cara pakai psikiater bpjs

Kebanyakan orang masih tidak menyadari betapa pentingnya memahami kondisi mental dan berkonsultasi dengan psikolog. Ada banyak faktor yang memicu hal ini terjadi. Selain stigma sosial seputar kesehatan mental, sebagian orang merasa biaya menemui psikiater terlalu mahal bagi mereka.

Padahal, saat ini sudah ada banyak psikiater BPJS. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi karena sebagian biaya pemeriksaan dan pengobatan penyakit jiwa akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Apa itu psikiater?

Psikiatri adalah cabang ilmu kedokteran. Jadi siapapun yang ingin menjadi psikiater, ia harus terlebih dahulu menjalani pendidikan sarjana kedokteran. Setelah menyelesaikan studi mereka dan mendapatkan gelar dokter, mereka harus belajar psikiatri lagi selama 4 tahun agar bisa menjadi psikiater.

Jadi, seorang psikiater sangat memahami diagnosis dan pengobatan yang dapat dilakukan untuk setiap kondisi psikologis pasien yang kompleks, seperti gangguan bipolar dan skizofrenia. Setelah melewati masa residensi, seorang psikiater akan mendapat gelar Dokter dan Sp.KJ (Spesialis Kesehatan Jiwa).

Sebagai seorang dokter, psikiater dapat meresepkan obat (farmakoterapi), melakukan terapi stimulasi otak, pemeriksaan fisik, dan pengujian tergantung pada kebutuhan pasien.

Cara ke psikiater pakai BPJS

Para penderita kesehatan mental kini bisa bernapas lega karena mereka bisa mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan dengan biaya minimal. Namun, kamu harus mengikuti setiap prosedur dengan benar untuk bisa menikmati layanan yang disediakan BPJS ini. Nah, berikut ini cara menemui psikiater BPJS.

1. Cari tahu poli jiwa yang tersedia

Cari tahu apakah puskesmas terdekat menawarkan layanan poli psikiatri. Hal ini karena beberapa puskesmas tidak menawarkan layanan ini. Oleh karena itu, diperlukan rujukan ke rumah sakit lain.

2. Lengkapi berkas administrasi

Proses kedua adalah menyiapkan catatan administrasi. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa kamu adalah peserta BPJS yang aktif. Perlengkapan yang harus dibawa adalah fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, surat keterangan diagnosis, dan kartu BPJS asli. Selanjutnya, kunjungi puskesmas atau pusat rujukan terdekat. Pastikan lokasi menerima permintaan BPJS.

3. Sesi konseling

Setelah melalui beberapa tahapan, saatnya pasien diwawancarai oleh psikiater BPJS. Cobalah untuk terbuka tentang masalah yang kamu alami. Jika hasil konsultasi menunjukkan bahwa obat dapat mendukung pemulihan, psikiater akan melakukan serangkaian tes dan meresepkan obat kepada pasien. Pasien dapat membelinya di apotek dan meminumnya dalam dosis yang ditentukan.

4. Lakukan konseling secara berkala

Gangguan mental tidak bisa langsung disembuhkan. Hal ini membutuhkan waktu dan usaha ekstra. Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan psikiater BPJS secara teratur untuk melihat efektivitas perawatan dan pengobatan. Dalam beberapa kasus, konseling dihentikan karena salah satu pihak lelah menjalani proses pemulihan kesehatan mental.

Bagaimana proses konsultasi psikiater dengan BPJS?

Ada beberapa proses yang harus kamu jalani saat konsultasi dengan psikiater BPJS, yaitu:

Konsultasi tentang kondisimu

Setelah melalui proses administrasi, kamu biasanya diminta untuk antri terlebih dahulu untuk menemui psikiater. Kamu mungkin akan diminta untuk menjalani tes psikologi yang jawabannya harus sesuai dengan kondisimu sekarang. Tujuan tes ini adalah agar psikiater BPJS dapat mengetahui secara akurat bagaimana kondisi mentalmu saat ini.

Tebus obat

Setelah sesi konseling selesai, psikiater mungkin akan meresepkan obat tertentu untukmu. Obat-obatan ini dimaksudkan untuk meredakan gejala dan gangguan yang kamu alami. Kamu bisa membeli obat yang diresepkan oleh psikiater BPJS di apotek rumah sakit dan biayanya langsung ditanggung BPJS. Namun, jika resep yang sama kamu gunakan untuk tebus obat di apotek luar, biaya ditanggung oleh kamu sendiri.

Macam-macam kondisi yang memerlukan psikiater BPJS

Jika masalah kesehatan mental yang kamu miliki tidak dapat ditangani oleh psikologi, menemui psikiater BPJS bisa menjadi pilihan. Psikiater bertanggung jawab untuk menangani masalah kesehatan mental yang parah atau memerlukan perawatan tambahan.

Segera konsultasikan ke psikiater jika kamu memiliki kondisi seperti bipolar, skizofrenia, depresi, gangguan kecemasan, gangguan stres pasca trauma (PTSD), dan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Psikiater akan membantumu mengatasi masalah dan memberikan obat sesuai kebutuhanmu.

Share artikel ini
Reference