psikoterapi

Psikoterapi adalah usaha penyembuhan untuk masalah yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. Banyak yang menyebut metode ini sebagai terapi kejiwaan atau mental oleh seorang psikoterapis.

Metode psikoterapi ini dilakukan dengan mempertimbangkan fakta terkait aspek-aspek kesehatan mental manusia seperti cara berpikir, proses emosi, persepsi, kepercayaan, perilaku dan kebiasaan yang dapat diubah melalui pendekatan psikologis.

Psikoterapi adalah

Psikoterapi adalah istilah umum yang digunakan sebagai proses dari pengobatan terhadap gangguan mental dan psikologis dengan teknik verbal. Salah satu penyakit mental yang bisa dengan psikoterapi yaitu bipolar. Dalam prosesnya, psikoterapis akan memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan perilaku dan perasaan pasien.

Ada berbagai teknik untuk melakukan psikoterapi, tergantung pada psikoterapis yang menanganinya. Tetapi, hampir semua psikoterapis melibatkan teknik terapeutik, berkomunikasi dengan menciptakan dialog dan berusaha mengatasi pikiran atau perilaku yang bermasalah.

Tujuan dari Psikoterapi

Dalam pengobatannya sendiri, psikoterapis tentunya memiliki tujuan utama kesembuhan dan pemulihan setiap pasien. Secara khusus tujuan dari psikoterapis adalah sebagai berikut:

  1. Menyelesaikan konflik klien dengan pasangan atau orang lain.
  2. Meredakan stres atau kecemasan karena suatu peristiwa atau situasi tertentu.
  3. Membantu pasien menjalani hidup dengan lebih baik setelah melewati sebuah peristiwa besar yang sangat berpengaruh dalam hidupnya seperti perceraian, kematian, atau kehilangan pekerjaan.
  4. Memiliki kemampuan untuk belajar mengelola emosi dan respon dalam menghadapi sebuah masalah.
  5. Memiliki mental yang kuat dan sehat ketika menghadapi sebuah gangguan kesehatan fisik yang berat atau kronis.
  6. Dapat memulihkan diri dari pelecehan seksual termasuk abusive relationship atau trauma terhadap kekerasan.
  7. Mengatasi kesulitan tidur supaya bisa tidur lebih nyenyak dan sehat.

Jenis- jenis Psikoterapi

Psikoterapis atau ahli psikolog memiliki teknik terapi yang berbeda-beda. Jenis terapi akan digunakan sesuai dengan gangguan atau penyakit yang diderita klien atau dapat dengan menggabungkan beberapa teknik untuk kesembuhan klien.

  • Terapi perilaku kognitif atau CBT merupakan teknik yang membantu mengidentifikasi, mengubah pola pikir dan perilaku yang berbahaya dan menggantinya dengan pikiran dan perilaku yang fungsional.
  • Terapi interpersonal atau IPT adalah bentuk terapi jangka pendek. Pengobatan ini membantu lebih memahami masalah interpersonal yang menjadi sumber gangguan mental seperti kesedihan yang terus menerus, perubahan peran sosial, konflik dengan orang lain atau masalah lainnya.
  • Terapi perilaku dialektis merupakan terapi CBT yang khusus membantu mengelola emosi. Teknik ini sering digunakan untuk mengobati orang yang memiliki keinginan untuk bunuh diri dengan gangguan kepribadian, gangguan makan dan PTSD.
  • Terapi psikodinamik yang memiliki dasar bahwa perilaku seseorang terpengaruh oleh pengalaman masa kecil dan pikiran atau perasaan yang berulang secara tidak mereka sadari.
  • Psikoanalisis merupakan terapi psikodinamik yang lebih intens dengan lebih banyak sesi dialog.
  • Terapi suportif dengan bimbingan supaya pasien dapat mengembangkan potensi diri sendiri. Hal ini dapat membantu membangun rasa percaya diri, mengurangi kecemasan dan meningkatkan kemampuan sosial.

Selain itu, ada juga terapi tambahan yang terkadang digunakan selain dari jenis-jenis yang di atas.

  • Terapi dengan bantuan hewan peliharaan atau yang dapat membantu membangung suasana yang nyaman.
  • Menggunakan media seni baik musik atau lukis.
  • Terapi bermain untuk membantu anak-anak mengelola dan mengidentifikasi emosi yang mereka rasakan.

Siapa saja yang Dapat Melakukan Psikoterapi?

Tidak sembarang orang bisa melakukan psikoterapi, bahkan untuk mereka yang sudah mempunyai pendidikan psikolog. Mengapa? Karena perlu ilmu yang cukup dan kemampuan identifikasi yang teliti, sehingga perlu dilakukan oleh ahli yang terlatih. Psikoterapi ini juga dilakukan untuk membantu orang lain keluar dari masalah berat yang sedang dihadapinya. Untuk itu, perlu metode dan teknik penyembuhan yang tepat.

Psikoterapi adalah pengobatan pada orang yang merasakan kesedihan luar biasa, kecemasan berlebih, kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari, pengguna obat-obatan terlarang atau alkohol. Semua orang yang merasa terganggu dengan pikiran, perasaan, atau perilaku diri sendiri, sebaiknya melakukan psikoterapis.

Tidak perlu menunggu kondisi hingga semakin memburuk untuk melakukan terapi ini. Sebagai langkah utama, kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog yang membuatmu nyaman. Kamu harus mengatakan semua hal yang mengganggumu dengan jujur dan terbuka. Sehingga sangat penting menemukan psikolog yang nyaman untukmu.

 

Share artikel ini
Reference