nostrox obat apa

Nostrok adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti penggumpalan darah pada pembuluh darah vena dalam, penyumbatan pembuluh darah di paru-paru, dan gangguan irama jantung yang ditandai dengan detak jantung cepat dan tidak beraturan.

Penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. Lantas, nostrok obat apa? pada dasarnya digunakan untuk menghambat proses pembekuan darah.

Obat ini juga sering digunakan untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah pada pasien yang berisiko tinggi saat rawat jalan. Sebelum mengonsumsi obat ini, simak berbagai manfaatnya di bawah ini!

Nostrok obat apa?

obat acetin 600 mg

Setiap tablet nostrok ini mengandung 10 mg rivaroxaban. Rivaroxaban merupakan golongan obat untuk menghambat terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah.

Obat ini digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit Deep vein thrombosis (DVT) atau trombosis vena yakni penggumpalan darah yang terjadi pada pembuluh darah vena dalam, pulmonary embolism (PE) atau emboli paru yakni terjadinya penyumbatan pembuluh darah pada organ paru-paru.

Penyumbatan biasanya karena gumpalan darah yang pada awalnya terbentuk di area tubuh lain, terutama pada kaki. Nah, jika tidak segera ditangani, emboli paru ini bisa mengancam nyawa.

Itu juga digunakan untuk mengobati atrial fibrillation (AFib) atau gangguan irama jantung yang ditandai dengan detak jantung yang tidak teratur dan cepat. Penderita fibrilasi atrium dapat mengalami gejala lemas, jantung berdebar, dan sesak napas.

Fibrilasi atrium sendiri merupakan jenis aritmia atau gangguan yang terjadi pada irama jantung. Memang, gejalanya bisa datang dan pergi, lama, atau bahkan permanen. Jika tidak segera ditangani, fibrilasi atrium juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami stroke dan gagal jantung.

Manfaat nostrok

Sebenarnya, nostrok obat apa? lebih sering digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti penggumpalan darah pada pembuluh darah vena dalam, penyumbatan pembuluh darah di paru-paru, dan gangguan irama jantung. Namun secara spesifik, obat ini digunakan untuk:

  1. Mencegah stroke pada pasien fibrilasi atrium
  2. Mencegah dan mengobati penggumpalan darah pada pembuluh darah
  3. Mencegah trombosis vena dalam setelah operasi penggantian lutut atau pinggul
  4. Mengurangi risiko kambuhnya bekuan darah lagi
  5. Mengurangi risiko gangguan jantung seperti serangan jantung atau stroke, terutama pada pasien penyakit jantung koroner kronis atau penyakit arteri perifer

Termasuk Obat Keras, Sebenarnya Spasminal Obat Apa?

Apa itu penggumpalan darah DVT dan PE?

Deep vein thrombosis (DVT) atau trombosis vena dalam merupakan gumpalan darah di satu maupun lebih di vena dalam. Pada banyak kasus, DVT biasanya terbentuk di pembuluh darah pada bagian betis dan paha. Selain itu juga terjadi pada pembuluh darah pada bagian tubuh lain.

Gumpalan darah sendiri merupakan darah yang berubah dari bentuk cair menjadi sedikit padat melalui proses koagulasi. Seperti misalnya saat terjadi cedera, darah biasanya akan menggumpal untuk kemudian menghentikan pendarahan.

Pada trombosis vena dalam, gumpalan darah terbentuk di vena dalam, menghalangi aliran darah. Jika dibiarkan, maka gumpalan darah bisa mengikuti aliran darah, dan menyumbat pembuluh darah pada paru-paru. Hal ini akan mengakibatkan, penderita kesulitan bernapas, bahkan bisa mengalami kematian.

Efektif Atasi Infeksi, Kenali Fungsi Obat Thiamphenicol

Penyebab trombosis vena dalam

Biasanya DVT disebabkan adanya suatu kondisi yang mencegah darah mengalir dengan normal. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut, seperti:

  • Kerusakan pada pembuluh darah
  • Gangguan aliran darah di pembuluh darah
  • Kondisi darah yang lebih mudah menggumpal (hiperkoagulabilitas)

Pulmonary embolism (PE) atau emboli paru adalah penyumbatan pembuluh darah paru oleh gumpalan darah. Seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya mengeluhkan sesak napas atau nyeri dada seperti serangan jantung.

Gejala emboli paru dapat terjadi karena arteri pulmonal yang tersumbat menghalangi aliran darah. Akibatnya, kadar oksigen dalam darah dan organ lain juga menurun.

Jika sumbatan terjadi karena gumpalan darah yang banyak atau banyak, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan parah dan permanen pada paru-paru yang dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, emboli paru harus ditangani sesegera mungkin.

Penyebab Emboli Paru

ciri-ciri kanker paru-paru

Nostrok obat apa? juga digunakan untuk mengobati emboli paru. Biasanya disebabkan pembekuan darah pada area tubuh lain yang dapat menyumbat arteri pulmonalis. Sementara arteri pulmonalis sendiri adalah pembuluh darah yang bertugas membawa darah dari jantung ke paru-paru.

Pada banyak kasus, biasanya emboli paru sendiri disebabkan karena adanya bekuan darah pada DVT yang mana sering terjadi pada pembuluh darah vena pada panggul dan kaki.

Selain itu, emboli paru juga bisa disebabkan karena hal berikut ini:

  • Gelembung udara
  • Lemak dari sumsum tulang yang patah
  • Bagian dari tumor
  • Kumpulan bakteri, jamur, atau parasit
  • Air ketuban

Jangan minum obat nostrok untuk orang yang pernah mengalami cedera otak atau tulang belakang atau operasi, pendarahan intrakranial, gangguan ginjal, gangguan hati, dan wanita hamil dan menyusui.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference