vitamin b kompleks

Pernah mendengar tentang Neurobat? Neurobat merupakan salah satu jenis suplemen yang dapat meningkatkan konsumsi vitamin B kompleks dapat terpenuhi oleh tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks yakni berupa vitamin B1, B6 dan B12 terdapat pada Neurobat sehingga dapat meringankan beberapa gejala penyakit dan keluhan metabolisme.

Neurobat obat apa? Yuk simak penjelasan lengkap tentang suplemen ini sehingga dapat menggunakannya secara tepat.

Deskripsi obat neurobat

neurobat obat apa

Neurobat merupakan salah satu suplemen yang mempunyai kelas terapi non steroid anti inflamasi atau nsaid.

Obat ini tergolong dalam jenis obat bebas, meskipun begitu ada dosis khusus yang perlu diperhatikan sehingga konsumsinya menjadi lebih tepat.

Suplemen yang berbentuk tablet salut gula ini mengandung:

    • Vitamin B1 sebanyak 100 mg
    • Vitamin B6 sebanyak 200 mg
  • Vitamin B12 sebanyak 200 mcg

Jenis vitamin B kompleks ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung sejumlah manfaat yang beragam.

Banyak penyakit yang dapat menyerang akibat kekurangan vitamin B kompleks dan hal ini tentu akan sangat menyulitkan kondisi tubuh yang kurang fit akibat malnutrisi akan vitamin ini.

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B yang Menyehatkan

Manfaat obat neurobat

Manfaat yang bisa dirasakan saat mengonsumsi suplemen Neurobat antara lain:

  • Neurobat dapat membantu mengobati neuritis atau gangguan yang sering terjadi pada penglihatan akibat peradangan saraf mata
  • Neurobat dapat membantu neuralgia atau rasa nyeri yang terjadi pada wajah
  • Neurobat dapat mengatasi sakit pinggang
  • Neurobat dapat membantu keluhan iskialgia atau rasa sakit yang terasa pada bagian punggung bawah hingga ke tungkai kaki atau kepala

Manfaat memang sangat beragam dna berguna untuk banyak hal. Suplemen ini juga dapat dikombinasikan dengan konsumsi berbagai makanan yang bergizi sehingga kekurangan akan vitamin ini dapat segera teratasi.

Dampak yang terjadi akibat kekurangan vitamin B kompleks antara lain:

  • Vitamin B1. Kekurangan vitamin yang sering disebut dengan thiamine ini akan menyebabkan penyakit beri-beri dan wernicke. Biasanya penyakit ini ditandai dengan detak jantung meningkat, muntah, kaki bengkak, sesak nafas hingga gerakan mata tidak normal. Sedangkan wernicke menyebabkan gangguan koordinasi otot, mempengaruhi sistem saraf sehingga penglihatan yang berbayang.
  • Vitamin B6. Vitamin B6 sering disebut dengan pyridoxine yang dapat menyebabkan ruam atau kulit pecah-pecah di sekitar mulut. Kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan luka pada bibir, mual, anemia, bingung, kejang, depresi, kesemutan hingga beberapa bagian tubuh terasa panas.
  • Vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gangguan penglihatan, anemia, hilang nafsu makan, susah bab, sesak nafas, detak jantung tidak normal, pikun, hingga berbagai komplikasi penyakit lainnya.

Maka dari itu sangat penting untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin ini seperti halnya dengan vitamin lain seperti B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, hingga B12. Neurobat bisa menjadi salah satu suplemen penambah vitamin B kompleks yang dapat dikonsumsi secara langsung sesuai dengan dosis yang dianjurkan dalam kemasan.

Apa Itu Obat Ardium 500 mg? Ini Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya!

Dosis dan penggunaan

cara menghitung dosis obat

Neurobat merupakan jenis obat atau suplemen yang bebas dikonsumsi. Akan tetapi apabila pasien sedang dalam konsumsi obat tertentu, maka sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sehingga tidak terjadi efek samping yang mungkin membahayakan. Ada dosis umum yang dapat diikuti untuk mengonsumsi Neurobat, yaitu:

Dosis 1-2 tablet diminum 3x sehari. Konsumsi Neurobat sebaiknya setelah makan agar menghindari rasa tidak nyaman pada lambung.

Efek samping obat

Suplemen Neurobat tergolong dalam obat bebas yang dapat dikonsumsi sesuai dengan kemasan meskipun tanpa resep khusus dari dokter.

Akan tetapi masih ada potensi efek samping dari Neurobat yang mungkin terjadi pada pasien. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi antara lain:

  • Perdarahan pada lambung
  • Reaksi alergi
  • Sel darah putih yang berkurang karena infeksi dari pathogen atau agranulositosis

Jika terdapat efek samping yang terjadi selama konsumsi Neurobat, maka segera hentikan dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan alternatif pengobatan yang tepat.

Neurobat juga dilarang pada pasien yang mempunyai penyakit porfiria atau kelainan genetika karena proses pembentukan heme yang tidak sempurna.

Sampaikan kepada dokter jenis penyakit apa saja yang sedang diderita serta obat yang dikonsumsi agar dapat meminimalisir efek samping obat yang terjadi.

OGB Dexa Obat Apa? Yuk, Kenali Manfaatnya untuk Berbagai Kondisi!

Interaksi obat

Neurobat juga dapat memicu interaksi obat apabila dikonsumsi bersama dengan levodopa dimana efek terapi dari obat tersebut dapat berkurang sehingga tidak efektif lagi untuk pengobatan.

Dampak dari kekurangan vitamin B kompleks memang cukup signifikan dan setiap vitamin B dapat membantu kecukupan gizi serta terhindar dari berbagai macam penyakit.

Untuk dapat membantu memenuhi vitamin B kompleks, ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi secara rutin seperti bayam, yogurt, susu, daging ayam, telur dan jenis makanan lain.

Penuhi asupan vitamin B untuk dapat menjaga kondisi tubuh tetap fit dan terhindar dari segala macam penyakit.

Jika ingin menambah asupan dengan mengonsumsi suplemen ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter gizi agar bisa mendapatkan saran dan rekomendasi dosis yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference