memilih pembalut sehat dan aman

Memilih pembalut sehat dan aman memang hal yang harus wanita perhatikan. Beberapa pembalut memiliki kandungan bahan kimiawi yang mungkin saja bisa berisiko terhadap kesehatan jangka panjang apalagi saat penggunaan terus-menerus.

Pembalut pastinya memiliki beberapa kriteria dan ciri-ciri yang harus kamu perhatikan. Apa sajakah itu? Yuk, cek selengkapnya di artikel ini!

Mengapa penting memilih pembalut sehat?

Dari namanya, pembalut sehat tentu merupakan pembalut yang aman untuk kesehatan serta menggunakan bahan yang baik untuk kesehatan.

Alasan wanita harus memilih pembalut sehat adalah untuk mencegah risiko kesehatan di area kewanitaan, seperti iritasi dan gatal pada permukaan kulit area kewanitaan hingga mengurangi risiko kesehatan seperti kanker.

Bagaimana cara memilih pembalut yang aman dan sehat?

Walaupun berbagai brand pembalut sekarang sudah banyak beredar di pasaran, berikut beberapa cara memilih pembalut yang aman:

1. Perhatikan kandungan bahan pembalut yang alami

Untuk mencegah risiko gatal dan iritasi, pilihlah pembalut yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti kapas organik.

2. Perhatikan tanggal kedaluwarsa pembalut

Setelah memilih pembalut yang terbuat dari bahan alami, kamu juga harus memperhatikan tanggal kedaluwarsa. Pastikan kamu menggunakan pembalut yang tanggal kedaluwarsanya masih lama dan tanggal produksi masih baru.

3. Telah teruji dan tersertifikasi

Pembalut sehat adalah pembalut yang telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hal ini karena produk pembalut harus teruji terlebih dahulu sebelum edar agar tetap aman. 

4. Pilih pembalut berbahan organik

Pembalut dengan bahan dasar organik biasanya berbahan dasar tumbuhan, seperti jagung, bambu, atau kapas organik. Selain aman bagi kulit karena bebas dari bahan kimia, pembalut jenis ini juga mudah terurai sehingga lebih ramah lingkungan.

Nah, dari keempat cara di atas, kamu tak perlu pusing mencari pembalut yang tepat. Cukup menggunakan Yoona, pembalut organik yang 100% organic cotton dengan daya serap super untuk cegah kebocoran dan mengunci cairan agar permukaan kering.

Itulah alasan pentingnya memilih pembalut yang aman dan cara memilihnya. Dengan memilih pembalut yang tepat, mencegah risiko kesehatan di masa mendatang.


Penulis: Anggraini Nurul

Share artikel ini
Reference