kapan hari kesehatan mental sedunia jiwa 10 oktober

Sudah tahukah kamu kapan hari kesehatan jiwa sedunia? Perayaan hari kesehatan jiwa sedunia setiap tahun pada tanggal 10 Oktober. Tema tahun ini yang Federasi Kesehatan Mental Dunia tetapkan adalah “kesehatan mental di tempat kerja.” 

Tema ini menyoroti pentingnya menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan di tempat kerja, untuk kepentingan orang, organisasi, dan komunitas. Selain itu, yuk coba rayakan hari penting ini dengan cara-cara berikut!

Kapan hari kesehatan jiwa sedunia?

Seperti yang telah tertera sebelumnya, perayaan hari penting ini setiap 10 Oktober. Hari kesehatan jiwa sedunia bermula pada 1992. Namun, perayaannya baru mulai pada 1994.

Hari penting ini dicetuskan melalui Federasi Kesehatan Mental Dunia (World Federation for Mental Health) yang dipimpin oleh wakil sekretaris jenderal saat itu, Richard Hunter. Tujuan utama organisasi tersebut adalah mengedukasi kesehatan mental secara keseluruhan.

Selama tiga tahun pertama sampai 1995, ada siaran televisi di seluruh dunia yang menyampaikan pesan kepada masyarakat soal kesehatan mental.

Tema hari kesehatan jiwa sedunia yang pertama pada 1994 adalah meningkatkan kualitas layanan kesehatan mental di seluruh dunia. Seiring perkembangan zaman, temanya pun berganti dan sering kali mengangkat isu sosial terkait wanita, anak-anak, kesehatan, pekerjaan, trauma, hingga bunuh diri.

Lifelong Learning: Konsep Hidup Yang Menyehatkan Fisik Dan Mental

Cara menjaga kesehatan mental 

Di hari kesehatan jiwa sedunia yang jatuh pada 10 Oktober, yuk kita coba rayakan dengan melakukan cara-cara berikut ini! Agar kesehatan mental terus terjaga, lakukan ini:

1. Ngobrol dengan orang tepercaya

Terbuka dan ngobrol dengan orang-orang yang kamu percayai, seperti anggota keluarga, sahabat, maupun kolega di kantor. Kamu mungkin merasa lebih baik secara terbuka membagikan yang kamu alami dengan orang-orang yang peduli denganmu.

2. Jaga kesehatan fisik

Menjaga kesehatan fisik juga membantu meningkatkan kesehatan mental, lho. Cobalah melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari, seperti berlari, berjalan, yoga, bersepeda, atau bahkan berkebun. Konsumsi juga makanan bergizi dan sehat. Selain itu, pastikan selalu tidur yang cukup.

3. Lakukan aktivitas yang disukai di hari kesehatan jiwa sedunia

Cobalah untuk terus melakukan aktivitas yang menurut kamu bermakna dan menyenangkan, seperti memasak, bermain dengan hewan peliharaan, sekadar berjalan-jalan di taman, membaca buku, dan menonton film atau serial TV yang disukai.

Menjalani rutinitas yang teratur dengan aktivitas yang membuat kamu merasa bahagia akan membantu kamu menjaga kesehatan mental yang baik. Yuk, coba lakukan aktivitas yang kamu sukai di hari kesehatan mental sedunia!

4. Jauhi alkohol atau zat-zat adiktif berbahaya

Jangan lari ke alkohol atau zat-zat adiktif berbahaya untuk mengatasi apa yang saat ini tengah kamu rasakan. Meskipun ini mungkin tampak membantu merasa lebih baik dalam jangka pendek, namun beberapa cara di atas dapat membuatmu menjadi lebih buruk dalam jangka panjang.

5. Mencari bantuan profesional

Jika mulai merasa kalau kamu tidak dapat mengatasi stres yang dihadapi, carilah bantuan profesional seperti psikolog atau psikiater. Ingatlah bahwa kamu tidak sendirian dan ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk mendukung kestabilan mentalmu. 

Di hari kesehatan jiwa sedunia, kira-kira kamu akan merayakan dengan cara apa? Jika kamu merasa stes, kalut, sedih berkepanjangan, jangan merasa sendirian karena kamu punya orang-orang terdekat atau tenaga profesional yang akan mendukung kamu.


Penulis: Anggraini Nurul

Share artikel ini