manfaat obat pilkita untuk apa

Apakah kamu pernah minum jamu untuk meredakan pegal linu? Encok, sakit pinggang, pegal linu dan badan yang sakit biasanya dapat terjadi karena beratnya aktivitas sehari-hari.

Untuk meredakan kondisi pegal linu, obat Pilkita bisa menjadi pilihan untuk meredakan jenis keluhan ini dengan kandungan bahan alami didalamnya. Nah, apa itu obat Pilkita? Yuk simak penjelasan lengkap dari obat herbal ini.

Deskripsi obat Pilkita

pilkita obat apa

Pilkita adalah obat tradisional yang mempunyai kelas terapi sebagai suplemen atau terapi tambahan berupa jamu dari bahan alami.

Tersedia dalam bentuk kaplet dan tablet, Pilkita dapat dapat menjadi pilihan saat kondisi tubuh tak lagi merasa fit dan segar.

Penggunaan otot yang berlebihan dalam beraktivitas memang menyebabkan gangguan seperti pegal linu atau encok. Hal ini ini bisa disebabkan karena beberapa hal berikut ini:

  • Cedera otot
  • Aktivitas fisik yang berlebihan
  • Postur tubuh yang buruk
  • Stress
  • Posisi yang kurang tepat saat berhubungan seksual
  • Masalah kesehatan lain

Pada saat encok, pegal linu hingga sakit pinggang, tubuh memang tidak dapat beraktivitas dengan maksimal sehingga perlu cara untuk mengembalikan kondisi agar dapat segar kembali.

Kandungan dalam Pil Kita memang sangat beragam dna terdiri dari bahan alami yang mempunyai berbagai manfaat. Beirkut adalah kandungan dalam Pilkita:

  • Retrofracti Fructus (Cabe Jawa) 245 M
  • Zingiberis Zerumbeti (Lempuyang) 140 Mg
  • Curcuma Rhizoma (Temulawak) 105 Mg
  • Curcuma Aeruginosa (Temu Hitam) 35 Mg
  • Kaempferiae Rhizoma (Kencur) 35 Mg

Pilkita dengan kandungan bahan alami dan aman menjadi obat tradisional yang dapat meredakan berbagai keluhan pada tubuh. Selain mengonsumsi ini, olahraga dan istirahat yang cukup juga dapat meringankan keluhan ini. 

Manfaat obat Pilkita

Pilkita diketahui mengandung unsur bahan alami seperti cabe jawa, lempuyang, temulawak, temu hitam dan kencur yang dapat membantu meredakan pegal linu, encok dan sakit pinggang.

Keluhan ini biasanya terjadi karena banyaknya aktivitas yang dilakukan dan tubuh mengalami beban yang berat.

Pilkita dapat menjadi suplemen tradisional yang mengembalikan kesegaran dan energi tubuh. Selain suplemen atau vitamin tambahan, ada baiknya segera mengurangi aktivitas berat apabila tubuh sudah terasa pegal dan lelah.

Tubuh yang lelah umumnya tidak dapat melakukan aktivitas dengan maksimal sehingga sakitnya akan jauh lebih terasa.

Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita: Cegah dengan Hal Ini

Dosis dan penggunaan

Pilkita merupakan obat tradisional yang kandunganya berupa bahan alami sehingga dapat dikonsumsi meskipun tanpa resep dan rekomendasi khusus dari dokter. Untuk cara penggunaan dan dosis umum Pilkita yaitu:

  • Pilkita bentuk kaplet dapat diberikan 1 kaplet per hari, diminum pada malam hari.
  • Pilkita bentuk tablet dapat diberikan 1 tablet per hari, diminum pada malam hari.

Dosis ini merupakan dosis umum yang dapat diberikan untuk meredakan pegal linu, kelelahan, encok dan sakit pinggang.

Namun sebaiknya Pilkita tidak diberikan kepada pasien yang mempunyai alergi dengan salah satu komponen atau komposisi pada Pilkita.

Umumnya Pilkita aman untuk dikonsumsi karena kandungan yang terdapat didalamnya merupakan bahan alami dan aman. Meskipun begitu, adakah potensi efek samping yang dapat terjadi?

Apa Itu Obat Syalox? Ini Dosis dan Efek Sampingnya

Efek samping obat

Kandungan pada Pilkita merupakan bahan-bahan alami dan aman yang dapat dikonsumsi siapa saja.

Sejauh ini belum ada laporan atau efek samping yang terjadi setelah mengonsumsi Pilkita.

Namun jika memang ada efek samping yang terasa pada beberapa pasien, segera hentikan pemakaian dan datangi layanan kesehatan terdekat.

Interaksi dengan obat lainnya

pilkita obat apa

Interaksi obat Pilkita dengan kandungan obat Pilkita umumnya berupa hipersensitif dengan komposisi yang terdapat dalam obat ini.

Jika ada pasien yang mengalami alergi atau tidak dapat mengonsumsi salah satu komponen, maka sebaiknya hindari konsumsi Pilkita dan beralih ke metode pengobatan lainnya.

Kondisi pegal linu dan sakit pinggang umumnya memang dapat mereda dengan sendirinya, selain mengonsumsi obat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan sehingga kondisi ini dapat segera mereda, seperti:

  • Minum obat pereda nyeri yang mengandung paracetamol atau ibuprofen. Kandungan ini dapat bekerja dengan meredakan pegal, nyeri dan peradangan.
  • Melakukan peregangan otot agar bagian tubuh terasa lebih rileks dan lentur. Lakukan kegiatan sederhana dengan melakukan senam, jalan kaki, stretching atau peregangan otot.
  • Berendam dengan air hangat dapat melunakkan otot yang kaku dan terasa nyeri. Kompres dengan air hangat pada bagian yang pegal selama 20 menit dapat meringankan kondisi ini.
  • Minum banyak air untuk menjaga agar asupan cairan tetap stabil. Konsumsi banyak jus buah, sayur dan makanan bergizi agar kondisi tubuh tetap fit.
  • Melakukan pijat atau terapi secara rutin atau pada saat kondisi tubuh sedang pegal linu dan nyeri. Pijat dapat membuat badan terasa rileks dan otot menjadi lemas.

Kegiatan ini dapat dilakukan setiap hari secara mandiri dirumah selain mengonsumsi jenis pil seperti Pilkita.

Pilkita dapat mengatasi rasa pegal linu jika dikonsumsi sesuai dosis dan imbagi dengan pola hidup sehat serta seimbang.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference