tulang kering sakit

Woman muscle pain during running training

Apakah kamu pernah mengalami sakit tulang kering? Kondisi ini ditandai dengan nyeri di daerah tungkai bawah yang terjadi di sepanjang tulang kering atau tibia. Tulang ini terletak depan tungkai bawah yang memanjang dari bagian lutut hingga bagian mata kaki.

Rasa sakit yang dirasakan di sekitar tulang kering pada kaki tidak boleh dianggap remeh. Ini bisa menjadi gejala yang nyeri betis. Yuk ketahui penyebab tulang kering sakit dan cara mengobatinya segera!

Kenapa tulang kering sakit?

Nyeri pada tulang kering umumnya disebabkan oleh olahraga yang kuat dan terus-menerus yang melebihi kapasitas orang tersebut.

Namun, secara spesifik ada beberapa hal lain yang juga bisa menyebabkan shin splint. Berikut ini adalah penyebab shin splints:

1. Menggunakan sepatu yang salah saat berolahraga.

Sepatu olahraga dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan tulang kaki saat berolahraga. Jika kamu menggunakan sepatu yang salah saat berolahraga, risiko cedera akan semakin besar, terutama pada bagian kaki sebagai penyangga.

2. Berolahraga melebihi kapasitas.

Seseorang yang memaksa untuk berolahraga di luar kemampuannya akan mudah terluka. Misal, biasanya lari 3 km, tapi tiba-tiba naik drastis jadi 6km. Peningkatan intensitas latihan yang tiba-tiba dapat menyebabkan cedera pada tulang kaki kamu.

3. Kelebihan berat badan atau obesitas.

Tubuh orang gemuk membuat kaki cepat lelah saat membawa beban berlebih. Jadi, tak jarang tumpuan ini melukai kaki.

4. Telapak kaki cenderung rata.

Beberapa orang memiliki kaki datar yang membuatnya sulit untuk berjalan atau berlari untuk waktu yang lama. Hal ini karena adanya lekukan pada telapak kaki yang seharusnya berfungsi menyeimbangkan tumpuan namun tidak ada.

Jika tidak menggunakan alas kaki khusus (orthotics) akan berdampak semakin berat pada tulang kering dan tidak jarang terjadi shin splint ini.

Kondisi tulang kering sakit

Cedera tulang kering adalah kondisi nyeri di sepanjang bagian depan atau di kaki di bawah lutut. Hal ini karena bagian otot, sendi, serta jaringan pada tulang banyak aktivitas bekerja.

Gejala ringan yang muncul seperti peradangan otot, sedangkan pada kasus yang parah bisa disertai sedikit peregangan pada tulang kaki. Kondisi ini merupakan salah satu cedera yang paling umum terjadi saat berolahraga.

Cedera tulang rusuk paling sering terjadi pada atlet yang menambah kekuatan dan mengubah rutinitas latihan mereka. Peningkatan aktivitas otot yang terlalu banyak bekerja, tendon, dan jaringan tulang menyebabkan kondisi ini.

Penyebab tulang kering sakit

Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa kondisi yang menyebabkan nyeri tulang kering kaki.

1. Cedera ringan

Cedera adalah salah satu penyebab paling umum dari sakit tulang kering. Kondisi ini karena saat kamu melakukan olahraga yang berat maupun mengalami cedera saat berolahraga.

Cedera ini bisa ditandai dengan sejumlah gejala, seperti bengkak, nyeri, memar, benjolan, pendarahan, hingga kelemahan atau kekakuan pada tulang kering kaki.

2. Memar tulang

Memar tulang dapat terjadi ketika cedera lebih parah, menyebabkan tulang merusak pembuluh darah. Darah dan cairan lain kemudian menumpuk di jaringan dan menyebabkan kerusakan.

Memar tulang ini bisa lebih dalam daripada memar biasa yang muncul pada permukaan kulit kamu. Selain itu, memar tulang kering merupakan salah satu jenis memar yang paling sering terjadi.

3. Patah tulang kering

Patah tulang atau patah tulang kering dapat terjadi karena cedera parah. Kondisi ini bisa disebabkan dari pukulan keras atau benturan pada kaki, seperti kecelakaan mobil, maupun jatuh dari ketinggian. Hal ini menyebabkan nyeri pada tulang kering serta membutuhkan perawatan segera.

4. Shin splints

Shin splints atau medial tibial stress syndrome adalah kondisi peradangan pada tendon, otot, dan jaringan tulang di sekitar tibia atau tulang kering kaki. Kondisi ini merupakan penyebab umum dari nyeri tulang kering saat berlari. Hal ini terjadi karena seringnya kamu menggunakan kaki pada bagian bawah sehingga memberi tekanan pada bagian otot, tendon, serta tulang kering kaki.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh aktivitas berdampak tinggi dan latihan kaki bagian bawah yang berulang, seperti pada pelari, penari, dan pesenam. Nyeri pada shin splints biasanya tajam dan berdenyut.

5. Displasia fibrosa

Displasia fibrosa adalah kelainan tulang langka berupa tumor jinak non-kanker. Orang dengan displasia fibrosa pada tulang kering kaki mungkin mengalami pertumbuhan jaringan fibrosa abnormal yang menggantikan tulang normal.

Gejala tulang kering sakit dan berbahaya

Gejala utama shin splint atau nyeri betis adalah sakit dan nyeri saat tulang kering diraba. Selain itu, pembengkakan ringan dapat terjadi di kaki bagian bawah. Berikut ini adalah gejala yang bisa dialami oleh penderita shin splints:

  • Rasa sakit akan dimulai dengan rasa sakit ringan atau nyeri di bagian depan kaki bagian bawah, kemudian meningkat menjadi rasa sakit yang tajam atau parah yang membuat sulit untuk berolahraga.
  • Nyeri yang berkembang dengan cepat dengan aktivitas atau olahraga
  • Nyeri di kedua sisi tulang kering
  • Rasa sakit secara bertahap akan membaik saat kamu beristirahat, dan terkadang hilang dengan berolahraga. Namun pada akhirnya, rasa sakit itu akan bertahan dan berlanjut, bahkan setelah beristirahat.
  • Otot sakit
  • Sakit di kaki bagian bawah
  • Nyeri yang diperparah saat bagian dalam tungkai bawah dipalpasi
  • Bengkak di kaki bagian bawah
  • Kesemutan dan kelemahan pada kaki

Cara mengobati tulang kering sakit

Sebagian besar kasus shin splints dapat diobati dengan perawatan diri yang sederhana, seperti:

  • Beristirahat.
  • Gunakan kompres es. Gunakan kompres es pada tulang yang terkena selama 15-20 menit, 4-8 kali selama beberapa hari. Hindari kontak langsung es dengan kulit. Gunakan pembungkus seperti handuk tipis.
  • Jaga kakimu tetap tegak.
  • Minum obat ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit.
  • Lakukan latihan kelenturan dengan meregangkan otot kaki bagian bawah.
  • Kenakan sepatu yang menopang tubuh dengan baik, dengan sol yang memadai, untuk aktivitas sehari-hari.

Hentikan aktivitas yang menyebabkan tulang kering sakit, pastikan kamu melakukan latihan dengan cara yang benar. Serta, lakukan pemanasan sebelum berolahraga, dan peregangan ringan sebelum dan sesudah berolahraga.

Share artikel ini
Reference