangguan yang besar pada saluran napas. Anda bisa mengalami asma dan penderita asma akan kian parah kondisinya.

Asam lambung masuk paru

Asam lambung yang jumlah berlebihan bisa menerobos masuk ke dalam paru-paru. Kondisi ini menyebabkan masalah yang besar kalau tidak segera diatasi. Penderita bisa mengalami sesak napas parah sampai pneumonia.

Radang selaput lendir

Kalau saat asam lambung kambuh, Anda sedang berbaring di atas kasur, kemungkinan besar asam lambung bisa naik ke selaput lendir. Selaput lendir letaknya berada di dalam hidung dan hal ini bisa memicu kondisi sinusitis.

Selain itu, naik asam lambung dapat menyebabkan masalah berikut muncul.

  1. GERD
  2. Ulkus Esofagus (luka yang terjadi di area esofagus akibat banyaknya terkena asam lambung yang berlebihan)
  3. Kerusakan pada gigi
  4. Risiko terkena kanker esofagus

Cara mengobati asam lambung

Nyeri dada yang sering menyertai mulas dapat diobati dengan proton pump inhibitors (PPI). PPI adalah jenis obat yang mengurangi produksi asam di perut. Mengonsumsi PPI yang berkepanjangan dapat membantu meringankan gejala sehingga nyeri dada, yang tidak berhubungan dengan jantung tidak lagi menjadi bagian dari hidupmu.

Dokter mungkin juga merekomendasikan untuk menghindari jenis makanan tertentu yang dapat memicu gejala, seperti makanan yang digoreng, makanan pedas, dan buah jeruk.

Setiap orang memiliki pemicu makanan yang berbeda. Karena itu, kamu harus mengingat betul apa saja makanan atau minuman yang membuatmu mual, pusing, rasa terbakar, dan lainnya. Jika kamu merasa nyeri dada berhubungan dengan jantung, carilah perawatan darurat.

Reference
Share