manfaat daun miana

Apakah kamu pernah mendengar tentang manfaat daun miana? Tanaman dengan daun berwarna merah hijau yang satu ini bukan hanya tampak cantik namun juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Yuk, ketahui lebih jauh mengenai manfaat dari tanaman miana berikut ini!

Apa itu daun miana?

Daun miana umumnya tumbuh di daerah yang subur dengan ketinggian 1500 meter. Tanaman yang satu ini banyak digunakan sebagai tanaman pagar dan mudah ditemukan di pekarangan rumah. 

Tanaman Miana mungkin sekilas tampak mirip seperti bayam. Di Indonesia, tanaman miana memiliki nama yang cukup beragam, contohnya gresing (batak), adang-adang (Palembang),  jawer kotok (sunda),plado (sumatera barat) iler, kentangan (jawa), majana (Madura) dan  ati-ati, saru-saru (bugis). Daun miana sejak dulu digunakan sebagai tanaman obat yang dikenal memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan. 

Manfaat daun miana untuk kesehatan

Daun miana

Berikut beberapa manfaat daun miana:

1. Menyembuhkan sakit maag dan sakit perut

kahasiat daun miana adalah dapat digunakan untuk mengatasi maag dan sakit perut. Bagi kamu yang mengalami sakit perut karena bakteri atau iritasi, kamu bisa menggunakan daun miana untuk mengatasi keluhan tersebut. 

2. Membantu menyembuhkan bisul

Daun miana juga dikenal ampuh untuk mengobati bisul secara alami. cara penggunaannya pun mudah. Pertama-tama, panaskan daun miana pada api kecil. Selanjutnya tempelkan daun ini pada bagian tubuh yang memiliki bisul. 

3. Membantu Menyembuhkan Wasir

Selain mengobati bisul, daun miana juga bermanfaat untuk mengatasi wasir atau ambeien. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yakni:

Siapkan 20 lembar daun miana

Bersihkan daun kemudian rebus dengan air 5 gelas air hingga mendidih

Minum ramuan tersebut satu gelas setiap hari hingga kondisi membaik. 

4. Mengobati dan meredakan gejala batuk

Manfaat daun miana selanjutnya adalah dapat membantu mengobati gejala batuk. Cara pemakaiannya juga simpel, kamu hanya perlu merebus daun miana dengan dua gelas air. lalu minum air rebusan tersebut secara rutin untuk meringankan batuk. 

5. Membantu melancarkan siklus menstruasi

Daun miana juga berguna untuk membantu membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur. Tidak sedikit wanita yang haidnya tidak menentu, bahkan tidak haid selama beberapa bulan. Kamu bisa  mengkonsumsi air rebusan daun miana untuk membantu melancarkan siklus menstruasi kamu. 

Manfaat daun miana untuk kesehatan anak 

Selain beberapa manfaat di atas, daun miana juga memiliki manfaat kesehatan untuk anak, seperti:

1. Menurunkan demam anak

Demam adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami anak-anak. Demam sendiri merupakan respon tubuh kerika melawan virus. Meskipun normal, namun bukan berarti dibiarkan. Pasalnya, demam dapat mengganggu aktivitas dan kenyaman si kecil. 

Kamu bisa merebus beberapa lembar daun miana dengan 3 gelas air. Biarkan air sampai menyusut sekitar 1-2 gelas. 

Berikan air rebusan yang sudah dingin sebanyak setengah gelas pada anak. Dengan begitu, demam akan berangsur membaik. 

2. Mengobati bisul si Kecil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daun miana juga dapat mengobati bisul termasuk untuk anak-anak. Pasalnya, tanaman ini aman untuk digunakan maupun dikonsumsi oleh si kecil. 

Cara penggunaannya adalah dengan panaskan daun ini di atas api. Lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terkena bisul. Rasa hangat pada daun tersebut akan membuat kulit menjadi lebih nyaman.  

3. Meredakan gejala batuk pada anak

Selain demam, anak-anak juga kerap mengalami batuk. Batuk kering maupun berdahak sama-sama mengganggu dan membuat si kecil rewel. Apalagi, batuk juga dapat menyebabkan suara serak, pernafasan terganggu tenggorokan nyeri hingga mempengaruhi kenyamanan saat makan dan minum. 

Daun miana juga dapat digunakan untuk meredakan gejala batuk pada anak. Caranya, rebus beberapa helai daun miana dan berikan pada si kecil untuk diminum. Air rebusan tersebut akan membantu mengeluarkan dahak pada anak. 

4. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat daun miana untuk anak selanjutnya adalah mengatasi masalah pencernaan. Cara penggunaannya juga mudah, rebus daun miana hingga mendidih. Dinginkan air rebusan dan minumkan pada si kecil.

Share artikel ini
Reference