kinesio tape

Kamu yang pernah mengalami masalah di bagian tulang dan persendian, mungkin pernah perawatan dengan tape atau sabuk kesehatan yang dililitkan di area yang bermasalah. Nah, itu adalah kinesio tape yang lazim digunakan untuk cedera di bagian tulang dan sendi. Fungsi kinesio tape memegang peranan besar untuk proses penyembuhan di area tersebut. Berikut fakta-faktanya.

Apa itu Kinesio tape?

Kinesio tape atau pita kinesio sering digunakan oleh mereka yang mengalami cedera cukup berat pada sendi dan tulang. Pita ini terbuat dari serat kapas hypoallergenik bebas lateks yang dapat diregangkan 40%-60% dari panjang awalnya. Ketebalan dan berat pita dirancang untuk mendekati berat dan ketebalan kulit.

Kinesio tape dibuat dan dikembangkan oleh Dr. Kenzo Kase pada tahun 1973. Ini adalah perawatan yang digunakan untuk memperpanjang efek perawatan fisiologis yang dilakukan. Meski demikian, kinesio tape tidak memiliki sifat obat.

Fungsi dan cara kerja kinesio tape

Terapis fisik, terapis okupasi, pelatih atletik bersertifikat, chiropractor, dokter, terapis, perawat, dan fisioterapis di seluruh dunia menggunakan kinesio tape untuk banyak disfungsi pada gangguan sendi temporomandibular (TMJ) hingga turf toe.

Kinesio tape saat ini digunakan oleh terapis untuk mengubah tonus otot, memindahkan cairan limfatik, pola gerakan yang benar, dan memperbaiki postur.

Penggunaan kinesio tape juga marak digunakan oleh non-etlet karena fungsinya yang bagus. Kinesio tape yang bila dipasang dengan benar, akan bekerja dengan cara berikut:

1. Kinesio tape menarik lapisan atas kulit, menciptakan lebih banyak ruang antara dermis dan otot.

Ruang yang dibuat diyakini dapat mengurangi tekanan pada saluran getah bening di daerah antara otot dan dermis, menciptakan lebih banyak ruang untuk aliran getah bening dan dengan demikian drainase getah bening yang lebih baik melalui daerah yang dibalut kinesio tape.

Ruang ini juga menampung berbagai reseptor saraf yang mengirimkan informasi spesifik ke otak. Ketika ruang antara epidermis dan otot dikompresi, seperti selama cedera, reseptor saraf ini mengirimkan informasi ke otak mengenai sentuhan terus menerus, sentuhan ringan, dingin, nyeri, tekanan, dan panas. Informasi ini menyebabkan otak mengirimkan sinyal tertentu ke tubuh agar bereaksi terhadap rangsangan tertentu.

Kinesio tape mengubah informasi yang dikirim reseptor ini ke otak dan menyebabkan respons yang kurang reaktif dalam tubuh, memungkinkan tubuh bekerja dengan cara yang lebih normal dan menghilangkan beberapa penghalang yang biasanya memperlambat proses penyembuhan.

2. Kinesio tape memengaruhi jaringan yang lebih dalam di dalam tubuh.

Peningkatan ruang memungkinkan kontraktilitas otot yang lebih besar, yang pada gilirannya mendorong lebih banyak cairan melalui otot, menghasilkan kinerja otot yang lebih baik.

Hasil akhirnya diyakini dapat mengurangi kelelahan otot, meningkatkan jangkauan gerak, dan kualitas kontraksi otot yang lebih baik.

Kinesio tape digunakan untuk meningkatkan keselarasan sendi dengan mempengaruhi otot dan fasia dan dapat mengurangi fungsi sendi yang buruk dengan mempengaruhi kelompok otot yang berlawanan dan mobilitas sendi.

Fasia adalah bahan yang membagi dan memisahkan otot dan organ dalam dan membantu memberikan dukungan melawan gravitasi di beberapa bagian tubuh. Fasia dan getah bening memiliki hubungan yang erat satu sama lain.

Getah bening menghilangkan cairan dan zat kimia di otot. Saluran limfa melewati fasia antara tulang dan otot dan secara superfisial antara kulit dan otot.

Ketika aliran getah bening dibatasi atau meningkat, akumulasi cairan terjadi di belakang area yang tersumbat, mengakibatkan pembengkakan yang mengurangi ruang antara otot dan kulit, menyebabkan tubuh bereaksi terhadap stimulus yang menyakitkan.

Model kerja tersebut memunculkan konsep teori dasar Metode Kinesio Taping. Ada enam konsep dasar teknik kinesio tape yang disebut koreksi:

  1. Mekanis digunakan untuk meningkatkan stabilitas dan biomekanik.
  2. Fasia menciptakan atau menggerakkan fasia secara langsung.
  3. Koreksi ruang digunakan untuk mengurangi tekanan pada jaringan target.
  4. Tendon/ligamen mengurangi tekanan pada ligamen atau tendon.
  5. Koreksi fungsional memberikan stimulasi sensorik untuk membantu atau membatasi gerakan.
  6. Koreksi sirkulasi/limfatik membantu memindahkan cairan limfatik dari area yang lebih padat ke area yang tidak terlalu padat.

Kinesio tape juga telah terbukti mempengaruhi bekas luka. Pengurangan adhesi dan pitting, pelunakan, perataan, peningkatan kelenturan, dan pengurangan kontraktur telah terlihat pada beberapa pasien.

Bagaimana cara menggunakan kinesio tape?

Sebaiknya, kamu berkonsultasi dulu pada dokter sebelum menggunakan kinesio tape. Dokter akan memeriksa permasalahnmu dan menunjukkan cara pemasangan yang tepat. Misal, pemasangan kinesio tape pada lutut tentu akan berbeda dengan pergelangan kaki.

Kinesio tape umumnya dibalut dalam beberapa lapis dan menutupi area yang sakit. Sebelum memasang kinesio, dokter akan membersihkan area yang akan dibalut agar tape lebih tahan lama, higienis dan merekat dengan sempurna.

Penggunaan kinesio tape untuk jangka panjang

Meski dapat digunakan untuk jangka panjang, hal ini tidak disarankan oleh para ahli. Pemakaian yang terlalu lama akan membuat tubuhmu terbiasa pada topangan yang malah akan melemahkan sistem otot dan persendianmu. Ini jelas dampak yang ingin kita hindari, kan.

Selama pemakaian, ada beberapa keadaan di mana pita kinesiologi harus segera dilepas. Keadaan berikut juga menjadi pantangan tidak boleh digunakannya kinesio tape.

  • Luka terbuka. Menggunakan kinesio di atas luka dapat menyebabkan infeksi atau kerusakan kulit.
  • Trombosis vena dalam. Peningkatan aliran cairan dapat menyebabkan gumpalan darah terlepas, yang mungkin berakibat fatal.
  • Kanker aktif. Meningkatkan suplai darah ke pertumbuhan kanker bisa berbahaya.
  • Pengangkatan kelenjar getah bening. Meningkatkan cairan di mana node hilang dapat menyebabkan pembengkakan.
  • Alergi. Jika kulitmu sensitif terhadap perekat, kamu bisa memicu reaksi yang kuat.
  • Kulit rapuh. Jika kulitmu cenderung robek, kamu harus menghindari menempelkan tape di atasnya.

Cara melepas kinesio tape

Karena kinesio tape jauh lebih kuat daripada plester biasa, ia sedikit lebih sulit untuk dilepaskan. Ujung kinesio terkadang menggulung (jika ini terjadi, cukup potong ujungnya) dan sering menempel seperti lapisan kulit kedua. Cara termudah untuk melepasnya adalah membuatnya licin.

Agar licin, salah satu pilihannya ialah mengoleskan sedikit baby oil langsung pada tape, diamkan selama 15-20 menit, lalu lepaskan perlahan saat mandi setelah tape benar-benar basah. Untuk hasil terbaik, kupas perlahan sambil menarik kulit dengan lembut ke arah yang berlawanan.

Pilihan lainnya adalah mandi dan membasahi tape secara menyeluruh dan menyabuninya. Ini akan mengendurkan perekat dan memungkinkan kamu untuk menariknya perlahan. Ingatlah untuk menjaga kulit tetap kencang dengan menariknya ke arah yang berlawanan untuk meminimalkan ketidaknyamanan.

Opsi mana pun yang kamu pilih, pastikan kamu melepas selotip ke arah rambut tumbuh, jangan pernah melawannya. Ini akan membantu meminimalkan rasa sakit dan mengurangi kemungkinan menghilangkan rambut. Jangan frustrasi dan merobek kinesio tape seperti plester. Itu akan sangat menyakitkan.

Share artikel ini
Reference