cedera hamstring

Joint, kneecap injury at sports training. Fit girl in sportswear holding painful knee while running down stairs, touching leg suffering muscle strain, hurting to walk. Safe workouts, healthy lifestyle

Saat melakukan aktivitas fisik, siapapun rentan mengalami cedera, bahkan seorang atlet profesional sekalipun. Salah satu bentuk cedera yang sering dialami adalah cedera hamstring yang dapat mengganggu kemampuan anggota tubuh dan menghambat aktivitas.

Lantas, bagaimana cara menyembuhkan cedera hamstring? Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Cedera hamstring adalah

Merupakan suatu kondisi ketika otot hamstring yang terletak di bagian belakang paha tertarik atau robek. Cedera ini akan memicu rasa sakit dan nyeri di bagian belakang kaki. Hamstring adalah sekelompok otot yang terdiri dari 3 otot besar di bagian belakang paha.

Otot-otot hamstring tidak banyak digunakan ketika berdiri atau berjalan, tetapi sangat aktif ketika melakukan aktivitas yang melibatkan menekuk lutut seperti berlari, melompat, memanjat, dan aktivitas yang mulai dan berhenti secara tiba-tiba.

Menarik otot-otot hamstring adalah hal biasa, terutama pada atlet yang sering berlari cepat. dengan gerakan awal dan akhir yang tiba-tiba.

Beberapa olahraga yang berisiko tinggi memicu cedera ini antara lain lari sprint, tenis, sepak bola, dan bola basket. Selain atlet, cedera otot hamstring juga sering terjadi pada penari.

Selain atlet, cedera otot hamstring juga sering terjadi pada penari. Cedera ini dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:

  • Tingkat pertama: tarikan ringan pada otot (regangan)
  • Tingkat kedua: robekan di bagian otot hamstring.
  • Dan, ketiga: robekan seluruh otot hamstring.

Pada cedera hamstring ringan, gejalanya dapat membaik dengan istirahat, penggunaan pereda nyeri yang dijual bebas, dan kompres es. Namun, untuk kasus yang lebih parah, diperlukan pengobatan yang lebih spesifik dan waktu penyembuhan yang lebih lama.

Penyebab cedera hamstring

Disebabkan oleh adanya tarikan satu atau lebih otot di paha karena beban yang berlebihan. Biasanya terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas yang melibatkan banyak gerakan seperti berlari dan melompat. Selain itu, penyebab lain adalah sebagai berikut:

  • Jangan melakukan pemanasan sebelum berolahraga.
  • Fleksibilitas otot yang buruk.
  • Riwayat cedera sebelumnya.
  • Otot-otot di bagian depan paha dalam keadaan rileks.
  • Kelemahan otot di bokong.

Kondisi cedera hamstring

Kondisi cedera ini yang terjadi berdasarkan derajat keparahannya adalah:

  • Grade 1, tiba-tiba sakit dan nyeri di bagian belakang paha.
  • Gejala tingkat 2, tingkat 1 ditambah pembengkakan dan memar di paha belakang dan kelemahan otot pada kaki yang cedera.
  • Gejala 3, gejala pada tingkat 2 ditambah sensasi robek atau patah dan hilangnya kemampuan kaki yang terluka untuk menopang berat badan.

Ciri ciri cedera hamstring

Cedera ringan memiliki intensitas nyeri yang relatif ringan. Namun, pada cedera yang parah, rasa sakitnya akan sangat menyiksa hingga membuat seseorang tidak bisa berjalan atau bahkan berdiri. Gejala cedera lain yang bisa muncul adalah:

  1. Nyeri tajam dan tiba-tiba di bagian belakang paha
  2. Merasakan ‘letusan’ atau sensasi seperti ada sesuatu yang tidak pada tempatnya di kaki atau sensasi robek.
  3. Pembengkakan
  4. Area hamstring terasa sakit saat kamu sentuh atau tekan
  5. Memar atau perubahan warna pada bagian belakang kaki
  6. Kelemahan otot atau ketidakmampuan untuk memberi beban pada kaki yang cedera

Bahaya cedera hamstring

Cedera ini bisa menyebabkan tulang patah. Ini karena otot robek saat seseorang mengalami cedera. Otot yang robek dan terlepas dari tulang menyebabkan sejumlah tulang kecil di tubuh tertarik sehingga menyebabkan patah tulang.

Ada banyak hal yang meningkatkan cedera pada seseorang. Beberapa di antaranya adalah faktor usia, olahraga berlebihan, saraf bawah terjepit dan juga karena kelelahan atau kondisi kesehatan yang buruk.

Gejala seseorang yang menderita cedera ini antara lain nyeri di bagian belakang kaki saat berolahraga, bengkak, memar, berkurangnya kelenturan, menurunnya daya tahan saat berlari atau berdiri, serta nyeri dan nyeri tekan di bagian belakang kaki. Pastikan lakukan pemanasan sebelum berolahraga dan mempraktikkan teknik latihan yang benar.

Cara menyembuhkan cedera hamstring dengan cepat

Dalam kebanyakan kasus, cedera hamstring ringan hingga sedang akan sembuh dengan sendirinya. Kamu hanya perlu memberikannya sekitar beberapa bulan. Namun, kamu bisa melakukan beberapa langkah untuk mempercepat penyembuhan cedera, seperti:

1. Istirahatkan kaki dari gerakan atau aktivitas yang berat

Proses pemulihan dari cedera ini bisa lebih cepat jika kaki yang cedera tidak digunakan untuk melakukan aktivitas berat selama beberapa waktu. Aktivitas berat akan menambah beban pada otot dan ligamen, sehingga kerusakan yang terjadi tidak segera pulih. Jika perlu, gunakan tongkat agar tidak membebani kaki yang cedera.

2. Kompres kaki dengan es

Menerapkan es ke kaki yang terluka dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak. Kompres area yang cedera selama 20-30 menit setiap tiga hingga empat jam selama 2-3 hari, atau setidaknya sampai rasa sakitnya hilang.

3. Bungkus kaki dengan perban elastis

Membungkus area kaki yang cedera dapat mempercepat pemulihan dari pembengkakan.

4. Tinggikan kaki kamu menggunakan bantal

Mengganjal kaki dengan bantal saat duduk atau berbaring akan mengurangi stres pada otot, yang akan mempercepat proses pemulihan.

5. Minum obat

Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit dan obat anti inflamasi seperti ibuprofen dapat membantu meredakan rasa sakit untuk sementara.

Obat ini juga dapat meredakan pembengkakan. Namun perlu diingat bahwa obat penghilang rasa sakit bukanlah perawatan yang menargetkan pemulihan otot. Jadi agar cederanya sembuh, kamu tetap perlu melakukan langkah pengobatan lain.

6. Lakukan latihan peregangan dan penguatan

Beberapa pasien mungkin juga disarankan untuk menjalani terapi fisik untuk meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot hamstring, sehingga otot dapat digerakkan kembali.

7. Operasi

Dalam beberapa kasus cedera yang parah, kamu mungkin memerlukan pembedahan. Dalam hal ini, ahli bedah akan memperbaiki otot dan memasangnya kembali sehingga dapat berfungsi seperti semula.

Cedera hamstring adalah cedera pada otot hamstring, yang berada di paha kaki. Cedera pada hamstring bisa dicegah dengan mudah. Sebelum olahraga, pastikan kamu melakukan pemanasan untuk mempersiapkan otot-otot kamu untuk beraktivitas.

Share artikel ini
Reference