erlagin obat apa

erlagin obat apa

Erlagin adalah obat yang digunakan untuk mengatasi nyeri atau peradangan di jaringan tubuh tertentu seperti saraf dan persendian.

Hal ini biasanya disebabkan oleh diabetes, cedera, dan penyakit lainnya yang kemudian mengakibatkan nyeri saraf atau neuropati.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas mengenai obat erlagin berikut ini.

Erlagin obat apa?

Dari komposisinya, erlagin adalah obat yang mengandung paracetamol dan vitamin B kompleks, seperti vitamin B1, B6, dan B12 untuk mengobati radang saraf. 

Obat ini dapat kamu konsumsi sebelum atau sesudah makan. 

Cara kerja obat ini adalah dengan mengombinasikan antara vitamin B dan paracetamol untuk melawan rasa nyeri pada area peradangan. 

Jika dilihat dari fungsinya masing-masing, kandungan paracetamol dalam erlagin digunakan untuk mengobati nyeri ringan hingga sedang untuk kondisi sakit kepala, menstruasi, sakit gigi, sakit punggung, osteoartritis, dlu, dan demam.

Sedangkan kandungan vitamin B kompleks di dalam obat erlagin berfungsi untuk mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. 

Sebab, banyak ahli mengatakan bahwa konsumsi vitamin B dapat Vitamin B dapat mengangkat rasa semangat dan meningkatkan kinerja kognitif seseorang. 

Tak heran, seseorang yang kekurangan vitamin B kompleks lebih rentan terkena risiko depresi.

Dosis obat erlagin

Obat erlagin datang dalam bentuk kapsul atau tablet yang bisa dikonsumsi dengan meneguk segelas air mineral. Untuk dosisnya sendiri, kamu bisa menentukan sesuai usianya.

  • Kapsul dosis dewasa: 3 kali dalam sehari
  • Kapsul dosis anak usia kurang dari 6 tahun: 3 kali untuk setengah kapsul setiap hari

Namun, terlepas dari dosis tersebut, kamu dapat mengonsultasikannya kembali dengan dokter untuk keterangan lebih lanjut agar tidak salah penanganan. 

Selain dengan segelas air mineral, kamu juga bisa mengonsumsi obat ini bersamaan dengan makanan yang sedang dikonsumsi.

Efek samping obat erlagin

Lantas, apakah obat erlagin memiliki efek samping tersendiri? Layaknya obat pada umumnya, erlagin juga memiliki efek samping yang perlu kita sadari dan awasi. 

Beberapa efek samping yang mungkin akan terjadi adalah reaksi hipersensitif dan gangguan liver.

Nah, reaksi hipersensitif adalah respon imun yang berlebihan terhadap suatu antigen yang tidak berbahaya. 

Sedangkan gangguan liver adalah kondisi medis yang berhubungan dengan masalah hati, seperti hepatitis dan kanker hati.

Untuk seberapa berbahayanya gangguan liver, hal ini bergantung pada jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi. 

Beberapa kondisi dapat disembuhkan dengan perawatan yang tepat, tetapi ada juga yang dapat menyebabkan komplikasi serius hingga kematian. B

eberapa gejala dari gangguan liver antara lain nyeri perut, pembesaran hati, sakit kepala, sakit otot, dan perubahan warna kulit.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai obat erlagin yang perlu kamu ketahui sebelum mengonsumsinya. 

Perlu diingat, obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang tanpa resep dari dokter, karena dapat menyebabkan efek samping yang serius. 

Jadi, sebelum menggunakan obat ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memastikan bahwa obat ini aman dan dosisnya sesuai untuk kondisi medis yang kamu alami.

Intinya, meskipun obat erlagin dapat memberikan manfaat dalam mengatasi nyeri, tetapi kamu juga perlu memperhatikannya dengan seksama untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Share artikel ini
Reference