breast cancer awareness month

Breast cancer awareness month adalah kampanye kesehatan internasional yang diadakan setiap bulan Oktober.  Hal ini bertujuan untuk mempromosikan skrining dan pencegahan penyakit, yang mempengaruhi 2,3 juta wanita di seluruh dunia. Biasanya breast cancer awareness month diperingati dengan simbol pita pink.

Pada tahun 2024, lebih dari 360.000 orang didiagnosis menderita kanker payudara. Tapi ada masih ada harapan untuk sembuh. Kemajuan dalam metode deteksi dini dan dukungan terus meningkatkan peluang bertahan hidup. Ketika terdeteksi lebih awal, tingkat kelangsungan hidup juga akan meningkat. 

Kapan Breast Cancer Awareness Month diperingati?

Bulan Oktober biasanya menjadi Bulan Kesadaran Kanker Payudara (Breast Cancer Awareness Day), Menurut Yayasan Kanker Payudara Nasional, satu dari delapan wanita akan mengalami kanker payudara dalam hidup mereka. Ini adalah kanker yang paling umum di antara wanita Amerika.

Asal-usul perayaan Bulan Kesadaran Kanker Payudara

Peringatan ini dimulai pada tahun 1985 sebagai kampanye kesadaran selama seminggu yang dilakukan oleh American Cancer Society, bekerja sama dengan Imperial Chemical Industries. Kampanye ini pun diperpanjang menjadi acara selama sebulan. Pada tahun 1992, pita merah muda (pink) mulai digunakan.

Acara peringatan Bulan Kesadaran Kanker Payudara semakin menjadi sorotan kala itu lantaran Betty Ford, istri Presiden AS ke-38 Gerald Ford, merupakan seorang penyintas kanker payudara. Betty pun menjadi salah satu sosok yang mendorong terwujudnya acara peringatan tersebut.

Adapun penggunaan pita pink untuk tujuan tertentu dimulai pada tahun 1979. Pita pink kemudian mulai dibagikan setelah pada saat peringatan Bulan Kesadaran Kanker Payudara tahunannya. Inilah mengapa Bulan Kesadaran Kanker Payudara juga dikenal dengan nama Pink Month.

Menurut laman salah satu organisasi kanker payudara di Amerika Serikat, Susan G. Komen, desain pita pink telah dirilis pada tahun 1982. Pita pink ini sebagai bentuk dukungan dan kenangan untuk Susan G. Pada tahun 1992 pita pink digunakan sebagai simbol kampanye oleh perusahaan kosmetik Estee Lauder. Mereka membagikan sekitar 1,5 juta pita pink dan mengusulkannya sebagai lambang dari bulan kesadaran Kanker Payudara Sedunia.

Menariknya, warna pita tersebut awalnya dicanangkan peach atau warna persik. Namun berkat usaha gigih Estee Lauder yang bekerja sama dengan majalah Self, warna pink diputuskan sebagai simbol bulan kesadaran Kanker Payudara Sedunia yang hingga kini digunakan oleh organisasi di seluruh dunia

Berikut beberapa gejala dan cara deteksi kanker payudara agar kamu bisa lebih waspada. Ingat, lebih baik mengetahui lebih dini daripada terlambat!

Gejala kanker payudara

Tanda dan gejala kanker payudara mungkin termasuk:

  • Benjolan payudara atau area kulit yang menebal yang terasa berbeda dari jaringan di sekitarnya.
  • Puting yang terlihat rata atau berputar ke dalam.
  • Perubahan warna kulit payudara. Pada orang dengan kulit putih, kulit payudara mungkin terlihat merah muda atau merah. Pada orang dengan kulit coklat dan hitam, kulit payudara mungkin terlihat lebih gelap daripada kulit lain di dada atau mungkin terlihat merah atau ungu.
  • Perubahan ukuran, bentuk, atau penampilan payudara.
  • Perubahan pada kulit di atas payudara, seperti kulit yang terlihat berlesung pipit atau terlihat seperti kulit jeruk.
  • Mengupas, bersisik, berkerak atau mengelupas pada kulit di payudara.

Cara deteksi dini kanker payudara sebelum terlambat

 Kanker payudara jauh lebih mudah diobati dan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang jauh lebih baik ketika tertangkap pada tahap awal. Itulah mengapa mendapatkan pemeriksaan rutin adalah bagian penting dari perawatan kesehatan wanita.

Menurut ACSTrusted Source, pedoman skrining berikut direkomendasikan untuk wanita dengan risiko rata-rata untuk kanker payudara:

  • Antara 40 dan 44 tahun : Pilihan untuk memulai mammogram tahunan
  • Antara 45 dan 54 tahun : Sangat dianjurkan untuk melakukan mammogram tahunan
  • Lebih dari 55 tahun : Dianjurkan untuk melakukan mammogram setiap 2 tahun, tetapi dapat memilih mammogram tahunan

Wanita dengan risiko kanker payudara (riwayat keturunan) sangat dianjurkan untuk melakukan skrining lebih sering, dimulai lebih awal dari usia 40 tahun. Jika risiko ada keturunan kami juga harus melakukan skrining MRI payudara.

Bicaralah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut tentang faktor risiko dan untuk menentukan rencana skrining yang sesuai.


Penulis: Anggraini Nurul 

Share artikel ini
Reference