tuzalos tablet obat apa

tuzalos tablet obat apa

Kamu pernah mengalami pilek berhari-hari yang tak kunjung sembuh? Nah, pilek biasanya disebabkan oleh infeksi virus tertentu dan dapat menyebar melalui udara atau kontak dengan benda yang terkontaminasi virus. 

Gejalanya meliputi hidung tersumbat, bersin, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan rasa badan tidak enak. 

Umumnya, pilek akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu sekitar 7-10 hari. Namun, pada beberapa orang, pilek bisa terjadi lebih lama dan terasa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi pilek, kamu harus istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat, minum banyak air, hindari polusi udara, dan minum obat. Nah, salah satu obat yang bisa kamu konsumsi adalah tuzalos dalam bentuk tablet.

Apa itu obat tuzalos tablet?

Tuzalos adalah obat tablet yang mengandung dextromethorphan, paracetamol, phenylpropanolamine, dan chlorpheniramine maleate. Obat ini terbilang efektif karena memiliki berbagai kandungan aktif tersebut. 

Contohnya saja, zat chlorpheniramine merupakan antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala alergi, demam, dan flu biasa. Kemudian, paracetamol adalah kandungan yang bisa mengurangi pusing dan sakit kepala.

Kemudian, ada juga Phenylpropanolamine yang termasuk dekongestan untuk menyempitkan atau mengecilkan pembuluh darah dan arteri di tubuh. 

Sedangkan Dextromethorphan adalah penekan batuk yang akan memengaruhi sinyal di otak yang memicu refleks batuk.

Melihat dari efektivitas masing-masing obatnya, tidak heran tuzalos tablet menjadi jenis obat yang diandalkan untuk penderita pilek dan flu.

Dosis obat tuzalos tablet

Bila kamu ingin mengonsumsi obat tuzalos untuk mengatasi flu, maka rincian dosis di bawah ini bisa dijadikan sebagai acuan.

  • Anak usia 6-12 tahun: ½ tablet diminum 3 kali sehari
  • Dewasa: 1 tablet diminum 3 kali sehari

Minum obatnya melalui mulut dengan atau tanpa makanan. Kamu bisa mengikuti petunjuk dosis pada label atau sesuai petunjuk dokter. 

Jika kamu memiliki gangguan pada perut, maka bisa minum obat tuzalos tablet dengan makanan atau buah-buahan.

Pastikan kamu minum obat tuzalos tablet sesuai dengan dosis yang dianjurkan, ya. Sebab, dosis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan efek samping merugikan tubuh, sedangkan dosis terlalu rendah mungkin tidak memberikan efek yang diharapkan.

Bila dosisnya tepat, kemungkinan kamu untuk sembuh pun akan semakin tinggi dan cepat. Jadinya, efek samping yang dialami pun akan semakin sedikit. 

Efek samping obat tuzalos tablet

Seperti obat flu dan pilek pada umumnya, tuzalos tablet tentu memiliki efek samping, seperti timbulnya rasa kantuk.

Namun, selain itu, ini dia beberapa efek samping obat tuzalos tablet yang perlu diwaspadai.

  • Pusing
  • Sembelit
  • Sakit perut
  • Penglihatan kabur
  • Mulut/hidung/tenggorokan kering
  • Insomnia
  • Timbulnya rasa cemas
  • Halusinasi
  • Berkeringat
  • Muntah dan mual
  • Napas yang terengah-engah

Jika satu atau lebih efek samping di atas tidak membaik dalam beberapa hari ke depan, ada baiknya langsung kamu konsultasikan dengan dokter terkait. 

Selain konsumsi obat, jika kamu sedang pilek, maka harus memperbanyak istirahat, tidur cukup, makan makanan berserat, dan minum air mineral sebanyak-banyaknya. 

Hindari juga lingkungan yang memiliki kualitas udara buruk karena bisa memperburuk gejalanya.

Nah, semoga pembahasan obat tuzalos di atas membantu untuk kamu agar bisa sembuh, ya!


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference