cara menunda haid

Menunda haid dianggap sesuatu yang aman, apalagi jika dilakukan dengan cara yang benar. Terkadang cara menunda haid menjadi pilihan saat kamu ingin melakukan aktivitas penting, tanpa terganggu haid. Misalnya, sedang dalam pertandingan olahraga atau ingin traveling ke suatu tempat, yang kondisinya tidak nyaman jika dilakukan saat haid.

Jika demikian, apakah ada cara lain menunda haid? Nah, terdapat beberapa jenis makanan dan obat yang bisa kamu pertimbangkan untuk dicoba.

Apakah bisa menunda haid

Faktanya, kamu benar-benar dapat menunda haid dan melakukannya dengan cara yang aman. Tapi itu hanya bisa dilakukan dengan satu metode pengendalian hormonal tertentu.

Dikutip dari Health, Dr. Alyse Kelly-Jones, MD, seorang obgyn di Carolina Utara, mengatakan kamu hanya perlu merencanakan dengan tepat bila kamu ingin menggunakan kontrasepsi hormonal.

Kontrasepsi hormonal adalah alat atau obat kontrasepsi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan dimana bahan bakunya mengandung preparat estrogen dan progesterone.

Cara menunda haid

Mengonsumsi kacang lentil, gelatin, cuka sari apel, jus lemon, atau bahkan air kacang hijau beberapa hari hingga seminggu sebelum haid dianggap dapat menunda haid. Namun beberapa ahli setuju bahwa cara tersebut bukanlah cara yang tepat. Dr Jodie Horton, MD, spesialis ob-gyn di Virginia, Amerika mengatakan, meminum atau memakan makanan khusus tidak mengubah hormon yang terlibat dalam mengatur haid.

Obat lain yang dicurigai seperti ibuprofen atau naproxen sodium (biasanya dikenal sebagai Aleve) dapat membantu meredakan kram dan mengurangi aliran darah jika kamu sudah memulai haid, tetapi obat tersebut tidak akan mencegahnya sama sekali.

Pada akhirnya, jika ingin menghentikan haid untuk sementara waktu, kamu dapat melakukannya dengan cara yang aman dan efektif. Jika kamu memiliki kekhawatiran atau tidak yakin tentang metode mana yang harus digunakan, bicarakan dengan dokter untuk menentukan jalan terbaik untuk situasi pribadimu.

Kondisi medis menunda haid

Meski tidak menimbulkan efek negatif, tetap saja ada kerugian dari menunda haid dalam jangka panjang. Ini bukan metode yang mudah, sehingga ada kemungkinan terjadinya pendarahan tidak teratur atau bercak darah. Dengan kata lain, metode penundaan haid yang kamu gunakan gagal.

Jika kamu mempertimbangkan untuk menghentikan haid atau mencari cara untuk mengatasi masalah haid yang teratur, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mencobanya sendiri.

Makanan penunda haid

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan penunda haid yang bisa kamu coba:

1. Cuka sari apel

Baik untuk detoksifikasi tubuh dan meningkatkan penurunan berat badan, cuka sari apel juga dapat membantu mengatasi kembung dan kram parah saat haid. Banyak peneliti telah menemukan bahwa kandungan asam tinggi yang ada dalam larutan cuka sari apel dapat membantu memperlambat haid sampai batas tertentu, tetapi belum ada bukti yang kredibel untuk mendukungnya. Pertimbangkan untuk mengonsumsi satu sendok makan cuka sari apel (dalam air hangat) secara teratur selama 10-12 hari sebelum tanggal perkiraan datang haid.

2. Air jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin-c. Nah, ekstrak jeruk yang sama juga dikabarkan dapat menunda haid. Plus, jeruk nipis juga dapat meredakan komplikasi haid atau mengurangi rasa sakit PMS. Beberapa juga percaya bahwa jus jeruk memperlancar aliran darah.

3. Biji sesawi

Biji sesawi juga merupakan sesuatu yang disebut-sebut dapat menunda haid. Merendam sesendok biji sesawi dalam air atau susu semalaman dan meminumnya seminggu sebelum tanggal perkiraan haid kamu.

4. Gelatin

Beberapa orang percaya bahwa gelatin, yang dilarutkan dalam air hangat dapat menunda menstruasi hingga beberapa jam. Untuk menggunakannya, yang kamu butuhkan hanyalah beberapa sendok bubuk gelatin yang dicampur dalam secangkir air hangat.

Selain makanan, ada juga beberapa cara alami lain untuk menunda haid. Olahraga dan pijat adalah beberapa pilihan. Banyak atlet sering melewatkan haid mereka karena latihan ekstrem yang mereka ikuti. Nah, beberapa percaya latihan keras dapat menunda haid dalam beberapa kasus.

Mendapatkan pijat rahim juga bisa menjadi pilihan untuk dipertimbangkan. Tidak hanya sangat menenangkan dan santai, itu juga bisa menjadi cara untuk menunda siklus.

Obat penunda haid

Secara medis, ada pil yang bisa membantu menunda aliran hormon dan bekerja untuk menunda haid kamu. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan, ada beberapa obat bagi wanita untuk menunda haid untuk sementara waktu.

1. Pil kombinasi

Pil kombinasi dari beberapa pil KB yang digunakan untuk menunda haid dan kehamilan. Obat ini mengandung bentuk sintetis hormon estrogen dan progestin. Beberapa jenis pil kombinasi adalah monophasic, multiphasic, dan extended-cycle.

2. Norethisterone

Norethisterone adalah progestogen sintetis yang mirip dengan hormon progesteron alami yang diproduksi oleh tubuh. Selama siklus haid, tingkat hormon progesteron turun yang menyebabkan lapisan rahim luruh, sehingga haid terjadi. Konsumsi norethisterone membuat kadar progesteron tidak menurun sehingga mencegah terjadinya haid.

Obat ini dapat diminum tiga hari sebelum jadwal haid dan harus dikonsumsi tiga kali sehari hingga total 20 hari. Selama periode ini haid tidak akan terjadi. Namun, haid akan terjadi dua sampai empat hari setelah kamu berhenti mengonsumsinya. Obat ini juga mencegah pendarahan haid palsu yang disebabkan kadar hormon belum cukup tinggi.

Norethisterone pada umumnya aman digunakan sesekali, tetapi tidak disarankan penggunaan jangka panjang. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi saat mengonsumsi obat ini adalah gangguan suasana hati, nyeri payudara, retensi cairan, dan menurunnya libido.

Share artikel ini
Reference