cara pakai tampon

Kini, penggunaan tampon semakin populer di Indonesia. Namun, tidak sedikit wanita yang masih bingung tentang bagaimana cara pakai tampon untuk haid sehingga bisa tetap nyaman seharian. 

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui cara pakai tampon untuk haid dan informasi seputar tampol lainnya.

Apa itu tampon?

Tampon adalah produk menstruasi sekali pakai yang dibuat menggunakan bahan dengan daya serap yang baik dengan bentuk silinder kecil. Tampon memiliki beberapa ukuran dan variasi daya serap yang cukup beragam yang bisa kamu sesuaikan dengan  aliran cairan menstruasi kamu. 

bahaya tampon

Kini, cukup banyak wanita yang beralih dari menggunakan pembalut menjadi menggunakan tampon karena dirasa lebih nyaman untuk beraktivitas selama menstruasi. Pasalnya, jika digunakan dengan benar, tampon akan sangat nyaman dan tidak bergeser termasuk ketika melakukan olahraga termasuk renang. Ini sebabnya banyak orang mulai beralih menggunakan tampon karena tidak terasa mengganjal atau tidak sering bergeser seperti pembalut ketika digunakan. 

Waspada risiko bahaya tampon, kamu wajib tahu!

Cara pakai tampon untuk haid 

Sangat penting untuk mengetahui cara pakai tampon untuk haid sehingga kamu bisa nyaman selama menggunakannya. Berikut beberapa cara pakai tampon yang penting untuk kamu ketahui.

  • Ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Petunjuk penggunaan cukup jelas untuk kamu ikuti.
  • Pastikan mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan tampon untuk menghindari penyebaran bakteri.
  • Buka bungkus tampon dan lepaskan pembungkus plastiknya.
  • Pegang ujung tampon yang berbulu-bulu dengan jari-jari tangan yang tidak dominan dan jangan biarkan ujung tali tampon tergulung atau tertekuk.
  • Duduk di toilet dengan kaki terbuka atau berdiri dengan satu kaki di atas kursi toilet. Posisi ini akan memudahkan kamu untuk memasukkan tampon.
  • Masukkan ujung tampon yang berbulu-bulu ke dalam vagina. 
  • Terus dorong tampon ke dalam vagina hingga hanya tersisa tali tampon yang keluar.
  • Pegang tali tampon dan tarik dengan lembut untuk memastikan tampon terpasang dengan aman.
  • Pastikan bahwa tali tampon tergantung di luar vagina, dan bukan tertekuk di dalam
  • Pastikan hanya gunakan tampon ketika kamu sedang menstruasi saja. 
  • Ganti penggunaan tampon setiap 4-8 jam. Jangan menggunakan satu tampon selama lebih dari 8 jam untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan selama menstruasi.
  • Gunakan tampon dengan daya serap yang sesuai dengan aliran menstruasi. Gunakan daya serap rendah jika memang haid mau selesai, gunakan daya serap sedang atau tinggi aliran menstruasi sedang deras.

Apakah tampon tidak bisa untuk perawan?

Apa itu tampon untuk haid?

Salah satu kekhawatiran banyak wanita ketika hendak menggunakan tampon adalah apakah tampon aman untuk digunakan oleh wanita yang masih perawan dan apakah ini akan menghilangkan keperawanan wanita?

Ternyata penggunaan tampon tidak menyebabkan hilangnya keperawanan. Apalagi, keperawanan sendiri merupakan sesuatu yang berkaitan erat dengan aktivitas seksual. Jadi, untuk gadis yang belum menikah atau belum melakukan hubungan intim dapat menggunakan tampon dengan aman.

Mau Pakai Menstrual Cup? Simak Dulu Penjelasan Lengkapnya Berikut

Rekomendasi tampon 

Ternyata cara kapan tampon untuk haid mudah bukan? Sekarang, bagaimana cara memilih tampon yang sesuai untuk kamu? Tidak perlu khawatir, untuk kamu yang ingin beralih ke penggunaan tampon namun masih bingung ingin memilih tampon yang mana, kamu bisa simak rekomendasi berikut ini untuk menemukannya. 

1. Tampax Pure Organic Tampons

Tampon yang satu ini merupakan salah satu tampon organik terbaik. Pasalnya, tampon ini memiliki daya srrap cairan yang baik dan nyaman baik ketika dimasukan atau dilepaskan penggunaannya. 

Selain itu, desain tab pada kemasan tampon ini juga sangat bagus dan mudah untuk kamu buka. Kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu pilihan produk tampon yang tepat bagi menstruasi kamu. 

2. Tampax Pearl Plastic Tampons

Tampon yang satu ini memiliki harga yang relatif terjangkau. Apalagi, tampon ini juga cukup mudah untuk dibersihkan dan dapat menyerap cairan dengan baik. 

Kelebihan lain dari tampon ini ada pada kemasannya yang mudah untuk dibuka. Selain itu, terdapat pula berbagai variasi tampon yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Tampon ini juga nyaman ketika digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. 

3. Seventh Generation Organic Cotton Tampons

Tampon yang satu ini merupakan tampon organik dengan cara kerja yang sangat baik. Apalagi, tampon ini juga aman untuk digunakan karena tidak menggunakan pewangi, pewarna serta tidak menggunakan pemutih klorin seperti halnya pembuatan pembalut. Dengan begitu, penggunaannya menjadi lebih aman.

Bukan hanya aman, tampon ini juga nyaman ketika digunakan dan memiliki daya serap yang baik. Selain itu, karena tampon ini merupakan tampon organik jadi lebih aman untuk lingkungan. 

Itulah ulasan mengenai tampon, cara pakai tampon untuk haid hingga beberapa rekomendasi tampon terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Jadi, bagaimana, apakah kamu ingin beralih menggunakan tampon?

penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference