Menu mpasi 6 bulan
Ibu & Anak Kesehatan Anak

Ini Lho 6 Manfaat Pemberian Menu MPASI Bayi 6 Bulan, Yuk Catat!

Putri Aprillia | April 20, 2022
Share

Menu MPASI bayi 6 bulan wajib diketahui jika saat ini kamu memiliki anak yang akan memasuki usia ini. Tidak perlu khawatir dan panik jenis makanan apa saja yang dapat membantu tumbuh kembang si kecil ini. Sebagai MPASI pertama, tentunya ada banyak hal yang perlu kamu ketahui agar makanan pendamping ASI tepat untuk diberikan kepada si kecil.

Varian makanan menu untuk MPASI saat ini mudah ditemukan resepnya dan mudah pula dalam proses pembuatannya. Yuk kenali apa saja menu MPASI untuk si kecil dan manfaatnya dalam mendukung tumbuh kembang anak usia 6 bulan. Check it out~

Kenali apa itu menu MPASI

MPASI adalah makanan pendamping ASI yang biasanya terbuat dari sayuran, buah, dan daging. Makanan akan diberikan secara bertahap kepada bayi seperti jenis makanan, tekstur, berapa banyak pemberian sesuai dengan perkembangan, dan usia si kecil.

6 bulan adalah usia yang tepat dan direkomendasikan oleh World Health Organization untuk seorang anak mulai diberikan makanan pendamping ASI. Dalam usia ini, sistem pencernaan anak sudah mulai berkembang dengan baik serta mampu menyerap protein, karbohidrat dan lemak untuk mengolah makan.

Nantinya makanan MPASI inilah yang akan memberikan manfaat baik untuk tumbuh kembang si kecil. Apakah menu MPASI bayi 6 bulan sepenting itu? Simak penjelasannya lengkapnya berikut ini.

Manfaat MPASI untuk pertumbuhan bayi

Menu MPASI bayi 6 bulan mempunyai manfaat tersendiri bagi si kecil untuk mendukung pertumbuhannya. Manfaat MPASI bayi pertumbuhan bayi antara lain:

1. Membantu pertumbuhan

Anak usia 6 bulan mulai membutuhkan nutrisi lain selain ASI. Nutrisi ini bisa didapat dari MPASI yang kaya akan zat besi untuk pertumbuhan otak anak. Anak akan mulai belajar dengan cepat dengan asupan dan nutrisi yang seimbang.

2. Menambah mineral dan vitamin

MPASI akan menjadi sumber vitamin dan mineral lain untuk anak. Makanan yang diolah menjadi MPASI akan mempengaruhi hormone dan enzim sehingga dapat mendukung tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.

3. Menguatkan tulang

Anak yang sedang dalam pertumbuhan membutuhkan asupan gizi dari MPASI. ASI yang cukup dan MPASI yang tepat akan menjadi nutrisi yang tepat selama dalam masa pertumbuhan. Anak sedang dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan nutrisi seperti vitamin d untuk membangun masa tulang anak yang sempurna.

4. Kemampuan menggenggam

Anak akan mulai melakukan latihan menggenggam makanan seperti wortel rebus, atau biskuit yang bisa dipegang sendiri oleh anak. Hal ini bisa menjadi latihan motorik yang baik sembari memberikan asupan gizi yang terbaik dengan MPASI anak.

Selalu perhatikan apa yang anak pegang karena pada masa ini bisa saja dia tersedak atau menelan makanan terlalu besar. Kenalkan menu MPASI bayi 6 bulan untuk membantu kemampuan motorik anak.

5. Pertumbuhan gigi

Pada usia 8 bulan, anak akan mulai mengalami masa pertumbuhan gigi, hal ini harus dipersiapkan sedini mungkin dengan memberikan MPASI yang baik seperti sereal, biji-bijian, susu, yogurt, sayuran hijau dan sebagainya.

Tekstur makanan harus disesuaikan dengan kemampuan dan pertumbuhan gigi anak sebagai latihan untuk mengenal rasa, bentuk dan latihan menggigi sehingga gigi akan tumbuh lebih kuat

6. Daya tahan tubuh

Makanan pendamping ASI akan memberikan kekuatan dan kekebalan tubuh pada anak. Selain itu MPASI akan membantu kemampuan motorik anak, proses pencernaan, dan tumbuh kembangnya baik secara fisik maupun psikologis.

Selain manfaatnya, apa hal penting yang harus diketahui ibu saat memberikan MPASI untuk pertama kali?

Pentingnya memberikan menu MPASI bayi 6 bulan

MPASI penting diberikan ketika anak menginjak usia 6 bulan sebagai salah satu cara mendukung tumbuh kembang bayi agar semakin pesat. Tekstur dan konsistensi makanan juga dapat diberikan bertahap sehingga anak dapat menerima asupan dan nutrisi MPASI dengan baik.

Meningkatkan variasi tekstur makanan akan membantu perkembangan motorik oral seperti makan dan mengunyah dan menerima tekstur makanan yang berbeda sesuai usianya. Berikut ini beberapa panduan dalam memberikan MPASI untuk anak sesuai perkembangan usianya:

  • Mulai usia 6 bulan, kenalkan makanan dengan tekstur halus dan berlanjut ke kental atau cincang halus.
  • Pada usia 8 bulan, kenalkan makanan cincang dan makanan ringan untuk memberikan dorongan pada anak untuk menggenggam makanan sendiri.
  • Pada usia 12 bulan, kenalkan makanan dari menu biasa dengan tekstur dan rasa sesuai dan dalam porsi anak-anak

Apa saja kandungan penting yang dibutuhkan untuk MPASI usia 6 bulan?

Kandungan penting dalam MPASI bayi 6 bulan

Ladies, menu MPASI bayi 6 bulan harus memiliki komponen dan nutrisi makanan pendamping ASI sebagai berikut:

  • Kalsium, penting untuk perkembangan gigi dan tulang bayi.
  • Besi, membantu membawa oksigen ke bagian tubuh yang sedang berkembang.
  • Seng, memberikan pertumbuhan sel dan memperbaiki sel yang rusak.
  • Lemak, merangsang dan melindungi perkembangan otak anak.
  • Karbohidrat, sebagai energi anak untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Protein, berguna sebagai pembangun dan penguat sel tubuh anak.
  • Vitamin (A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E dan K), berkontribusi terhadap pertumbuhan anak.
  • Mineral, bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Apa saja inspirasi menu MPASI yang dapat diberikan kepada si kecil?

Inspirasi menu MPASI bayi 6 bulan

Dokter ahli anak merekomendasikan untuk menghindari gula dan garam pada MPASI sampai usia anak satu tahun, hal ini agar ginjal berfungsi dengan baik dan menghindari tekanan yang tidak diinginkan. Beberapa inspirasi menu MPASI bayi 6 bulan antara lain:

  • Haluskan buah: buah dapat dikukus dan dihaluskan saat pertama kali diberikan. Jenis buah yang memiliki kandungan tinggi seperti apel, pir, pisang, alpukat, persik.
  • Haluskan sayuran: jenis sayuran seperti ubi jalar, kentang, labu manis, kacang perancis, wortel dapat dikukus atau diberikan sebagai makanan ringan.
  • Sup kacang-kacangan: kacang-kacangan dapat direbus dan sup/kaldunya bisa diberikan untuk MPASI anak.
  • Bubur Beras: beras sebagai sumber karbohidrat dan vitamin bisa dibuat untuk bubur atau nasi tim dengan campuran daging, sayur atau bahan makanan lain.
  • Bubur sereal: sereal seperti gandum, oat, dan sebagainya bisa menjadi pilihan makanan lumat untuk MPASI.

Sup sayuran: berbagai jenis sayuran bisa direbus dan kuahnya bisa dijadikan sup untuk MPASI anak.
Menu MPASI bayi 6 bulan sudah mulai dapat diberikan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Ketahui jenis makanan dan tekstur yang tepat untuk si kecil agar bermanfaat baik untuk pertumbuhannya ya, ladies!

Reference
Share