Cara turun kelas bpjs kesehatan

Setiap orang perlu memperhatikan kondisi kesehatannya. Salah satu caranya dengan menjamin kesehatannya melalui kepesertaan BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan memberikan layanan dalam tiga kelas yang berbeda. Perbedaannya terletak pada jumlah iuran yang dibayar setiap bulan dan layanan rawat inap yang diberikan.

Jika kamu merasa iuran bulanan kelas yang sekarang sulit ditanggung, sebenarnya kamu bisa menurunkan kelasnya. Ada beberapa cara turun kelas BPJS yang bisa kamu lakukan. Agar tidak keliru, yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut!

Apa itu kelas di BPJS?

Fasilitas BPJS merupakan fasilitas asuransi medis untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pesertanya yang membayar iuran setiap bulan. Fasilitas ini dapat berupa puskesmas, klinik, rumah sakit maupun praktek dokter.

Kelas di BPJS adalah tingkatan pelayanan kesehatan yang bisa kamu peroleh sebagai peserta BPJS. Kelas di BPJS terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu kelas 1 sampai 3. Semakin tinggi kelas yang dipilih, maka semakin baik pula ruangan inap yang diperoleh.

Perbedaan kelas di BPJS

Setiap kelas di BPJS memiliki perbedaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaannya.

Iuran bulanan

  • Peserta BPJS kelas 1 harus membayar iuran bulanan sebesar Rp 150.000
  • Peserta BPJS kelas 2 harus membayar iuran bulanan sebesar Rp 100.000
  • Peserta BPJS kelas 3 harus membayar iuran bulanan sebesar Rp 35.000

Layanan rawat inap

Peserta BPJS kelas 1 akan memperoleh kamar inap dengan jumlah pasien yang sedikit, yaitu sebanyak 2 sampai 4 orang saja. Pasien juga bisa pindah ke kamar VIP namun perlu membayar biaya tambahan.

Peserta BPJS kelas 2 akan mendapatkan kamar inap dengan kapasitas sebanyak 3 sampai 5 orang. Tetapi, sama seperti kelas 1, pasien bisa pindah ke kamar VIP jika membayar biaya tambahan di luar tanggungan BPJS.

Peserta BPJS kelas 3 biasanya akan mendapatkan kamar inap dengan kapasitas orang sebanyak 4 hingga 6 orang. Tetapi, di beberapa rumah sakit tertentu, ada yang kamar inapnya memiliki kapasitas pasien yang lebih banyak lagi.

Bagaimana cara turun kelas BPJS?

Turun kelas BPJS dapat dilakukan dengan mudah karena mulai tanggal 30 April 2020, BPJS Kesehatan sudah mengeluarkan program PRAKTIS, yaitu Perubahan Kelas Tidak Sulit. Program ini memungkinkan peserta BPJS untuk menurunkan kelasnya dengan cepat, tidak perlu menunggu sampai setahun. Perubahan kelas BPJS dapat dilakukan dalam beberapa cara, yaitu:

1. Melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500 400

Salah satu cara turun kelas BPJS adalah dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan. Sebelum menelepon, kamu bisa menyiapkan data-data seperti nomor kartu BPJS, NIK, nomor KK, dan sebagainya. Petugas BPJS Kesehatan biasanya akan menanyakannya.

2. Mendatangi kantor BPJS Kesehatan

Cara ini biasanya dilakukan oleh peserta BPJS Kesehatan yang masih belum paham cara menggunakan aplikasi Mobile JKN. Peserta juga bisa langsung mendatangi kantor BPJS Kesehatan jika tidak mempunyai fasilitas smartphone. Peserta yang di daerahnya kurang sinyal juga sebaiknya menggunakan cara ini.

  • Sebelum mengunjungi kantor BPJS Kesehatan, kamu bisa menyiapkan beberapa dokumen seperti KK, kartu BPJS, dan KTP.
  • Isilah formulir, lalu ambil nomor antrian.
  • Tunggu sampai nomor antrian kamu dipanggil. Setelah itu, datangi loketnya dan berikan dokumen dan formulirnya kepada petugas.

3. Melalui aplikasi Mobile JKN

Melakukan perubahan kelas bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN yang telah tersedia pada IOS maupun Android. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk turun kelas melalui Mobile JKN.

  • Buka Google Play Store atau App Store dan download aplikasi Mobile JKN
  • Jika kamu user baru, kamu harus mendaftarkan akun terlebih dahulu. Caranya, klik menu Daftar, kemudian pilih Aktivasi Akun.
  • Isi semua data pada kolom yang tersedia, seperti nomor kartu BPJS, NIK, nomor HP, password, dan alamat e-mail. Setelah itu, klik Register.
  • Masukkan kode verifikasi. Kode tersebut dapat kamu cek pada e-mail.
  • Apabila proses verifikasi berhasil dilakukan, tandanya akun kamu sudah terdaftar. Login pada akun dengan memasukkan e-mail atau nomor kartu BPJS dan captcha.
  • Jika sudah login, akan ada beberapa pilihan menu. Klik menu Ubah Data Peserta kemudian pilih Kelas. Ubah kelas sesuai dengan yang kamu inginkan.

4. Melalui mobile customer service (MCS)

Cara turun kelas BPJS lainnya adalah menggunakan MCS. MCS merupakan layanan keliling yang diadakan oleh BPJS Kesehatan. Kamu bisa mendatangi mobil keliling ini berdasarkan jadwal tempat dan waktunya. Jadwal ini biasanya bisa kamu lihat melalui media sosial BPJS Kesehatan. Ketika menggunakan layanan keliling ini, biasanya kamu akan mengisi formulir dan menunggu antrian untuk mengubah kelas BPJS.

5. Mal pelayanan publik (MPP)

Selain itu, kamu juga bisa mengurus perubahan kelas dengan mendatangi mall pelayanan publik. Kamu akan mengisi formulir dan menunggu sampai mendapat giliran pelayanan dari petugas. Jangan lupa untuk membawa persyaratan yang diperlukan.

Syarat turun kelas BPJS terbaru

Untuk mengajukan perubahan kelas, seperti turun kelas dibutuhkan beberapa persyaratan. Beberapa syarat yang perlu kamu penuhi, antara lain:

  • Status BPJS kamu dalam keadaan aktif dan tidak ada iuran yang belum dibayar.
  • Kamu harus terdaftar sebagai peserta BPJS paling tidak satu tahun pada kelas yang sekarang.
  • Apabila kamu melakukan pergantian kelas pada bulan berjalan, maka pergantiannya akan mulai berlaku pada bulan berikutnya.
  • Pergantian kelas ini akan diberlakukan pada semua anggota keluarga yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Pengajuan pergantian kelas ini tidak bisa dilakukan oleh peserta penerima upah. Jadi, pengajuannya hanya bisa dilakukan oleh peserta mandiri saja. Kelas bagi peserta penerima upah akan terdaftar pada kelas yang telah disesuaikan oleh BPJS.

Pergantian kelas juga hanya dapat dilakukan saat iuran pada bulan berjalan sudah dibayar. Jika kamu akan mendatangi kantor BPJS Kesehatan secara langsung, maka jangan lupa untuk membawa dokumen yang diperlukan sebagai syarat perubahan kelas. Dokumen yang biasanya perlu dibawa antara lain:

  • Kartu identitas berupa KTP
  • Kartu keluarga
  • Kartu BPJS

Jika perubahan kelas sudah berhasil dilakukan, maka bayarlah iuran secara tepat waktu. Pembayaran iuran kepesertaan BPJS bisa dilakukan melalui Alfamart, Indomaret, kantor pos, mitra perbankan, dompet digital, dan beberapa e-commerce.

Kelebihan dan kekurangan turun kelas BPJS

Kelebihan dan kekurangan turun kelas BPJS adalah:

Kelebihan

Jika kamu berhasil melakukan penurunan kelas, biaya iuran yang harus kamu bayar akan lebih rendah. Jika sebelumnya kamu berada di kelas 2 dan sekarang berada di kelas 3, maka kamu hanya perlu membayar iuran sebesar Rp 35.000 per bulan. Iurannya terbilang lebih ringan dibandingkan kelas sebelumnya yang mengharuskan kamu membayar Rp 100.000 per bulan.

Kekurangan

Kekurangannya berpengaruh pada kualitas pelayanan yang diberikan, terutama pada pelayanan rawat inap. Pada kelas 3, biasanya dalam satu ruangan terdiri atas enam orang pasien, sementara pada kelas 2 satu ruangannya hanya terdiri atas dua sampai tiga pasien saja.

Tips memilih kelas BPJS yang tepat

Jika kamu mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Mandiri, kamu harus memilih kelasnya. Ikutilah beberapa tips memilih kelas BPJS yang tepat berikut ini.

1. Pertimbangkan besar iuran bulanan setiap kelas

Setiap kelas memiliki iuran bulanan yang berbeda, kelas 1 memiliki iuran bulanan paling tinggi dan kelas 3 memiliki iuran bulanan paling rendah. Jadi, kelas yang akan kamu pilih mempengaruhi jumlah iuran yang perlu kamu bayar setiap bulan.

Kamu juga perlu ingat bahwa semua anggota keluarga yang ada di KK harus didaftarkan semuanya. Semakin banyak anggota keluarga yang kamu miliki, otomatis iuran yang perlu dibayar semakin banyak pula.

2. Pertimbangkan lagi bila ingin memilih kelas 3

Kelas 3 pada BPJS memang memiliki iuran bulanan yang paling rendah. Namun, ada aturan yang menyatakan bahwa kelas 3 tidak bisa mengajukan naik kelas. Jika kamu ingin naik kelas perawatan, solusinya dirujuk ke rumah sakit lain atau naik kelas perawatan namun sebagai pasien umum.

3. Pilih kelas yang sesuai dengan kemampuan finansial

Penting untuk memilih kelas sesuai dengan kemampuan. Tujuannya supaya kamu tidak sampai menunggak pembayaran karena merasa terbebani dengan iurannya. Jika kamu menunggak dengan maksimal 12 bulan tunggakan, kamu akan dikenakan denda.

Ternyata, mengurus perubahan kelas BPJS tidak susah, bukan? Caranya cukup mudah, bahkan ada banyak opsi yang bisa kamu pilih. Jadi, jika kamu memerlukan informasi lebih lanjut mengenai kepesertaan BPJS, tidak usah ragu untuk menghubungi call center dan media sosial BPJS, atau mendatangi kantornya secara langsung ya.

Share artikel ini
Reference