Pasta Gigi Bayi 1 Tahun

Perawatan gigi dan mulut penting diketahui untuk kamu yang mempunyai anak usia balita. Rutinitas menyikat gigi juga perlu diterapkan sejak kecil. Orang tua pun harus tahu pasta gigi untuk anak 1 tahun atau lebih apakah sudah aman untuk digunakan.

Yuk ketahui bagaimana jenis pasta gigi yang aman untuk anak dan bagaimana tips dalam melakukan perawatan gigi dan mulut, khususnya untuk menjaga kebersihan gigi anak.

Apakah anak 1 tahun perlu pasta gigi?

Anak-anak yang diajarkan sejak kecil untuk dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya akan terus membawa kebiasaan itu menjadi rutinitas harian. Menyikat gigi cukup sulit dilakukan bagi anak untuk pertama kalinya, apalagi jika anak-anak masih berusia balita.

Lalu kapan anak mulai menyikat giginya? Perawatan gigi sebenarnya sudah dapat diberikan pada usia 5-7 bulan keatas. Untuk pertama kalinya, kamu bisa menggunakan kasa basah untuk dapat membersihkan gigii. Setelah itu pelan-pelan anak diajarkan untuk mulai menyikat giginya.

Aktivitas menyikat gigi dan pemilihan pasta gigi untuk anak 1 tahun tentu harus mulai diperhatikan. Banyak dokter yang menyarankan bahwa sikat gigi dapat dimulai pada usia 7 bulan atau saat 4 gigi pertama anak sudah tumbuh.

Pada usia dibawah 3 tahun, orang tua dapat membantu anak untuk menyikat giginya dengan pemilihan sikat gigi yang halus, kepala sikat kecil dan gagang yang besar untuk memudahkan anak belajar menyikat gigi sendiri.

Pasta gigi untuk anak 1 tahun

Pasta gigi yang baik untuk anak-anak tentunya harus mengandung bahan alami yang tidak membahayakan dan berefek buruk pada anak. Berikut ini faktor untuk memilih pasta gigi yang aman untuk anak:

  • Pasta gigi berfluoride rendah dengan stempel American Dental Association (ADA).
  • Pasta gigi yang aman untuk ditelan
  • Pertimbangan rasa yang lebih lembut dan bukan pasta gigi untuk orang dewasa

Kandungan pasta gigi untuk anak 1 tahun

Untuk memilih pasta gigi yang aman untuk anak, tentunya dengan kriteria sebagai berikut:

  • Bahan kandungan alami. Untuk bayi dan balita, pilih pasta gigi yang tidak mengandung tinggi fluoride karena berbahaya jika tertelan terlalu banyak.
  • Mengandung bahan proteksi gigi anak. Untuk anak dengan usia 6-12 tahun sudah dapat memakai pasta gigi dengan fluoride untuk menjaga gigi tetap sehat.
  • Mengandung xylitol alami untuk mencegah karies dan membunuh bakteri.
  • Mengandung bahan alami yang aman untuk gigi dan gusi anak.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa bahan yang tidak disarankan jika terdapat dapat pasta gigi anak, yaitu:

  • Sodium Lauryl Sulfate (SLS)
  • Minyak esensial
  • Bahan kasar dan abrasive
  • Mengandung detergen

Anak dibawah 5 tahun tentu masih kesulitan untuk melakukan kegiatan menyikat gigi sendiri, apakah aman jika pasta gigi tertelan?

Pasta gigi untuk anak yang aman jika tertelan

Menurut Journal of the American Dental Association, menyatakan bahwa kandungan fluoride dalam pasta gigi yang aman untuk tubuh manusia adalah 0,05 mg per kilogram dalam satu hari. Hal ini membuktikan bahwa jika anak menelan pasta gigi dengan fluoride rendah tidak membahayakan asal tidak lebih dari takaran maksimal.

Pasta gigi untuk anak 1 tahun dan balita masih dapat aman mempunyai kandungan fluoride dalam takaran rendah, apabila tertelan, maka orang tua dapat memberi makanan tinggi kalsium untuk mengikat fluoride dalam perut. Makanan tinggi kalsium dapat diberikan kenapa anak seperti yogurt atau susu.

Tips memilih pasta gigi untuk anak 1 tahun

American Dental Association (ADA) yang merupakan salah satu organisasi gigi terkemuka di Amerika Serikat menyarankan orang tua untuk hati-hati dalam memilih pasta gigi untuk anak. Ada beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan panduan saat memilih pasta gigi untuk anak:

Periksa kadar fluoride

Fluoride merupakan mineral alami yang dapat mengurangi kerusakan pada gigi. Namun jika dalam jumlah yang banyak dan tertelan oleh anak tetap dapat memicu bahaya. Fluoride yang terlalu banyak dapat memicu gangguan fluorosis. Pilih pasta gigi dengan kandungan fluoride yang rendah agar aman digunakan.

Pertimbangan rasa pasta gigi

Meskipun tidak ada sangkut pautnya dengan kesehatan, memilih rasa pasta gigi yang pahit atau pedas cenderung membuat anak malas atau takut menyikat gigi. Ada banyak pilihan pasta gigi dengan rasa yang cukup enak untuk anak, misalnya rasa buah.

Hindari bahan abrasive

Bahan abrasive adalah bahan alami sintetis yang mempunyai sifat keras dan fungsinya untuk membuat lunak bahan lain. Selektif dalam memilih pasta gigi agar tidak mengandung bahan abrasive yang dapat mengikir gigi.

Pilih pasta gigi sesuai kondisi gigi

Pilih pasta gigi yang aman digunakan dan tidak memicu kerusakan atau pembusukan gigi. Anak dengan gangguan enamel dysplasia dengan ciri-ciri gigi berwarna putih/gelap, cokelat, gigi keropos, berlubang dan tidak rata dapat terjadi karena tidak cocok dengan pasta gigi tertentu.

Banyak pertimbagan dalam memilih pasta gigi untuk anak 1 tahun agar aman dari bahaya menelan pasta gigi. Ketahui kandungan alami dalam pasta gigi dan hindari bahan dengan efek buruk untuk anak saat mulai pertama kali menyikat gigi.

 

Share artikel ini
Reference