Hipotensi juga dikenal sebagai tekanan darah rendah, merujuk pada kondisi medis di mana tekanan darah turun di bawah 90/60 mmHg. Secara umum, tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg, meskipun rentang normal dapat bervariasi antar individu.

Cara mengatasi darah rendah secara cepat bisa dengan berbagai cara, seperti meningkatkan asupan garam, minum air putih cukup, dan konsumsi obat yang tepat dari dokter.

Apabila tekanan darah atau tensi terlalu rendah, berbagai gejala yang tidak nyaman seperti pusing dan lemas dapat muncul. Lantas, apakah darah rendah bisa sembuh? Yuk ketahui cara mengatasi darah rendah segera!

Cara mengatasi darah rendah secara cepat

Saat puasa gula darah menjadi rendah

Langkah pertama yang penting dalam pengobatan darah rendah adalah memahami penyebabnya. Jika hipotensi adalah kondisi bawaan dan tidak menimbulkan masalah kesehatan, biasanya pengobatan tidak diperlukan.

Namun, jika tekanan darah rendah disebabkan oleh penggunaan obat-obatan, biasanya dokter akan menyesuaikan dosis atau memberikan alternatif lain.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat untuk meningkatkan tekanan darah, berikut cara cepat dan alami yang dapat kamu coba untuk mengatasi darah rendah segera:

1. Cukupi kebutuhan air sehari-hari

Memperbanyak asupan cairan dapat meningkatkan volume darah serta membantu mencegah dehidrasi. Kedua faktor ini memiliki peranan penting dalam penanganan hipotensi.

Oleh karena itu, jika kamu mengalami tekanan darah rendah, disarankan untuk rutin mengonsumsi air putih dalam jumlah yang mencukupi, kisaran 8-10 gelas per hari, disesuaikan dengan tingkat aktivitas kamu.

2. Makan dengan porsi kecil, tetapi sering

Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering dapat membantu mencegah hipotensi postprandial, terutama setelah makan makanan tinggi karbohidrat. Oleh karena itu, disarankan untuk mengubah pola makan dengan mengambil makanan dalam porsi kecil namun lebih sering.

Penyebab Saat Berpuasa Kadar Gula Dalam Darah Menjadi Rendah

3. Berdiri secara bertahap

Setelah bangun tidur di pagi hari, hindari langsung berdiri tegak. Lakukan peregangan di tempat tidur atau gerakan fisik lainnya untuk memicu detak jantung dan aliran darah di seluruh tubuh.

Juga, ketika akan berdiri setelah duduk dalam waktu lama, disarankan untuk melakukan gerakan badan terlebih dahulu sebelum berdiri.

4. Konsumsi lebih banyak garam

Cara mengatasi darah rendah secara cepat bisa dengan cara konsumsi garam dalam makanan sehari-hari guna membantu meningkatkan tekanan darah kamu.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa peningkatan konsumsi garam tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Pada situasi tertentu, konsumsi garam yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung, terutama pada orang dewasa usia lanjut.

Oleh karena itu, sebelum meningkatkan asupan garam dalam makanan harian, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan bahwa langkah tersebut sesuai dengan kondisi kesehatan kamu.

Darah rendah harus makan dan minum apa?

Berikut adalah berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi untuk membantu tekanan darah rendah kamu menjadi normal, seperti:

1. Hindari karbohidrat

Hindari konsumsi karbohidrat yang cepat dicerna, seperti roti putih, nasi putih, kentang, dan minuman manis. Sebaliknya, pilih makanan yang dicerna perlahan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil setelah makan.

Misalnya, biji-bijian utuh, kacang polong, dan makanan berprotein yang diolah menggunakan minyak sehat.

2. Makanan sumber vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dan folat bisa menyebabkan anemia dan menurunkan tekanan darah. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B12 meliputi:

  • Ikan, daging, unggas
  • Produk susu
  • Telur
  • Sereal sarapan yang diperkaya dan ragi nutrisi

3. Makanan yang mengandung folat

Berikut berbagai makanan yang mengandung asam folat, seperti:

  • Bayam, asparagus, kubis Brussel
  • Hati, daging, unggas
  • Buah dan jus buah
  • Kacang, buncis, kacang polong
  • makanan laut
  • Telur
  • Produk susu
  • Biji-bijian

4. Konsumsi kopi

Konsumsi kopi, coklat panas, atau minuman berkafein lainnya juga Cara mengatasi darah rendah secara cepat untuk membantu meningkatkan tekanan darah.

Sebaiknya, minum kopi saat pagi hari saat sarapan atau makan siang. Hal ini membantu meningkatkan tekanan darah rendah sebelumnya. Perlu diingat, kopi memiliki manfaat kesehatan lain selama dikonsumsi dengan sewajarnya.

5. Jus lemon

Ternyata, buah yang kaya vitamin C ini memiliki efektivitas dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Lemon ini bisa digunakan untuk mengobati darah rendah, jika disebabkan dehidrasi.

Untuk mengubah jus lemon menjadi obat untuk tekanan darah rendah, kamu dapat mencampurkannya dengan sedikit garam dan gula.

Garam membantu meningkatkan volume tekanan darah, sementara gula meningkatkan energi untuk tubuh.

Apakah darah rendah bisa sembuh?

Pengobatan untuk tekanan darah rendah umumnya dimulai dengan pengidentifikasian penyebabnya. Jika penyebabnya dapat diatasi secara langsung oleh penyedia layanan kesehatan, biasanya hipotensi akan membaik dengan sendirinya.

Contohnya, jika hipotensi disebabkan oleh cedera dan kehilangan darah, penanganan cedera dan transfusi darah dapat mengatasi hipotensi selama pemulihan cedera.

Jika kamu mengonsumsi obat yang memengaruhi tekanan darah, dokter mungkin akan menyesuaikan dosis atau menghentikan obat tersebut sepenuhnya.

Jika penyebabnya masih belum jelas, pengobatan langsung mungkin diperlukan. Namun, kesembuhan dari darah rendah hanya mungkin terjadi jika ada penyebab mendasar yang dapat diatasi.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference