waktu tidur bayi

waktu tidur bayi

Sama halnya dengan asupan makanan yang bergizi, bayi juga membutuhkan waktu tidur yang baik. Maksudnya, si kecil tidak boleh kelewatan apalagi sampai kekurangan waktu untuk beristirahat.

Sayangnya, terkadang membuat bayi tertidur di waktu yang tepat dengan durasi yang baik bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, kamu bisa membaca rangkuman terkait waktu tidur bayi, termasuk durasi hingga cara mengatasi bayi yang susah tidur di bawah ini.

Apa itu waktu tidur bayi?

Waktu tidur bayi adalah saat di mana si kecil harus beristirahat atau tidur dalam kurun waktu tertentu. Waktu tidur satu bayi dengan bayi lainnya bisa saja berbeda tergantung usia dan metode kelahiran, terutama kelahiran prematur.

Biarpun begitu, umumnya waktu tidur bayi pada rentang usia tertentu kurang lebih adalah sama. Maksudnya, bayi baru lahir hingga usia tiga bulan mungkin akan menghabiskan waktu tidur setidaknya sekitar 14 hingga 17 jam.

Lalu, kapan biasanya bayi mengantuk hingga terlelap? Coba simak di ulasan berikut.

Kapan biasanya bayi akan tidur?

Sama seperti orang dewasa, bayi akan tidur di siang hari dan malam hari. Ketika bayi baru lahir, si kecil mungkin akan memiliki pola waktu tidur yang berbeda dengan orang tua. Akan tetapi, di usia 4 hingga 6 bulan, pola tidur bayi mulai mengikuti rutinitas keluarga.

Terlepas dari waktu tersebut, bayi yang baru lahir mungkin saja tidur dengan lelap tanpa terbangun sedikitpun. Sayangnya, di awal kelahiran si kecil, bayi tidak boleh tidur terus menerus tanpa menerima susu. Alhasil, kamu harus membangunkan bayi di tengah tidurnya yang lelap.

Setelah menyusu, kamu boleh-boleh saja kembali menidurkan bayi dengan posisi terlentang. Tapi, pastikan kamu memberikan jeda pada bayi untuk mencerna sebelum menidurkan bayi. Kebiasaan langsung kembali menidurkan bayi tanpa memberikan jeda setelah menyusu berpotensi menyebabkan gumoh pada bayi.

Penasaran berapa lama waktu tidur bayi yang baik? Di bawah ini adalah penjelasannya.

Durasi waktu tidur bayi yang baik

Tidur terlalu banyak pada bayi yang baru lahir atau telah berusia beberapa bulan tentu tidak disarankan. Biasanya, si kecil yang terlalu banyak tidur akan melewatkan waktu untuk menyusu. Akibatnya, si kecil rentan kekurangan nutrisi di masa tumbuh dan kembangnya.

Untuk menghindari terlalu banyak tidur atau bahkan kekurangan nutrisi, kamu bisa memperhatikan rentang waktu tidur si kecil. Berdasarkan usianya, berikut adalah durasi waktu tidur yang baik:

Berumur 0 hingga 2 atau 3 bulan

Secara keseluruhan, durasi waktu tidur bayi baru lahir hingga 3 bulan yang baik adalah sekitar 14 hingga 17 jam. Artinya, si kecil mungkin menghabiskan 8 sampai 12 jam tidur di malam hari dan sisanya 2 hingga 5 jam tidur di siang hari.

4 hingga 5 atau 6 bulan

Pada rentang usia ini, kamu bisa memperhatikan durasi tidur bayi sekitar 12 hingga 16 jam sehari. Di malam hari, bayi mungkin bisa tidur selama 5 hingga 6 jam berturut-turut dan tidur siang sebanyak 3 kali dalam sehari.

7 hingga 8 bulan

Waktu tidur bayi berusia 7 sampai 8 bulan mungkin tidak jauh berbeda dengan usia 4 atau 6 bulan. Akan tetapi, pada usia ini si kecil boleh tidur 8 hingga 12 jam sepanjang malam tanpa perlu menyusu dan tidur selama 2 atau 3 jam pada siang hari.

9 hingga 12 bulan

Pada usia 9 bulan, waktu tidur bayi di malam hari mungkin antara 9 hingga 12 jam. Sama seperti bayi pada usia 7 sampai 8 bulan, di usia ini si kecil juga membutuhkan waktu tidur siang sekitar 3 sampai 4 jam.

Durasi waktu tidur bayi satu dengan yang lain dapat saja berbeda-beda dan tidak selalu harus sesuai dengan daftar di atas. Bayi dengan beberapa kondisi seperti kelahiran prematur mungkin memerlukan waktu tidur yang lebih lama.

Di sisi lain, beberapa bayi mungkin mengalami masalah dengan tidur mereka. Artinya, tidak semua bayi dapat dengan mudah tidur dengan lelap. Apabila kamu kesulitan untuk menidurkan bayi, coba ikuti cara berikut ini ya.

Cara mengatasi bayi susah tidur

Ketika bayi menolak untuk tidur, kamu bisa mengatasinya dengan mengatur kembali jadwal tidur si kecil. Sayangnya metode ini tidak berlaku untuk bayi baru lahir yang membutuhkan susu selama beberapa jam sekali.

Mengatur kembali waktu tidur bayi biasanya bisa kamu terapkan ketika bayi sudah berusia 3 hingga 6 bulan. Dibarengi dengan menyusun ulang jadwal tidur, kamu bisa mengatasi bayi yang susah tidur dengan cara-cara berikut:

  • Pastikan lampu kamar si kecil redup atau mati
  • Hindari lampu kamar bayi yang terang
  • Ciptakan suasana yang tenang dengan menghindari suara-suara yang keras
  • Sering-seringlah memberikan susu di siang hari terutama menjelang waktu tidur
  • Pastikan bayi telah menyusu sebelum terlelap
  • Tenangkan bayi dengan mengayun atau memeluk si kecil sebelum tidur
  • Bacakan buku cerita ringan atau berikan nyanyian lembut pada bayi

Beberapa bayi berusia 6 hingga 12 bulan mungkin akan menangis karena tidur di kamar terpisah atau ranjang yang berbeda. Hal itu umum terjadi karena mereka mengalami kecemasan akan perpisahan (separation anxiety). Kamu dapat mengunjungi bayi secara singkat sambil menenangkan si kecil dengan mengusap punggung mereka.

Share artikel ini
Reference