cerebral palsy bisa sembuh

Cerebral palsy adalah gangguan yang memengaruhi gerakan tubuh dan koordinasi otot. “Cerebral” berarti berhubungan dengan otak dan “Palsy” berarti kelemahan atau kesulitan menggunakan otot. Lalu, apakah Cerebral Palsy bisa sembuh?

Selain itu, sudahkah kamu tahu kapan Hari Cerebral Palsy Sedunia atau World Cerebral Palsy Day? Yuk, temukan informasi menarik dan jawabannya di artikel ini!

Apakah Cerebral Palsy bisa sembuh?

Belum ada obat yang dapat membuat pasien sembuh. Namun, ada banyak pilihan pengobatan atau terapi yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi gejala.

Pemilihan terapi atau pengobatan tergantung pada gejala dan kebutuhan spesifik anak yang dapat berubah seiring waktu. Penanganan dini dapat meningkatkan hasil. Pengobatan dapat mencakup obat-obatan, prosedur bedah, hingga terapi lainnya sesuai kebutuhan.

Penyebab Cerebal Palsy

Penyebab Cerebral Palsy adalah perkembangan otak yang abnormal atau kerusakan pada otak yang tengah berkembang. Namun, sering kali penyebabnya tidak diketahui. Banyak faktor yang dapat menyebabkan perubahan dalam perkembangan otak, seperti

  • Perubahan gen yang menghasilkan kondisi genetik atau perbedaan dalam perkembangan otak.
  • Infeksi pada ibu hamil yang memengaruhi janin yang belum lahir.
  • Stroke yang mengganggu suplai darah ke otak yang sedang berkembang.
  • Pendarahan ke otak di dalam rahim atau saat bayi baru lahir.
  • Infeksi bayi yang menyebabkan pembengkakan di dalam atau di sekitar otak.
  • Cedera kepala traumatis pada bayi, seperti dari kecelakaan kendaraan bermotor, jatuh atau trauma fisik.
  • Kekurangan oksigen ke otak terkait dengan persalinan. 

Apa Penyebab Kelainan pada Otot? Cegah dan Waspadai Hal Ini!

Kapan World Cerebral Palsy Day?

Perayaan Hari Cerebral Palsy Sedunia atau World Cerebral Palsy Day jatuh pada 6 Oktober setiap tahunnya. Yang menginisiasi Hari Cerebral Palsy Sedunia adalah Aliansi Cerebral Palsy pada 2012.

Tujuan dari hari penting ini adalah untuk menyatukan orang-orang yang hidup dengan Cerebral Palsy, support system seperti keluarga, teman, pendukung, dan organisasi di lebih dari 100 negara.

Selain itu, Hari Cerebral Palsy Sedunia juga ingin menyerukan bahwa siapa pun dengan kondisi ini memiliki hak, akses, dan peluang yang sama seperti orang lain di masyarakat.

Itulah informasi seputar apakah Cerebral Palsy bisa sembuh, penyebab, hingga tanggal perayaannya.


Penulis: Anggraini Nurul

Share artikel ini
Reference