Skincare bayi baru lahir yang perlu kamu persiapkan

Bayi baru lahir mempunyai kulit yang lebih sensitif dari orang dewasa. Hal ini tentunya membuat orang tua baru harus mempersiapkan beberapa perawatan khusus untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulitnya, salah satunya skincare untuk bayi baru lahir.

Skincare bayi baru lahir sangat penting disiapkan untuk dapat memberikan perawatan kulit terbaik. Nah, kira-kira apa saja ya skincare untuk bayi? Lalu, bagaimana cara memilih skincare yang tepat untuk bayi? Yuk cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini.

Apakah bayi baru lahir membutuhkan skincare?

Sebelum membahas produk skincare apa yang cocok untuk bayi, sebenarnya apakah bayi baru lahir membutuhkan skincare? Bayi baru lahir tentu saja membutuhkan skincare untuk membantu merawat kulitnya. Menurut situs Community Practitioner, kulit bayi memang lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa dan sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan.

Penggunaan skincare akan membantu merawat kulit bayi yang masih sensitif agar terhindar dari beberapa penyakit kulit seperti infeksi, iritasi kulit, dermatitis atopic dan dermatitis popok. Selain penggunaan skincare, menjauhkan bayi dari sinar matahari, hati-hati dengan kulit kering, mengikuti praktik terbaik untuk mandi dan menghindari pemicu dermatitis juga diperlukan agar skincare dapat maksimal digunakan untuk bayi.

Skincare bayi baru lahir

Kandungan dalam skincare yang dipilih untuk bayi baru lahir juga sangat penting untuk diketahui, lho. Mengurangi risiko alergi, kamu dapat memilih skincare untuk bayi lahir dengan menghindari beberapa kandungan, seperti Paraben, pewangi, Phthalates, dan Sulfat Beberapa jenis kandungan ini kurang baik untuk digunakan bagi sehingga penting mengetahui apa kandungan dalam skincare yang dipakai untuk bayi. Hal ini diperlukan ketika kamu memilih perlengkapan skincare terbaik untuk bayi.

Perlengkapan skincare bayi baru lahir

Ada beberapa jenis skincare yang perlu dipersiapkan menjelang si kecil lahir. Beberapa perlengkapan produk perawatan ini wajib dimiliki oleh bayi baru lahir adalah sebagai berikut.

1. Sabun dan sampo

Sabun dan sampo merupakan perlengkapan wajib untuk menjaga kesehatan bayi. Memilih sabun dan sampo bayi perlu dilakukan dengan hati-hati karena kulit bayi masih sangat sensitif dan terkadang mudah alergi pada suatu kandungan dalam sampo dan sabunnya.

2. Lotion pelembab

Lotion dapat menghindarkan bayi dari kulit kering. Kulit kering rentan dengan iritasi sehingga lotion pelembab perlu disiapkan. Pemakaian lotion pelembab juga harus diperhatikan agar tidak menimbulkan biang keringat.

3. Lotion anti nyamuk

Lotion anti nyamuk penting disiapkan sebagai skincare untuk bayi. Lotion dapat membantu bayi terhindar dari gigitan nyamuk yang menyebabkan gatal dan kemerahan pada kulitnya. lotion anti nyamuk ini juga dapat membantu si kecil tidur nyenyak tanpa gangguan gigitan nyamuk.

4. Krim anti ruam

Bayi rentan mengalami ruam popok atau bahan produk lain karena kulitnya masih terlalu sensitif. Krim anti ruam dapat mengurangi ruam yang dialami bayi.

5. Minyak telon

Minyak telon penting disiapkan sebagai perlengkapan wajib bayi. Setelah mandi, badan bayi rentan dingin dan masuk angin. Minyak telon dapat memberikan kehangatan dan mencegah bayi dari rasa gatal akibat gigitan tungau atau nyamuk.

6. Perlengkapan bayi lainnya

Perlengkapan bayi lain seperti bedak, pelembab bibir dan jenis perlengkapan lain dapat disesuaikan dengan kebutuhan bayi baru lahir. Jika perlengkapan bayi sudah disiapkan, tentunya kamu wajib mengetahui bagaimana urutan skincare yang tepat dilakukan setelah bayi selesai mandi.

Urutan skincare bayi setelah mandi

Memakai skincare sebaiknya disesuaikan dengan urutan pemakaiannya. Supaya kulit bayi mendapatkan manfaat maksimal dari produk tersebut. Penggunaan produk skincare bisa dilakukan dengan urutan berikut ini:

  1. Sabun dan sampo bayi. Kedua produk ini digunakan saat mandi untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan seluruh bagian tubuh bayi.
  2. Minyak telon. Produk ini dapat digunakan setelah mandi agar bayi tetap hangat dan terhindar dari masuk angin.
  3. Krim anti ruam. Gunakan krim ini pada area rentan ruam seperti wajah dan area popok bayi. Oleskan krim untuk mencegah ruam kulit pada bayi.
  4. Lotion anti nyamuk. Gunakan lotion ini setelah mandi agar bayi tetap nyaman dan terhindar dari gigitan nyamuk.

Tips memilih produk skincare untuk bayi

Karena kulit bayi masih sangat sensitif, kamu perlu memilih skincare yang cocok dengan kebutuhan kulit si kecil. Apa saja tips untuk memilihnya agar aman dan dapat dipakai oleh bayi baru lahir? Berikut beberapa tipsnya.

1. Pilih produk khusus perawatan bayi

Pilih produk yang khusus diformulasikan untuk bayi. Pastikan kandungan dalam skincare bayi sesuai dengan karakter kulit bayi yang masih sangat rentan. Hindari kandungan skincare bayi baru lahir yang memicu iritasi atau alergi bayi.

2. Pastikan produk tidak mengandung bahan berbahaya

Cek kandungan produk yang digunakan. Hindari produk yang mengandung bahan dibawah ini:

  • Mengandung pewarna/pewangi
  • Tidak mengandung antimikroba/antibakteri
  • Bebas phthalate dan paraben
  • Mempunyai label hypoallergenic
  • Bebas alkohol
  • Sesuai ph kulit bayi
  • Berbahan dasar alami

3. Cek kondisi produk

Jangan lupa untuk selalu mengecek kapan tanggal kadaluarsa produk dan ketahanan produk setelah dibuka. Pastikan produk tersegel aman dan utuh saat dibeli.

4. Lihat aturan pakai produk

Kamu perlu melihat aturan pakai produk agar sesuai dengan penggunaan dan pemakaian skincare bayi. Baca peringatan pemakaian skincare untuk bayi agar hasilnya maksimal sesuai dengan anjuran pakainya.

Skincare bayi baru lahir perlu disiapkan ibu muda agar si kecil mendapat perawatan kulitnya yang masih sangat sensitif. Ketahui kandungan dalam skincare bayi dan panduan dalam pemakaiannya agar bayi merasa nyaman dan terjaga kesehatannya.

Share artikel ini
Reference