testpack garis dua selain hamil

Baru-baru ini, Lolly alias Laura Meizani Nasseru Arsy, anak Nikita Mirzani menjadi topik perbincangan hangat di dunia maya. Lolly memberikan klarifikasi melalui akun Instagram-nya bahwa testpack garis dua bukan hanya karena hamil. Lalu, benarkah demikian? Simak faktanya testpack garis dua selain hamil di artikel ini!

Penyebab testpack garis dua selain hamil

Testpack adalah salah satu alternatif untuk memeriksa kehamilan yang mudah wanita gunakan. Cara kerja testpack ialah dengan mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hcG) yang terdeteksi 12 hari setelah terjadi pembuahan. 

Pada umumnya, jika wanita mengandung, akan menunjukkan hasil garis dua atau positif. Selain itu, ditandai dengan menstruasi yang tak sesuai jadwal jika wanita tersebut memiliki siklus haid teratur.

5 Cara Menggunakan Tespek Kehamilan dengan Tepat

Nah, beberapa waktu lau, Lolly, anak Nikita Mirzani memang tengah menjadi perbincangan hangat terkait video klarifikasinya yang menyatakan bahwa hasil testpack garis dua tak melulu tentang kehamilan. Lantas, apa saja penyebab testpack garis dua selain hamil?

1. Baru saja mengalami keguguran atau ada riwayat keguguran

Hasil testpack wanita yang baru saja mengalami keguguran atau aborsi bisa saja menunjukkan garis dua atau positif. Hal ini karena kenaikan kadar hormon hCG saat tengah mengandung dan membutuhkan waktu untuk kembali ke kadar normal. 

2. Konsumsi obat-obatan tertentu yang mengandung hCG

Selain kehamilan dan ada riwayat keguguran, hasil testpack garis dua atau positif bisa karena mengonsumsi obat-obatan yang mengandung hormon hCG, seperti obat-obatan untuk meningkatkan fertilitas atau kesuburan yang umumnya dikonsumsi wanita saat menjalani program hamil (promil). 

3. Kesalahan pengguna sehingga hasil testpack garis dua

Sebelum menggunakan, pastikan testpack tidak kedaluwarsa dan masih dalam kemasan yang baik. Perhatikan juga petunjuk penggunaan yang tertera untuk mencegah hasil testpack positif palsu. 

Penggunaan testpack yang dianjurkan adalah pada bangun tidur di pagi hari dan celupkan alat tes kehamilan sesuai dengan petunjuk agar hasil lebih akurat. 

Alat Tes Kehamilan, Mulai dari Jenis hingga Hasil yang Akurat

Selain ketiga alasan di atas, hasil testpack yang positif bisa juga karena kondisi medis tertentu, seperti kista dan kanker ovarium, penyakit ginjal, hingga infeksi saluran kemih. Kalau mengalami hasil testpack garis dua dan kamu ragu apakah itu tanda kehamilan atau bukan, segeralah periksakan diri dan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

Untuk memastikan kehamilan, dokter akan melakukan USG. Perlu diketahui, hasil testpack positif palsu mungkin saja terjadi. Oleh karena itu, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter jika kamu khawatir atau penasaran dengan hasil sebenarnya, ya!

Share artikel ini
Reference