musik klasik untuk ibu hamil
Kehamilan

Musik Klasik untuk Ibu Hamil Dapat Bermanfaat bagi Janin

dr. Wisniaty Condro | November 29, 2021
Share

Musik klasik untuk ibu hamil dipercaya dapat bermanfaat bagi janin. Musik telah terbukti memiliki kemampuan penyembuhan, dan efek menenangkan pada emosi ibu hamil, karena membantu rileks dan mengubah suasana hati jadi lebih baik.

Mendengarkan lagu favorit kamu saat hamil atau musik klasik akan membantu mencerahkan hari-hari kamu selama hamil, dan bayi di dalam kandungan juga bisa menikmatinya.

Apa itu musik klasik untuk ibu hamil?

Musik klasik untuk ibu hamil adalah musik bergenre klasik yang didengarkan selama masa kehamilan sebagai aktivitas yang bermanfaat bagi ibu dan perkembangan janin.

Saat bayi berada di dalam rahim, ada banyak hal yang terjadi di dalam untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangannya secara keseluruhan. Semua pengalaman yang akan dialami bayi yang belum lahir akan membentuk masa depannya setelah lahir ke dunia.

Bayi yang sedang berkembang dalam kandungan mulai mendengar suara pada trimester kedua, tetapi bayi benar-benar mulai merespons berbagai suara selama trimester terakhir.

Para ahli medis telah melakukan berbagai penelitian pada ibu hamil untuk mengetahui efek musik pada bayi yang belum lahir.

Menurut hasil penelitian, bayi yang mendengarkan musik saat dalam kandungan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam perkembangan mental, kognitif, perilaku, sensorik, psikologis, dan emosional dibandingkan bayi yang tidak mendengarkan musik.

Jenis musik yang baik untuk ibu hamil

Jenis musik yang kamu dengarkan sangat bergantung pada kepribadian dan suasana hati serta apa yang kamu rasakan saat ini. Tidak benar jika kamu hanya boleh mendengarkan jenis musik tertentu saat kamu sedang hamil.

Selain mendengarkan suara dan musik yang lembut dan menenangkan, kamu juga dapat mendengarkan musik pop favorit. Ketukan dari musik pop memiliki ritme dan pola tertentu, yang akan mudah dikenali dan diingat oleh bayi yang belum lahir.

Ingatlah bahwa cara bayi bernafas di dalam rahim juga akan berubah sesuai dengan suara dan ketukan yang didengar bayi. Artinya, jika kamu mendengarkan musik yang sangat keras atau menggelegar, seperti musik hard rock atau musik bergendre serupa, dapat berdampak buruk pada bayi yang belum lahir.

Tidak apa-apa jika kamu mendengarkan genre musik seperti itu untuk waktu yang singkat, tapi tidak untuk waktu yang lama. Pasalnya, ketukan dan ritme yang terus berubah dari musik tersebut dapat menyebabkan stres pada bayi dalam kandungan.

Di sisi lain, terkait jenis musik klasik meskipun belum ada data medis yang mendukungnya, diperkirakan bahwa jenis musik ini memiliki beberapa efek positif. Bayi juga dapat merespons ritme dan suara yang berasal dari musik klasik, dan juga dapat membantu menenangkan si kecil setelah lahir.

Namun, tujuan utama yang harus diingat di sini adalah untuk membentuk hubungan emosional dengan bayi yang belum lahir, dan bukan untuk mencoba merangsang agar bayi kamu memiliki kejeniusan terkait musik tertentu.

Berapa lama mendengarkan musik klasik saat hamil

Seperti halnya apa pun yang kamu lakukan saat hamil, bukanlah ide yang baik untuk terlalu berlebihan dalam mendengarkan musik juga.

Jika kamu berencana untuk mendengarkan musik melalui headphone atau ingin meletakkan headphone langsung di perut, pastikan untuk tidak melakukannya lebih dari beberapa jam sehari. Hal ini untuk memastikan bahwa bayi kamu yang belum lahir rileks untuk beberapa waktu alih-alih terus-menerus bereaksi terhadap ritme dan ketukan.

Melalui paparan musik yang terlalu lama bagi bayi yang belum lahir, kamu mungkin tanpa sadar mengganggu pola tidur alaminya. Penting bagi bayi untuk tidur nyenyak selama dalam kandungan, karena masa ini penting bagi perkembangan mental, fisik, dan psikologis.

Manfaat mendengarkan musik klasik untuk ibu hamil dan janin

Saat kamu hamil, mendengarkan musik tidak hanya akan memiliki efek menenangkan dan membangkitkan semangat tetapi juga pengaruh positif pada bayi yang belum lahir.
Getaran positif yang kamu dapatkan dari mendengarkan musik akan menciptakan rangsangan pranatal yang akan membantu kamu menjalin ikatan dengan janin.

Berikut adalah beberapa efek atau manfaat mendengarkan musik untuk ibu hamil:

1. Meningkatkan refleks bayi

Bayi dalam mungkin juga mencoba bergerak selaras dengan ketukan getaran.
Ini dapat meningkatkan refleks dan reaksi bayi dan juga gerakannya secara keseluruhan.

2. Meningkatkan indra pendengaran bayi

Saat kamu mendengarkan musik dengan headphone, itu akan secara signifikan meningkatkan konsentrasi, indera pendengaran, dan keterampilan bayi yang belum lahir.

Bayi yang belum lahir mungkin tidak dapat memahami musik pada tahap ini dan hanya menangkap getaran dari gelombang suara. Namun, bayi masih akan mencoba berkonsentrasi pada suara, dan hal itu akan meningkatkan stimulasi mentalnya.

3. Pengantar tidur yang menenangkan setelah lahir

Banyak peneliti percaya bahwa bayi yang belum lahir akan dapat mengingat musik dan suara yang kamu dengarkan saat hamil. Jika kamu mendengarkan lagu-lagu tertentu yang menenangkan saat hamil, kemungkinan besar bayi kamu akan mengingatnya bahkan setelah lahir.

Artinya, kamu dapat menggunakan musik yang sama untuk menenangkan si kecil setelah ia lahir. Bayi kamu akan dapat mengenali suara dan itu akan membantu untuk rileks dan menenangkannya secara instan.

4. Membentuk kepribadian pada bayi

Jenis musik yang kamu dengarkan saat hamil dapat berdampak pada kepribadian bayi secara keseluruhan. Jika kamu mendengarkan suara yang menenangkan dan musik yang lembut, bayi kamu dapat mengembangkan kepribadian yang tenang.

Di sisi lain, jika kamu mendengarkan musik yang keras dan menggelegar, itu bisa menyebabkan kepribadian bayi menjadi agresif dan cemas. Namun, tidak ada studi medis atau penelitian yang mendukung hal ini karena para peneliti masih harus menelitinya lebih dalam lagi.

Reference
Share