good girl syndrome

Jika kamu sering bertanya kepada diri sendiri apakah dirimu sudah menjadi seseorang yang baik, kamu mungkin mengalami good girl syndrome. Tak ada yang salah berusaha untuk menjadi orang baik, tapi hal ini bisa menjadi masalah ketika kebaikanmu mulai merugikan diri sendiri dan orang lain.

Yuk, kenali lebih jauh apa itu good girl syndrome dan apa saja ciri-ciri seseorang yang mengalami kondisi ini! Simak penjelasannya sampai tuntas ya, Yoonies.

Apa itu good girl syndrome?

Jika kamu ingin menjadi perempuan yang baik, ramah, pintar, atau berpendidikan, itu merupakan hal yang sangat normal. Namun, jika hal ini sudah berubah menjadi sindrom, seperti good girl syndrome, maka hal tersebut bisa menjadi masalah.

Good girl syndrome adalah kondisi psikologis untuk selalu ingin dihargai dan dipuji karena sudah berkelakuan baik. Kondisi ini menjadi menyimpang ketika keinginan tersebut membuat penderitanya menjadi takut dihakimi atau merasa bersalah karena masih kurang cukup untuk memenuhi ekspektasi orang lain.

Masyarakat memang banyak memiliki ekspektasi dan harapan bagaimana seharusnya karakter atau sifat perempuan yang baik itu. Ketika kamu selalu ingin memenuhi semua ekspektasi dan harapan tersebut, kamu akan berusaha secara berlebihan untuk menyenangkan mereka. Hal inilah yang menjadi permasalahan atau pemicu utama good girl syndrome.

Seseorang yang mengalami good girl syndrome biasanya sering takut mengecewakan orang lain, takut ditolak, selalu ingin unggul, sering menghindari konflik, dan sungkan untuk menolak orang lain. Penderitanya juga akan berjuang dengan susah payah untuk menegaskan diri mereka sendiri karena ketakutan yang luar biasa terhadap kritik dan penilaian.

Apa Itu Syndrome? Simak Macam-Macam Syndrome Berikut Ini!

Ciri-ciri good girl syndrome

ciri-ciri good girl syndrome

Sindrom yang satu ini bisa dicegah dan diatasi. Jika tidak diatasi dengan baik, bisa mengganggu kesehatan mental dan fisik. Lalu, apa saja ciri-cirinya? Berikut tanda yang perlu kamu ketahui!

1. Harus menjadi baik agar dicintai

Kamu mungkin berpikir, jika ingin dicintai dan diterima oleh orang lain, maka kamu harus bersikap baik dan ramah kepada semua orang. Gagasan ini kurang tepat karena kamu tidak dapat menyenangkan semua orang yang kamu temui dan tidak peduli seberapa keras kamu berusaha.

2. Memaksa diri sendiri untuk tetap masuk akal

Ciri-ciri good girl syndrome lainnya adalah adanya suatu pemahaman yang tertanam di kepala bahwa harus menjadi pribadi yang biasa saja. Kamu harus tetap diam dan tidak menonjol di kalangan gadis lainnya, selalu melakukan apa yang diperintahkan, dan tidak boleh mempertanyakan apa pun.

Sindrom ini membuat seseorang selalu berpegang teguh pada apa pun perintah yang ditujukan kepadanya dan tidak boleh bersikap konyol serta dibuat-buat. Akibatnya, kreativitas pun menjadi terbatas.

3. Kesulitan menolak atau berkata tidak 

Kesulitan menolak atau berkata tidak sejatinya tidak hanya terjadi pada perempuan, tetapi juga laki-laki. Orang-orang dengan sindrom ini kesulitan menetapkan batasan karena takut akan dijauhi oleh orang lain ketika menolak atau berkata tidak.

Selain itu, orang-orang dengan sindrom ini selalu menyenangkan orang lain. Mereka merasa bahwa citra mereka sebagai perempuan baik akan hilang ketika berkata tidak dan ada rasa khawatir akan muncul konflik jika berkata tidak.

4. Menetapkan standar tinggi untuk diri sendiri

Orang-orang dengan sindrom ini juga akan menetapkan standar yang tinggi untuk diri sendiri. Mereka juga akan cenderung membandingkan diri mereka dengan orang lain yang telah sukses dan menyusahkan diri sendiri ketika tidak mampu mencapai apa yang dimiliki orang lain.

Sejak usia muda, perempuan sering kali dituntut untuk tampil sempurna baik itu secara fisik ataupun kepribadian. Tidak heran jika hal ini memicu perilaku yang toxic saat mereka tumbuh dewasa.

5. Takut membuat orang lain kesal

Tidak hanya takut untuk berkata tidak, orang-orang dengan good girl syndrome juga takut membuat orang lain kesal. Good girl syndrome membuat penderitanya berusaha sekuat tenaga untuk membuat orang lain senang.

Ketika usaha yang mereka lakukan dianggap gagal, maka mereka akan menyalahkan diri mereka sendiri. Mereka membentuk diri mereka sendiri menjadi orang yang diinginkan masyarakat daripada menjadi diri mereka yang sebenarnya.

Manipulatif Adalah Sifat yang Perlu Diwaspadai, Ini Cirinya!

Cara berhenti menyenangkan semua orang

Memiliki sindrom tersebut tentu bisa sangat melelahkan, bukan? Berikut beberapa cara berhenti menjadi good girl syndrome atau menyenangkan semua orang!

  1. Mintalah apa yang kamu inginkan dan apa yang pantas kamu dapatkan
  2. Jangan ragu untuk berkata tidak
  3. Coba speak up dan beranilah untuk mengatakan apa yang ingin kamu katakan
  4. Cobalah berpegang teguh pada pilihan atau keputusan yang kamu ambil
  5. Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan

Nah, sudah tahu kan apa itu good girl syndrome dan seperti apa ciri-cirinya? Tidak ada yang salah menjadi perempuan baik, tetapi yang paling penting adalah jangan sampai kamu kehilangan karakter diri kamu sendiri ya, Yoonies!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference